Categories
Review Serial TV

Review Serial What If…? Episode 2 (2021): All Hail, Lord T’Challa

Jika episode pertama memperkenalkan Captain Carter, maka serial What If…? episode 2 membawa lebih banyak perubahan dibandingkan Marvel Cinematic Universe yang kita kenal. Dimulai dari ketika T’Challa yang memberikan nafas baru dari karakter Star Lord yang sebelumnya dimiliki oleh Peter Quill.

Dengan setiap episode membawa cerita baru, episode kedua langsung membuka perubahan besar dibandingkan MCU versi layar lebar; bagaimana jika Yondu (Michael Rooker) menculik T’Challa (Chadwick Boseman), bukannya Peter Quill seperti yang diinginkan oleh Ego?

What If...? episode 2
via Marvel Studios

Perubahan kali ini membuat T’Challa hadir sebagai Robin Hood antar galaksi, menyandang nama Star Lord hingga mencegah terjadinya Decimation yang dilakukan Thanos (Josh Brolin). Kali ini, dia bekerja sama dengan Nebula (Karen Gillan) untuk mencuri Embers of Genesis dari The Collector (Benicio del Toro).

Plot cerita yang lebih megah

Serial What If…? episode 2 berbanding 180 derajat dibandingkan episode pertama. Jika sebelumnya perubahan detail yang tercipta ‘hanya’ berdampak pada Steve Rogers dan Peggy Carter, maka episode kali ini menghadirkan lebih banyak perbedaan dibandingkan versi standar MCU.

T'Challa dan The Collector
via Marvel Studios

Perubahan paling jelas terasa pada plot cerita yang lebih kreatif, berbeda jauh dari petualangan Guardian of Galaxy sebelumnya. Berbagai perubahan dari semesta utama MCU bisa menjadi point of view menarik, lengkap dengan kembalinya berbagai karakter lama yang menarik perhatian.

Termasuk animasi yang lebih gemerlap. Aksi dan gaya fiksi ilmiah terasa lebih menawan jika dibandingkan dengan iterasi pertama. Mempertontonkan kreativitas Disney dengan ragam tempat di galaksi. Termasuk versi lain dari koleksi The Collector yang beragam.

Chadwick Boseman menjadi pusat dari episode kali ini. Memainkan karakter T’Challa yang mendapatkan gelar Star Lord, ia berbeda dari T’Challa versi Black Panther. Karakternya dibuat menyenangkan, tak terbebani oleh gelar kebangsawanan dan politik Wakanda, dan lengkap dengan celetukan-celetukan yang tak kalah menghibur dibandingkan Peter Quill.

BACA JUGA  Review Film Asterix: The Secret of Magic Potion (2018)
Drax dan T'Challa dalam What If...? episode 2
via Marvel Studios

Tapi karakter lainnya memang tidak mendapatkan background story yang padat seperti yang dilakukan oleh Guardian of the Galaxy. Mengingat durasi 30 menit ini perlu memangkas berbagai penjelasan karakter yang dibutuhkan.

Reinterpretasi Star Lord

Sepanjang perjalanan, nama besar aktor veteran MCU turut ambil bagian dalam episode kali ini. Seperti Karen Gillan, Djimon Hounsou, Michael Rooker, dan beberapa tamu lainnya yang menjadi cameo dari cerita singkat T’Challa a.k.a Star Lord.

Namun perubahan yang lebih signifikan terdapat pada sejarah semesta di dunia ini: Decimation tidak terjadi dan Thanos akhirnya menjadi bagian penting dalam perjalanan T’Challa dan Ravegers. Ini pula yang membuat Nebula hadir sebagai outsider. Termasuk Proximus Maxima dan antek-antek Thanos lainnya yang masih bekerja dengan The Collector.

Tchalla dan Yondu
via Marvel Studios

Chemistry antara T’Challa dan Yondu menjadi highlight yang menyenangkan. Meski kedua karakter ini tak pernah bertemu dalam MCU, namun Rooker dan Boseman menghadirkan interaksi yang tak kalah epik dibandingkan Yondu dan Quill. Cerita ini sangat menarik jika diadaptasi dalam film feature layaknya Guardian of the Galaxy. Sayang semesta berkata lain.

T’Challa masih membawa karakter yang kharismatik. Setiap orang yang berada didekatnya mendapatkan berbagai perubahan, sebagian besar menjadi lebih baik. Persona dan pengaruh yang kuat dari Chadwick Boseman merepresentasikan kembali karakter Star Lord.

Chadwick Boseman sebagai T'Challa dalam What If episode 2
via Marvel Studios

Cerita yang menyenangkan ditutup dengan akhir yang heartwarming. Meski adegan post credit harus berurusan dengan bagaimana karakter lain yang terpinggirkan dalam narasi TChalla. Tapi itu merupakan bagian dari cerita yang lain, seperti yang dijelaskan oleh The Watcher.

Serial What If…? episode 2 membuka lebih banyak kemungkinan pada semesta lain yang ada di MCU. Selain cerita yang lebih mewah dan lebih banyak twist, Chadwick Boseman meninggalkan banyak warisan dengan semua karakter yang ditinggalkannya. R.I.P. Legend.

BACA JUGA  Review Serial Extracurricular (2020): Sisi Gelap Remaja versi Kdrama

Genre: Animasi, Aksi,

Sutradara: Bryan Andrews

Penulis Naskah: A.C. Bradley

Pengisi Suara: Jeffrey Wright, Chadwick Boseman, Michael Rooker

Rekomendasi TV Series
8.5/10

Summary

Serial What If…? episode 2 membuka lebih banyak kemungkinan pada semesta lain yang ada di MCU. Selain cerita yang lebih mewah dan lebih banyak twist, Chadwick Boseman meninggalkan banyak warisan dengan semua karakter yang ditinggalkannya.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply