Awal Kemunculan Lady Loki dalam Sejarah Marvel Universe

Masih menunggu She-Hulk, Spider-Gwen, dan Lady Deadpool!

Loki adalah salah satu tayangan Disney+ yang paling dinanti. Laporan terbaru mengungkapan bahwa Sophia Di Martio turut membintangi serial ini. Diprediksi memerankan Lady Loki, karakter yang tentunya sejalan dengan Lady Thor yang akan diperankan oleh Natalie Portman dalam Thor: Love and Thunder. Sama seperti Lady Thor, karakter ini pun pertama kali hadir dalam komik Marvel Universe.

Kehadiran Loki wanita

Selama peristiwa Avengers: Disassembled dalam buku komik Marvel, Thor dan penduduk Asgard yang tersisa dikepung oleh musuh. Lalu muncullah Ragnarok yang menghadirkan pertempuran terakhir pada dewa di Bumi. Loki mencuri sebuah naskah yang sebelumnya ditujukan untuk Sif dan menyamar menjadi wanita muda.

Thor dan kemunculan Loki wanita
via Marvel

Ketika para Asgardian dihidupkan kembali, roh Sif terperangkap dalam tubuh seorang wanita tua yang sekarat karena komplikasi kanker di rumah sakit tempat Jane Foster bekerja. Tubuh manusia Sif tetap kosong sampai diambil oleh Loki dan menjadikannya bentuk baru.

Bekerja sama dengan Doctor Doom, Loki memanipulasi Thor dan Baldur. Dia bahkan mencoba menipu para Avengers dengan meniru wajah Wanda Maximoff. Akhirnya roh Sif ditemukan, sedangkan Loki kembali menjadi seorang pria. Setelah itu, pada berbagai cerita berikutnya menunjukkan bagaimana Loki bisa berubah bentuk sebagai pria dan wanita sesuka hatinya.

Lady Loki vs Lady Thor?

Jauh sebelum Marvel Universe hadir, mitologi di Eropa Utara meyakini bahwa Loki bisa berubah bentuk – bahkan sebagai wanita – dalam berbagai mitos. Loki pernah diceritakan menjadi seorang ibu, berubah menjadi kuda betina, dan melahirkan kuda berkaki delapan Sleipnir. Ketika masuk dalam Marvel Cinematic Universe pun, Loki juga dianggap memiliki gender yang bisa berubah-ubah.

kemunculan Lady Loki
via Marvel

tidak hanya sebagai penjahat, namun juga membantu para Avengers. Novel remaja karya Mackenzi Lee, Where Mischies Lies yang diterbitkan awal tahun ini menggambarkan karakter Loki sebagai panseksual (ketertarikan tanpa memandang gender). Hal ini turut menjelaskan perubahan perspektif karakter Loki oleh Marvel.

Jika laporan bahwa Sophia Di Martino bermain sebagai Lady Loki itu benar, maka Marvel Cinematic Universe kemungkinan besar akan turut mengubah karakter Loki selanjutnya. Mengingat serial Marvel di Disney+ memiliki kontinuitas langsung pada versi layar lebarnya. Lady Loki bisa saja tampil untuk berhadapan dengan Jane Foster sebagai Lady Thor pada Thor: Love and Thunder.

Lady Loki melawan Lady Thor
via Marvel

Serial TV Loki masih akan dibintangi oleh Tom Hiddleston melanjutkan kisah God of Mischief setelah menghilang bersama Tesseract pada Avengers: Endgame (2019). Serial ini akan diluncurkan ke Disney+ sekitar musim semi 2021. Penulis Rick and Morty, Michael Waldron didapuk sebagai kreator. Sedangkan Kare Herron dari Sex Education akan menjadi sutradara.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.