Categories
Film Review

Review Film Space Sweepers (2021): 2092 Sudah Tinggal di Mars

Film Space Sweepers merupakan original film Netflix bertema luar angkasa yang dirilis awal tahun pada tanggal 5 februari 2021. Film yang disutradarai oleh Jo Sung Hee ini menceritakan keadaan bumi pada tahun 2092 di mana bumi sudah tidak lagi seperti rumah. Kerusakan, kebakaran, kekacauan, dan kehancuran di mana-mana. Muncul UTS sebagai organisasi yang menciptakan kehidupan baru di mars. Mengandalkan teknologi super canggih di masa itu, UTS menawarkan kesejahteraan, kebebasan dan kebahagiaan lebih daripada tinggal di bumi. Di samping itu, film ini juga menceritakan tentang seorang ayah yang begitu menyayangi anaknya.

Bermula ketika Tae-Ho yang diperankan oleh Song Joong Ki, mencari anaknya yang terpisah disebabkan oleh ledakan dahsyat di distrik UTS. Tae-Ho kesulitan menemukannya dikarenakan kemiskinan. Setiap aktivitas di UTS bagi nonwarga akan dikenakan pembayaran tunai dengan harga mahal. Sehingga, Tae-Ho rela bekerja apa saja yang penting mendapatkan uang agar segera menemukan anaknya yang hilang.

Penghuni pesawat Victory

cast film space sweepers
netflix

Netflix menyajikan luar angkasa sebagai tema cerita. Jarang-jarang melihat actor K-Drama sebagai bintang utama dalam film luar angkasa. Tiga orang dan satu robot asli Korea sebagai kelompok yang tidak memiliki kewarganegaraan legal di orbit UTS jadi pembeda dan inti dari film ini. Dalam film Space Sweepers, latar belakang mereka masing-masing diceritakan secara detail terutama Tae-Ho si pemeran utama sehingga alur cerita mudah dipahami oleh penonton.

Tae Hoo sebagai tokoh utama cukup menarik karena ia digambarkan sebagai orang yang tidak bodoh. Walau Tae Hoo perlu uang banyak untuk mencari anaknya, ia tidak gampang dikelabui oleh pengusaha besar yang sangat berpengaruh.

Bumi tetap menjadi rumah bagi manusia

review film space sweepers
Dorothy by netflix

Akar konflik yang tidak biasa untuk tema luar angkasa disajikan di dalam film ini. Menayangkan seorang anak kecil lucu dan lugu memiliki peran sebagai salah satu ancaman UTS dan harapan besar menghidupkan kembali bumi. Penulis Yoon Seung min dan kawan-kawan sepertinya ingin menonjolkan tiga pandangan antara hidup di bumi atau di mars, memperbaiki bumi atau membuat ulang di mars, dan mungkin bisa hidup di keduanya.

BACA JUGA  Rekap Game of Thrones Season 8 Episode 3: Battle of Winterfell

Ada perbedaan mendasar antara dua planet yang ada di film ini. Bumi dengan keindahan alam hijau dan biru yang melebur berubah menjadi momok menakutkan untuk ditinggali. Sebaliknya, luar angkasa yang dipandang sebuah tempat yang mengerikan berubah menjadi tempat pelarian yang indah dan diinginkan. Keserakahan, dendam, dan keegoisan manusia terhadap bumi, membuat bumi hancur lebur.

Untuk sekelas produksi Netflix, film Space Sweepers cukup membuat takjub. Jelas terlihat bagaimana latar luar angkasa yang ditampilkan dengan efek visual bagus, cukup mampu menggambarkan kondisi bumi dan mars di masa depan.

Selain itu, film ini memberikan pesan memohok untuk penontonya tentang lingkungan. Dengan bungkusan empat penghuni victory layaknya pahlawan, menyadarkan jika bumi tidak boleh dibiarkan hancur. Meski tinggal di planet mars dengan teknologi canggih, nyatanya bumi tetap menjadi rumah manusia yang perlu dijaga.

Space Sweepers hadir sebagai tontonan yang tidak hanya menampilkan luar angkasa dan teknologi canggih tetapi juga bisa menyampaikan pesan dengan baik.

Director: Jo Sung Hee

Cast: Song Joong Ki, Kim Tae Ri, Jin Seon Kyu, Yoo Hae Jin.

Film bagus
8/10

Summary

Film Space Sweepers menghadirkan bagaimana Bumi dan Mars di masa depan dengan latar luar angkasa dan aktor Korea sebagai bintangnya. FIlm tentang hubungan ayah dan anak serta persahabatan dengan balutan isu lingkungan. 

By ayemessa

seorang wanita yang sedang mencari jati diri, suka menulis, menggambar dan hal-hal baru

Leave a Reply