Review TV Series Dark – Serial Wajib Bagi Penggemar Cerita Time Travel

Review TV Series Dark

Dark adalah serial original Netflix yang berbahasa Jerman yang bermula ketika Erik, seorang anak SMA di sebuah kota kecil bernama Winden, di Jerman, hilang secara misterius. Lalu, Jonas, salah satu tokoh utama kita pergi bersama teman-temannya untuk mencari paket narkoba yang mungkin ditinggalkan Erik di sebuah goa. Setelah mereka berhasil mendapatkan paket tersebut, suatu kejadian aneh terjadi dan mereka kehilangan satu anggota mereka yang paling kecil, Mikkel, yang juga hilang dengan misterius. Merasa bertanggung jawab, Jonas berusaha mencari keberadaan Mikkel yang membawanya kepada fakta yang mengejutkan tentang kota Winden.

Review TV Series Dark

Jonas dan teman-teman Via Infotime

Cerita seperti ini sudah sering kita lihat di berbagai serial, sebut saja Stranger Things dan Twin Peaks, yang juga bercerita tentang kejadian misterius, seperti orang yang hilang atau dibunuh, di sebuah kota kecil. Jika di Twin Peaks dan Stranger Things ada pabrik kayu dan Hawkins lab yang menjadi sumber masalah, maka Dark menampilkan reaktor nuklir yang menjadi sumber permasalahan.

Memang polanya hampir sama, namun Dark menampilkan cerita beserta semua misterinya dengan berbeda. Seperti judulnya, “Dark”, serial ini memiliki seting tempat yang digambarkan tampak selalu mendung. Cocok dengan mood semua pemainnya yang hampir selalu cemberut. Lalu score serial ini juga mencekam. Ini membuat serial ini menarik dan berbeda.

Ditambah lagi, serial ini mengusung genre sci fi yang menampilkan cerita perjalanan waktu yang membingungkan sekaligus membuat penasaran. Karena ada beberapa karakter yang sama namun ditampilkan dengan pemeran yang berbeda dalam seting waktu yang berbeda pula (baca: versi muda dan tua), maka kamu dipaksa harus mengingat karakter tersebut agar tidak tersesat di tengah cerita. Hal ini membuat penonton menjadi tidak pernah “lepas” dari cerita.

Review Dark Netflix

Jonas, Martha dan Bartosz Via IMDB

Dark juga memberikan bumbu drama ala kota kecil sepanjang pengungkapan misteri. Mulai dari perselingkuhan, pengkhianatan, masalah rumah tangga, hingga cinta segi tiga anak SMA. Walau ada beberapa drama yang tidak berhubungan dengan plot, akting apik dan tampilan yang “enak dipandang” dari para pemerannya menjadikan drama itu menarik untuk disimak.

Serial ini juga pintar menceritakan dan menyembunyikan misteri yang ada. Seperti fenomena alam misterius yang terjadi di mana sekawanan burung dan domba tewas seketika tanpa penyebab yang jelas. Misteri yang disuguhkan dengan pintar diungkap dalam waktu yang cukup lama sehingga penonton betah menunggu bagaimana misteri tersebut dipecahkan.

Nilai plus dari serial ini adalah membuat wormhole (lorong waktu) yang tampak real karena tidak memakai CGI. Hampir di sepanjang season kita tidak disuguhkan dengan CGI yang bagi sebagian TV series malah membuat cerita menjadi kurang menggigit karena, ya, kualitas CGI yang jelek.

Dark juga memiliki “villain” yang sangat menarik. Noah, antagonis di serial ini, mengingatkan kepada sosok Johan Liebert di manga Monster. Misterius, pendiam, karismatik, dan berbahaya. Dengan balutan cerita perjalanan waktu, karakter misterius ini berhasil membuat kita mengira-ngira siapakah dan apa tujuan dia sebenarnya.

Review Dark

Noah Via Highsnobiety

Mungkin serial ini bukan untuk kamu yang sedang “tidak ingin banyak berpikir” atau lebih menyukai cerita yang ringan. Tapi kalau kamu memang suka dengan cerita misteri, terlebih lagi cerita time travel, maka Dark adalah serial yang sangat direkomendasikan.

Akting yang memukau, sinematografi dan score yang indah, tone yang dark, serta cerita perjalanan waktu yang membuat penasaran, menjadi kekuatan serial ini yang dijamin akan menghisap kamu ke dalam cerita. Dark akan membuat kamu enggan beranjak dari kursi dan akan menamatkan serial ini dalam sekali tonton.

Review tv series Dark

Via IMDB

 

Creators:  Baran bo OdarJantje Friese

Top Cast: Oliver MasucciLouis HofmannJördis TriebelKaroline EichhornMaja SchöneAndreas PietschmannGina Stiebitz

Episode: 10

Status: Lanjut ke Season 2

Rating
  • Rating Serial TV
4.8

Kesimpulan

Serial original Netflix ini bercerita tentang kejadian tidak masuk akal yang menimpa sebuah kota kecil di Jerman. Mulai dari kasus anak hilang, pembunuhan hingga fenomena alam seperti burung dan domba yang mati tanpa sebab.

Sending
User Review
4 (2 votes)

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.