poster film Finding Ohana
Film, Review

Review Film Finding Ohana (2021): Harta Karun ada di Hawaii?

Aloha! Film Finding Ohana adalah film pertualangan keluarga yang sudah tayang pada tanggal 29 Januari 2021 dan ditulis oleh Christina Strain, penulis dari Marvel Comics. Film ini juga merupakan film debutan dari Jude Weng sebagai sutradara. Menceritakan kisah pertualangan mencari harta karun yang sudah lama hilang dan menjadi dongeng belaka bagi masyarakat Oahu, Hawaii.

Finding Ohana ini diangkat dari mitos legenda pelaut Peruvian dan Night Marcher yang bertugas melindungi makam atau apa pun yang penting bagi penduduk asli Hawaii.

Film ini diawali dengan pindahnya dua saudara, Pili sang adik (Kea Peahu) dan Ioane sang kakak (Ales Iono) asal Brooklyn, New York bersama ibunya Leilani (Kelly Hu) kembali ke Oahu tempat asal mereka, sebagai liburan musim panas sekaligus menjenguk sang kakek (Branscombe Richmond) yang sedang sakit.

Netflix

Seperti cerita pada umumnya, anak kota yang memiliki banyak fasilitas lengkap belum terbiasa hidup di desa yang serba terbatas. Meski tau akan bosan dan kesulitan mengakses internet, namun mereka tidak memiliki pilihan lain yang akhirnya membuat mereka tinggal dengan kakeknya, kakek Kimo. Ternyata di sana mereka mendapatkan teman baru bernama Casper (Owen Vaccaro) dan Hana (Lindsay Garcia)seorang anak yang bertetangga dengan kakeknya.

Buku monks panduan pertualangan

film finding ohana
netflix

Di rumah kakek Kimo, terdapat mobil van yang sudah tidak terpakai membuat Pili penasaran dengan isi di dalamnya. Ketika sedang mengamati setiap barang, Pili menemukan buku tua yang sudah berdebu. Ternyata buku tersebut adalah jurnal miliki Monks (Ricky Gaercia) seorang pelaut legendaris, membuat rasa penasaran Pili meningkat.

Awal konflik ditempatkan pada permasalahan keuangan kakek Kimo, yang tidak mencukupi tagihan pajak rumahnya. Tidak hanya itu, musibah yang dialami oleh kakek Kimo juga menambah konflik tapi dibuat secara halus dan terkesan santai serta alami. Si kakek merupakan seseorang yang memegang teguh budayanya, ia memilih mati di tanah leluhurnya daripada ikut anaknya ke Brooklyn, sedangkan Pili dan Ioane juga tidak ingin tinggal menetap di Oahu.

Penempatan alur yang maju mundur, membawa film nampak nyata dalam pertualangan memburu harta karun. Bagaimana Pili membaca setiap panduan di dalam Jurnal Monks seakan orang di dalam buku tersebut yang berbicara.

Latar belakang setiap tokoh tidak dijelaskan secara detail, itu mengapa film ini hanya berfokus pada bagaimana Pili dan teman-temanya melakukan pertualangan mencari harta karun yang dipercaya hanya sebuah dongeng semata atau kebohongan seorang anak kecil dengan imajinasi yang tinggi.

Harta karun is coming

cast film finding ohana
Netflix

Sebagai film keluarga dan anak-anak dengan tema pertualangan, film Finding Ohana ini sangat mengasikkan. Pertualangan, drama keluarga, persahabatan, dan percintaan ada di dalamnya yang dibungkus dengan apik.

Awalnya hanya Pili dan Casper yang berpetualang mencari harta karun sesuai dengan panduan Jurnal Monks, namun tidak lama setelah Ioane menyadari ketidakhadiran adiknya di rumah serta handphone yang menghilang, Ioane memutuskan mengajak Hana untuk mencari Pili dan Casper. Akhirnya pencarian harta karun dilakukan oleh Pili, Casper, Ioane dan Hana.

Menariknya, film pencarian harta karun ini juga memperkenalkan budaya lokal Hawaii yang kental, lokasi eksotis di pulau tersebut, dan bahasanya.

review film finding ohana
netflix

Film ini menampilkan seberapa dekat dan nyatannya pertualangan pencarian harta karun yang dapat dilakukan oleh seorang anak dan juga menyajikan bentuk sebuah kesetiaan dari penduduk lokal dalam menjaga warisan budayanya secara turun temurun. Itu terlihat saat Pili dan teman-temannya berada di dua pilihan: memilih harta karun yang bisa membantu semua masalah mereka atau menjaga kelestarian budaya lokal.

Dari film ini pesan yang dapat diambil adalah menjaga kelestarian budaya merupakan sesuatu yang penting untuk diketaui secara turun temurun.

Sutradara: Jude Weng

Penulis: Christina Strain

Cast: Kea Peahu, Alex Aiono, Owen Vaccaro. Lindsay Watson

Film oke
7/10

Summary

Film keluarga bertema petualangan mencari harta karun yang klasik bisa dibawa dengan cukup baik dengan menyisipkan pentingnya menjaga budaya tradisional.

Review Finding Ohana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *