Categories
Editor Choice Review Serial TV

Review Serial The Mysterious Benedict Society (2021): Serial Anak Bergaya Wes Anderson

Serial The Mysterious Benedict Society merupakan tontonan terbaru bagi anak-anak namun tetap menarik bagi penonton dewasa. Kreator Phil Hay dan Matt Manfredi menciptakan dunia klasik dengan tambahan misteri dan kompleksitas khas Disney untuk sebuah tontonan yang menyenangkan.

Serial ini membahas petualangan empat anak kecil yang masing-masing memiliki bakat di bidang yang berbeda. Reynie (Mystic Inscho) yang pintar, George (Seth B. Carr) yang memiliki ingatan jangka panjang, Kate (Emmy DeOlivera) yang berbakat di bidang teknis, dan Constance (Marta Kessler) dengan kekuatan rahasia.

Kate, Reynie, Sticky, dan Constance
via Disney+

Mereka berempat memiliki kesamaan, tidak memiliki orang tua atau tidak diinginkan oleh orang tua mereka masing-masing. Mereka direkrut oleh Mr Benedict (Tony Hale) untuk menghentikan rencana jahat The Institute milik Dr. Curtain.

Dr. Curtain menggunakan The Institute berkedok sekolah untuk menyelipkan ide dan pemikiran ke dalam pikiran orang lain. Keempat anak tersebut menyelinap ke dalam The Institute untuk mencari tahu cara menghentikan rencana tersebut dan menyelamatkan dunia dari kendali Dr. Curtain.

Petualangan Benedict Society

Disney+ menyebutkan bahwa serial ini ditujukan untuk penonton muda berusia 8 tahun ke atas. Tapi sama seperti serial Disney lainnya, cerita yang ditawarkan tetap menyenangkan bagi kamu yang menginginkan tontonan yang ringan namun tetap menghibur dengan semua teka-tekinya.

Mr Benedict, Number 2, dan Rhonda
via Disney+

Jika dua episode pertama memperkenalkan keempat anak dan anggota Mr. Benedict, enam episode lainnya menghadirkan pertunjukkan yang elegan dalam pace yang cepat, namun tetap memberikan cerita yang menarik. Membuat kita bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya.

Dibuat menghibur dengan penggunaan animasi maupun layar terpisah, beragam visual menarik dihadirkan untuk membuat setiap cerita menarik dan tidak membosankan. Walaupun dua episode terakhir kurang mentereng dibandingkan episode awal yang penuh kejutan.

BACA JUGA  Masih Misterius, 5 Asal Usul Joker yang Ikonik dari DC Comics
kelompok Benedict Society
via Disney+

Pergolakan dan perubahan pace dibuat dinamis dan dibekali aksi yang menegangkan bagi anak-anak. Kepingan-kepingan plot tersebar dan dikumpulkan di setiap episode berjalan. Membawa rasa penasaran untuk menjaga anak-anak tetap di tempat duduknya sepanjang cerita.

Setiap karakter memiliki keunikan mereka masing-masing, tapi tak ada yang bisa menyaingi Constance dari Marta Kessler. Karakter sempurna yang pantas mendapatkan serialnya sendiri. Perawakannya mungil dengan kuncir yang diikat, sarkasme dan kebiasaannya mengolok-olok karakter lain selalu mencuri perhatian.

Seri anak bergaya Wes Anderson

Serial ini merupakan buku pertama dari seri berjudul sama karya Trenton Lee Stewart yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2007. Menawarkan petualangan yang lebih klasik, bayangkan saja Umbrella Academy namun tanpa kekuatan super atau tone kelam layaknya milik Tim Burton.

Mr Benedict dalam serial The Misterious Benedict Society
via Disney+

Phil dan Matt menghadirkan dunia baru dengan palet berwarna, kostum bergaya retro, juga lingkungan dan latar tempat dengan nuansa 60-an dan 70-an. Mulai dari kediaman Mr. Benedict yang penuh buku dan palet cokelat, hingga The Institute yang meriah. Kapan lagi ada kelas berlatar kuning dengan guru dengan baju berwarna nyentrik?

Ada banyak fitur yang bisa mengingatkan kita pada karya Wes Anderson yang penuh warna. Tak lupa penggambaran adegan yang simetris dan fokus zoom-in bagi setiap karakter ketika mereka berbicara. Menunjukkan perubahan emosi yang jelas dan terkadang terasa unik.

Episode awal membangun rasa penasaran dan ketakutan akan The Emergency yang menjadi masalah utama dalam serial ini. Tapi sepanjang petualangan anak-anak tersebut, The Emergency dibuat tak seseram sebelumnya.

Sticky, Dr. Curtain, dan Reynie
via Disney+

Memang paruh awal serial ini menyenangkan dengan semua rahasia dan teka-teki yang perlu dipecahkan. Tapi ketika misteri hampir mencapai akhir, daya tarik narasi The Emergency semakin meredup dan terasa kurang memikat lagi. Tapi patut ditunggu apa saja masalah baru yang mereka hadapi di musim kedua serial ini.

BACA JUGA  Review Serial Loki Episode 2: Awal Kekacauan Garis Waktu MCU

Serial The Mysterious Benedict Society memberikan penggambaran menarik petualangan anak-anak dengan rasa film Wes Anderson. Menyenangkan dan menenangkan, menjadikannya tontonan yang menggairahkan di kala senggang atau ketika hujan, baik bagi penonton muda maupun kamu yang ingin terlepas dari kehidupan nyata.

Genre: Petualangan, Komedi

Kreator: Phil Hay, Matt Manfredi

Penulis: Phil Hay

Pemeran: Mystic Inscho, Seth Carr, Emmy DeOliveira, Marta Kessler

Rekomendasi Serial TV
8/10

Summary

Serial The Mysterious Benedict Society memberikan penggambaran menarik petualangan anak-anak dengan rasa Wes Anderson. Menyenangkan dan menenangkan, menjadikannya tontonan yang menggairahkan di kala senggang atau ketika hujan, baik bagi penonton muda maupun kamu yang ingin terlepas dari kehidupan nyata.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply