Review Serial The Umbrella Academy Season 2: (Kembali) Selamatkan Dunia

Apakah musim ketiga akan membawa cerita 'kiamat' bagi keluarga Umbrella Academy?

cover serial The Umbrella Academy season 2

Serial The Umbrella Academy season 2 kembali membawa malapetaka meski keluarga Hargreeves sudah berpindah ke masa lalu. Kreator Steve Blackman dan Jeremy Slater mengulang kembali formula melintasi waktu dan mengembangkannya dengan menghadirkan cerita yang lebih kompleks namun tetap menarik untuk diikuti.

Melanjutkan kisah anak-anak dari keluarga Hargreeves yang mencoba menghindari kiamat pada tahun 2019, Five (Aidan Gallagher) membawa keenam saudaranya ke masa lalu. Mereka akhirnya mendarat di Dallas meski terpisah-pisah selang beberapa waktu dan akhirnya menghabiskan waktu di era 1960-an.

pemeran utama serial The Umbrella Academy season 2
via Netflix

Luther (Tom Hopper) menjadi petarung illegal, Diego (David Castaneda) dimasukkan ke rumah sakit jiwa, Klaus (Robert Sheehan) dan Ben (Justin H. Min) akhirnya membuat kultus, Allison (Emmy Raver-Lampman) tergabung dalam gerakan sosial, dan Vanya (Ellen Page) menemukan keluarga baru,

Ketika Five datang ke tanggal 25 November 1963, dia menemukan saudara-saudaranya bertarung melawan tentara Soviet. Perang tak terelakkan dan dunia hancur dalam perang nuklir. Sebelum meledak, Five bertemu Hazel dan kembali sepuluh hari sebelumnya. Five mencoba menyatukan saudaranya untuk mencegah kehancuran dunia yang mengikuti mereka.

Mengenal keluarga Hargreeves

Jika edisi pertama mencoba untuk menyatukan saudara Hargreeves, musim kedua memberikan kesempatan bagi setiap karakter untuk mengenal lebih jauh tentang diri mereka sendiri. Bahkan serial ini juga mencoba mengungkapkan apa yang terjadi pada sang ayah, Reginald (Colm Feore) di masa mudanya.

Vanya, Klaus, dan Allison Hargreeves
via Netflix

Novel grafis karya Gerard Way dan Gabriel Bá ini masih menampilkan perjalanan keluarga superhero yang memiliki masalah tersendiri. Dari awal, setiap karakter utama memiliki alur tersendiri, membawa penonton lebih dalam pada kehidupan pribadi di luar jati diri sebagai keluarga superhero Umbrella Academy.

Cerita tentang kehancuran dunia yang menjadi basis plot musim pertama turut dibawa. Terkesan klise dan seperti kemalasan dalam kepenulisan tapi terasa berkesinambungan dengan iterasi sebelumnya. Latar tempat dan era cukup mengurangi kebosanan tema, meski tak begitu jauh dieksploitasi dalam cerita.

BACA JUGA  Review Serial The Dragon Prince Season 3: Memasuki Dunia Fantasi dan Konflik Antar Ras

Ekspektasi terlalu tinggi?

Netflix sudah lebih dulu mengunggah 3 menit pertama musim kedua dengan masing-masing saudara Hargrevees menunjukkan kemampuan bertarungnya. Pembukaan yang bisa dibilang spektakuler untuk sekelas serial Netflix. Sayangnya tak berlanjut pada episode-episode setelahnya.

Ben dan Klaus Hargreeves
via Netflix

Pembukaan yang berlangsung epik terasa terlalu megah untuk cerita yang lebih berasa drama di musim kedua. Pergerakkan cerita bisa dibilang cukup dinamis, meski terkesan lambat hingga peraturangan akhir yang awalnya terkesan menjanjikan, tetapi berakhir dalam beberapa menit saja.

Five dan yang lainnya mendapatkan arc yang bertujuan untuk menjelajahi lebih jauh setiap karakter Hargreeves. Sayangnya, kesan keluarga terasa berkurang dibanding musim pertama. Dimana musim kedua menawarkan lebih banyak fokus pada kehancuran dunia.

keluarga Hargreeves dalam serial The Umbrella Academy season 2
via Netflix

Memang, tujuh orang karakter utama terlalu banyak untuk sebuah serial. Dengan fokus yang sudah banyak terbagi, karakter lainnya terkesan hanya menjadi tambahan yang mudah terlupakan. Walau masih banyak potensi terhadap karakter pendukung yang bisa menjadi warna baru dalam cerita.

Serial The Umbrella Academy season 2 masih menawarkan rasa baru dalam perjalanan melintasi waktu. Ekspektasi yang tinggi di awal terasa membebani dengan akhir yang terasa kurang menggigit. Sisi emosional terasa hambar, tapi musim kedua cukup baik dalam mengulang kembali cerita tujuh bersaudara dan lebih dalam mengembangkan arc masing-masing karakter.

Rating: 7/10

Genre: Drama, Aksi

Episode: 10

Kreator: Steve Blackman

Pemeran: Ellen Page, Tom Hopper, David Castañeda, Emmy Raver-Lampman, Robert Sheehan, Aidan Gallagher, Justin H. Min

Review Serial
  • 7/10
    Serial Oke - 7/10
7/10

Summary

Serial The Umbrella Academy season 2 masih menawarkan rasa baru dalam perjalanan melintasi waktu. Ekspektasi yang tinggi di awal terasa membebani dengan akhir yang terasa kurang menggigit. Sisi emosional terasa hambar, tapi musim kedua cukup baik dalam mengulang kembali cerita tujuh bersaudara dan lebih dalam mengembangkan arc masing-masing karakter.

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.