HBO Rilis 3 Episode Awal Doom Patrol Season 2: Lebih Personal, Tapi Tetap Unik

Sayang cuma ada 9 episode di musim kedua.

Setelah menjadi salah satu serial tersukses DC dan HBO pada 2019 lalu, Doom Patrol season 2 akhirnya dirilis pada 25 Juni. HBO Max langsung meluncurkan tiga episode awal dari kumpulan pahlawan aneh milik DC itu. Selain kembalinya muka lama, Doom Patrol juga menambah karakter baru, Dorothy yang diperankan oleh Abigail Shapiro.

Episode pertama berlatar beberapa minggu melanjutkan episode terakhir di musim pertama. Niles Caulder (Timothy Dalton) masih mencari cara untuk mengembalikan tubuh Jane (Diane Guarrero), Rita (April Bowlby), dan Cliff (Brendan Fraser) kembali ke bentuk semula. Niles juga berusaha menjaga putrinya, Dorothy (Abigail Shapiro), yang mereka selamatkan dari Mr. Nobody.

tim Doom Patrol
via HBO

Episode awal mengungkapkan apa yang terjadi pada Doom Patrol: Cliff masih marah kepada Niles dan mencoba berbaikan dengan anaknya. Jane menghadapi tekanan dari 64 kepribadiannya. Larry mengunjungi sang anak yang telah meninggal. Dan Vic berurusan dengan paska-trauma untuk menghadapi depresinya. Sedangkan Rita akhirnya berdamai dan ingin menggunakan kekuatannya untuk kebaikan.

Lebih personal

Doom Patrol Season 1 sukses memperkenalkan superhero ‘aneh’ dengan latar belakang terbentuknya kelompok aneh supehero DC ini. Di musim kedua, Doom Patrol terasa lebih personal dengan mengembangkan plot ke arah personal dan menguak lebih dalam tentang sisi emosional masing-masing karakter. Seperti yang terlihat pada 3 episode awal.

Niles Cauldes dan Dorothy di Doom Patrol Season 2
via HBO

Jika musim pertama fokus pada Mr. Nobody, narasi musim terbaru sepertinya akan berpusat pada kemunculan putri Niles yang wajahnya belum diperlihatkan pada episode terakhir musim pertama. Dan episode awal musim kedua ini menceritakan tentang latar belakang kelam Dorothy dan hubungannya dengan Niles.

Larry di Doom Patrol Season 2
via HBO

Situasi bertambah personal dan lebih dewasa. Selain Dorothy dan Niles, masing-masing episode menampilkan tema hubungan ayah dan anak yang semakin dalam: rasa bersalah Larry karena menelantarkan putra-putranya, upaya Cliff menjalin hubungan lagi dengan putrinya, dan bagaimana Vic (Cyborg) berdamai dengan rasa bersalah terhadap ayahnya..

Tetap menghadirkan ‘keanehan’ Doom Patrol

Musim kedua memang menghilangkan sosok Mr. Nobody. Padahal, Mr. Nobody membuat serial ini terasa lebih unik dengan narasi ‘breaking the fourth wall’ layaknya Deadpool di Marvel. Kehilangan Mr. Nobody membuat musim kedua sangat terasa suram. Musim pertama memang terkesan gelap khas DC, tapi dibarengi dengan humor khas Mr. Nobody.

Timothy Dalton sebagai Niles Cauldes
via HBO

Di tengah plot yang lebih gelap, pengembangan karakter masih menyenankan untuk diikuti. Ada banyak cerita baru yang bisa dikembangkan, termasuk koneksi antar karakter yang lebih intim seperti yang terlihat pada versi komik yang muncul lebih dari seperempat abad lalu. Juga kebersamaan Jane dan Dorothy yang baru terjalin di musim kedua ini.

Doom Patrol masih mempertahankan karakter tambahan DC yang unik dan tak terduga. Meskipun musim kedua hanya diprediksi memiliki 9 episode (bandingkan dengan 15 episode di musim pertama), akan ada lebih banyak superhero/villain aneh DC lainnya yang membuat serial ini jadi tontonan wajib penggemar DC.

Rita Farr dan Dr. Tyme
via HBO

Alasan lain yang membuat serial ini menyenangkan untuk dinikmati yaitu karakteristik dan keunikan masing-masing karekater. Di musim kedua sepertinya lebih dalam mengungkapkan perjalanan emosional dari Jane dan kawan-kawan. Plot yang berpindah-pindah dari masa kini dan masa lalu juga menarik untuk diikuti.

Dari tiga episode pertama Doom Patrol Season 2 terlihat bagaimana serial ini masih belum kehilangan keanehannya. Dan keanehan tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Untuk sekelas serial superhero DC, Doom Patrol masih menjadi salah satu serial terbaik selain Watchmen (2020).

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.