Categories
Review Serial TV

Review Serial What If…? Episode 1 (2021): Awal Multiverse MCU

Serial What If…? episode 1 merupakan awal masuknya Marvel dan Disney ke ranah animasi untuk memperkenalkan versi cerita lain dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Menggaet sebagian besar talenta dari 12 tahun waralaba, episode pertama di musim pertama dibuka dengan cerita lain dari Peggy Carter dan Captain America.

Serial ini dibuka dengan The Watcher (Jeffrey Wright) yang akan menuntun penonton, berperan sebagai sang pengawas yang melihat semua yang terjadi di seluruh multiverse. Ia menyebutkan bahwa dia tidak akan, tidak bisa, dan tidak ingin mengubah semua yang telah terjadi.

The Watcher
via Disney+

Cerita pertama pun fokus kepada Agent Peggy Carter (Hayley Atwell) yang akhirnya mendapatkan serum super soldier alih-alih Steve Rogers (Josh Keaton). Ia pun mendapatkan kekuatan super dengan nama superhero Captain Carter yang dikembangkan oleh Howard Stark (Dominic Cooper) dan akhirnya mengalahkan H.Y.D.R.A.

Memperkenalkan Captain Carter

Serial ini dibuka dengan penjelasan dari The Watcher tentang apa yang terjadi di MCU. Setiap perubahan kecil yang terjadi di dunia mengakibatkan perbedaan besar, hingga akhirnya menciptakan semesta baru yang berbeda dari semesta MCU yang telah dibangun sejak 2009 lalu.

Peggy Carter
via Disney+

Dan awal dari perbedaan kecil yang mengubah semesta di episode pertama adalah ketika Peggy Carter bersikukuh untuk menemani Steve Rogers ketika ia seharusnya disuntikkan serum super soldier. Inilah yang mengganti alur dari cerita, membuatnya menggantikan Steve untuk mendapatkan serum tersebut.

Sebagian besar cerita yang ditawarkan di What If…? episode 1 memang tak begitu jauh berbeda dibandingkan Captain America: The First Avengers (2011). Jika Peggy menggunakan tameng vibranium milik Howard, maka Steve menjadi Hydra Stomper yang mirip dengan Hulkbuster yang dikemudikan Bruce Banner di MCU.

BACA JUGA  Review Serial Loki Episode 6 (2021): 'Perubahan' Loki dan MCU
Captain Carter dalam serial What If...? episode 1
via Marvel Comics

Pace ditawarkan terburu-buru, tentu saja dilakukan untuk merangkum cerita sesuai durasi. Momen demi momen yang pernah dihadirkan oleh Chris Evans di film pertamanya sebagai Steve Rogers diadaptasi ke dalam bentuk animasi, tentu saja dengan beberapa penyesuaian cerita.

Hanya saja Marvel menjadikan What If…? menjadi lebih ringan dan menghibur. Bukannya film bertema peperangan yang berat, tapi layaknya kartun Minggu pagi yang bisa dinikmati siapa saja. Mengadaptasi apa yang tidak bisa ditawarkan oleh versi live action; pertarungan dan ledakan yang lebih artsy untuk penggemar Marvel.

Awal cerita alternatif Marvel

Versi komik What If…? sendiri debut perdana pada tahun 1977. Cerita awalnya mengisahkan tentang “What If Spider-Man Joined the Fantastic Four?”, dunia dimana Manusia Laba-Laba bergabung dengan Reed Richard dan anggota Fantastic Four lainnya dalam sebuah kelompok superhero.

Agent Carter pertama kali diperkenalkan sebagai Captain America di luar semesta utama Marvel pada seri Exiles #3 yang dirilis 2018 lalu. Dalam cerita ini, ia menghadapi Nazi bersama dengan sahabatnya, Rebecca Barnes, versi Bucky di semestanya.

Peggy Carter versi komik
via Marvel Comics

Sama eperti versi komiknya, Marvel terlihat ingin memberikan alternatif cerita dari waralaba MCU yang telah berkembang menjadi puluhan film dan serial TV. Dan semua yang terjadi serial ini kemungkinan besar berhubungan dengan pecahnya multiverse di akhir Loki episode 6.

Episode ini akan menjadi awal dari rangkaian cerita lainnya. Perubahan yang terjadi pada Carter berdampak besar terhadap Steve Rogers dan Bucky Barnes. Dan tentu saja berdampak pada Avengers yang sudah tak lagi memiliki Captain America sebagai pondasinya.

Durasi memang menjadi persoalan. Dimana episode pertama seperti penceritaan kembali The First Avengers, tapi dengan ¼ durasi filmnya. Pergantian scene dan adegan memang dibuat sangat cepat, guna mengatur waktu untuk menjelaskan latar belakang Peggy sebagai Captain Carter.

BACA JUGA  The Big Bang Theory Season 12 Jadi Penutup dan Akhir Serial TV Populer CBS
Agent Peggy Carter dalam What If...? episode 1
via Disney+

Namun dari tiga episode pertama, episode Captain Carter memang dibilang sedikit “menegangkan” dibandingkan dua episode setelahnya. Dan tentu saja memberikan harapan akan ada lebih banyak cerita lainnya yang lebih menyenangkan dari serial ini.

Serial What If…? episode 1 merupakan awal dari penghargaan Marvel kepada penggemar setia. Praktis diperuntukkan bagi fanboy Marvel Comics dengan menampilkan beragam cerita lainnya, dan dibuka dengan cukup apik oleh lahirnya superhero wanita terbaru, Captain Carter.

Genre: Animasi, Aksi

Kreator: Bryan Andrews

Penulis Naskah: A.C. Bradley

Pemeran: Jeffrey Wright, Hayley Atwell, Josh Keaton

Rekomendasi Serial TV
7/10

Summary

Serial What If…? episode 1 merupakan awal dari penghargaan Marvel kepada penggemar setia. Praktis diperuntukkan bagi fanboy Marvel Comics dengan menampilkan beragam cerita lainnya, dan dibuka dengan cukup apik oleh lahirnya superhero wanita terbaru, Captain Carter.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply