Bukan Teknologi De-Aging, Ini yang Membuat Will Smith Terlihat Lebih Muda dalam Gemini Man

teknologi de-aging film Gemini Man

Teknologi baru yang membuat Will Smith sebagai Junior – versi dirinya yang lebih muda – dalam Gemini Man berhutang banyak pada penciptaan Gollum (Lord of the Ring) dibandingkan teknologi de-aging seperti pada film Captain Marvel (2019) atau Robert de Niro dalam The Irishman.

Untuk menampilkan versi muda yang benar-benar mulus dari aktor berusia 51 tahun ini, sutradara Ang Lee bekerja sama dengan perusahaan efek visual Weta Digital untuk Gemini Man. Bukannya teknologi de-aging yang digunakan oleh Marvel untuk “memudakan” Samuel L. Jackson yang digunakan Ang Lee, melainkan teknologi caption-performance.

teknologi de-aging film Gemini Man
via Paramount Pictures

“Jika Anda menggunakan pendekatan 2D, Anda menangkap citra dan kemudian memanipulasi citra,” kata pengawas efek visual Weta Digital, Guy Williams. “Dengan pendekatan kami, Anda menangkap pergerakan, dan kemudian Anda memetakannya ke dalam konstruksi digital secara keseluruhan.”

Pada kenyataannya, hanya ada satu Will Smith dalam film tersebut. “Ini bukan de-aging. Itu adalah karakter yang 100% dibuat secara digital,” seperti dijelaskan Smith kepada Inverse. “Ini benar-benar karakter CGI dengan cara yang sama The Lion King [dibuat]. Mereka menggunakan pergerakan saya untuk membuat elemen CGI.”

Kamera yang tajam mampu menangkap kekurangan pada make up dan kelemahan desain digital lainnya yang bisa disembunyikan oleh trik kamera 2D dengan lebih mudah. Tidak hanya menangkap semua adegan dalam resolusi 120 frame per detik dengan resolusi 4K, tetapi juga dalam format 3D asli.

Will Smith muda dalam film Gemini Man
via Paramount Pictures

Hasilnya, semua yang ada di balik kamera mirip seperti aslinya ketika disaksikan penonton bioskop. Dengan peningkatan pencahayaan oleh 3D High Frame Rate, make up terlihat lebih jelas dibandingkan pada pencahayaan dan kameran tradisional.

Untuk membuat karakter Smith muda di dalam film ini, Lee menggunakan penampilan-penampilan Smith ketika masih muda. Dengan menggabungkan akting Smith dalam era Bad Boys (1995), sang aktor dibuat lebih menyatu dengan karakternya di Gemini Man.

Will Smith sebagai Junior
via Paramount Pictures

Teknologi de-aging telah menjadi metode efek khusus sebelum Gemini Man hadir. Pada Gemini Man, karya karakter CGI Ang Lee dikombinasikan penampilan fisik Will Smith melawan Will Smith menyajikan pengalaman visual yang baru dengan film 3D dengan resolusi 4K.

BACA JUGA  Review Film Abominable (2019): Premis Usang Ditolong Animasi dan Indahnya Tiongkok
Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.