Rekomendasi Film Indonesia Bertema Keluarga yang Bikin Mewek

Film datang dari tema dan genre yang bermacam-macam sebagai latar belakang ceritanya. Satu diantaranya tema yang banyak disukai dan dapat ditonton bersama keluarga dan mempunyai banyak pesan tentang arti keluarga. Cerita suka dan duka menghiasi cerita film dengan latar tersebut. Berikut rekomendasi film Indonesia bertema keluarga yang bikin mewek versi Mariviu:

1. Joshua oh Joshua (2000)

Sutradara : Edward Sirait
Pemeran : Joshua Suherman, Anjasmara, Eman
Durasi : 90 Menit

Film anak satu ini bisa dibilang terkenal di zamannya. Menceritakan persahabatan Jojo dan Jejen yang kerap mengamen sepulang sekolah untuk membantu orangtua mereka. Tiap hari, Jojo selalu mendapat hukuman dari orangtuanya jika dia enggak dapat hasil dari mengamennya. Namun, usut punya usut, Jojo bukanlah anak kandung dari orangtua yang merawatnya selama ini.

via Rapi Films

Drama musikal yang penuh haru ini mengajarkan banyak hal. Jojo yang selalu dihukum orangtuanya, enggak pernah sekalipun melawan, bahkan tetap taat. Film ini bisa jadi tontonan yang bermanfaat buat anak-anak untuk tetap patuh kepada orangtua. Sekaligus, ngena buat orangtu dan jadi pembelajaran.

2. Emak Ingin Naik Haji (2009)

Sutradara : Aditya Gumay
Pemeran : Aty Cancer Zein, Reza Rahadian, Didi Petet
Durasi : 98 Menit

Film ini bercerita tentang tokoh Emak, seorang wanita berusia lanjut yang sabar, tulus, dan penuh kebaikan hati. Seperti umat Islam lainnya, Emak sangat ingin menunaikan ibadah haji. Sayangnya, Emak tidak memiliki biaya untuk mewujudkan keinginannya.Walaupun Emak tahu bahwa pergi haji adalah salah satu hal yang mungkin sulit diraih, Emak tidak putus asa, dia tetap mengumpulkan rupiah demi rupiah untuk disetorkan ke tabungan haji di bank.

via Mizan Productions

Zein, yang melihat kegigihan Emak, berusaha dengan berbagai cara untuk dapat mewujudkan keinginan Emak. Sementara itu, tetangga Emak yang kaya raya sudah beberapa kali menunaikan haji, apalagi pergi umroh. Di tempat lain ada orang berniat menunaikan haji hanya untuk kepentingan politik.

3. Surat Kecil untuk Tuhan (2011)

Sutradara : Harris Nizam
Pemeran : Dwi Andhika, Egi John Foreisythe, Dinda Hauw
Durasi : 105 Menit

Menceritakan gadis 13 tahun bernama Keke yang diperankan oleh Dinda Hauw yang lahir dari keluarga sangat berada. Dia punya dua kakak laki-laki yang sangat menyayanginya, orang tua yang juga sangat menyayanginya meskipun sudah bercerai, juga enam orang sahabat karib yang setia menemaninya.

via Skylar Pictures

Semuanya tampak sempurna sampai kemudian kanker jaringan lunak menghampirinya. Penyakit langka dan dia adalah yang pertama di Indonesia. Melihat bagaimana Keke berjuang untuk sembuh dan ketulusan orang-orang di sekitarnya cukup meremas-remas hati para penonton sampai tidak kuasa membendung air mata.

4. Rumah Tanpa Jendela (2011)

Sutradara : Aditya Gumay
Pemeran : Emir Mahira, Dwi Tasya, Raffi Ahmad
Durasi : 100 Menit

Raffi Ahmad berperan sebagai Raga yang berprofesi sebagai penjual ikan hias dan tukang sol sepatu. Dia punya anak perempuan berusia 8 tahun bernama Rara yang sangat ingin rumahnya punya jendela. Mereka tinggal di kampung kumuh tempat para pemulung yang rumahnya terbuat dari tripleks bekas.

via PT Smaradhana Pro

Film ini menceritakan tentang mimpi yang lugu dari seorang anak keluarga miskin yang ingin punya jendela di rumahnya. Keluguan dan kepolosannya itulah yang menggetarkan hati banyak orang, ditambah suka duka kehidupan yang mereka lewati setiap hari. Film yang sangat sayang kalau dilewatkan.

5. Malaikat Juga Tahu (2013)

Sutradara : Marcella Zalianty
Pemeran : Lukman Sardi, Prisia Nasution, Sophia Latjuba
Durasi : 110 Menit

Satu cerita dalam film “Rectoverso” yang sangat menyentuh adalah “Malaikat Juga Tahu.” Abang adalah pria yang mengidap autism dan tinggal bersama ibunya yang memiliki kos-kosan. Salah satu anak kos bernama Leia bersikap baik kepada Abang. Bahkan, Leia sangat memahami Abang.

via Keana Production

Abang jatuh cinta kepada Leia, sedangkan Bunda – Ibu Abang – merasa cemas karena cinta yang diharapkan Abang tidak akan pernah terjadi. Kondisi semakin runyam ketika Han – adik Abang – datang dan mendekati Leia. Hubungan Han dan Leia sudah pasti akan membuat hati Abang hancur.

6. 9 Summers 10 Autumns (2013)

Sutradara : Ifa Isfansyah
Pemeran : Ihsan Tarore, Alex Komang, Dewi Irawan
Durasi : 120 Menit

Film yang diadaptasi dari novel ini menceritakan kisah nyata seorang anak sopir angkot yang hidup dalam keterbatasan ekonomi. Namun, dia mampu menembus batas mimpi dan berhasil menjadi direktur di perusahaan multinasional.

via Angka Fortuna Sinema

Film ini bisa dibilang sebagai gambaran keluarga di Indonesia. Ada rasa kerasnya didikan sang bokap pada anak cowoknya dan kerendahan hati nyokap yang terus memotivasi anaknya untuk lebih baik. Ditambah, adanya interaksi antar saudara di keluarga yang menghangatkan hati. Melalui film ini, kamu bisa belajar bahwa sekeras apapun orang tua, mereka punya rasa sayang yang dalam untuk kebaikan anaknya.

7. Ayah Menyayangi Tanpa Akhir (2015)

Sutradara : Hanny R. Saputra
Pemeran : Fedi Nuril, Naufal Azhar, Kelly Tandiono
Durasi : 88 Menit

Ini tentang Ayah yang harus kehilangan istrinya ketika kelahiran anaknya. Sang Ayah merawat buah hatinya sendirian dengan penuh kasih sayang. Namun kemudian, dia dihadapkan pada cobaan berat sekali lagi ketika sang anak dinyatakan mengidap penyakit yang mematikan.

via MD Pictures

Melihat seorang Ayah melewati cobaan seberat itu sendirian pastilah menyentuh semua hati yang menontonnya. Setelah kehilangan istri tercinta, dia juga terancam kehilangan buah hatinya. Siapa yang tidak akan luruh menyaksikan kisah sekelabu itu. Oh ya, Fedy Nuril memerankan sosok Ayah dengan sangat baik di film ini.

8. Sabtu Bersama Bapak (2016)

Sutradara : Monty Tiwa
Pemeran : Abimana Aryasatya, Ira Wibowo, Deva Mahenra
Durasi : 111 Menit

Film ini menceritakan keluarga Gunawan yang bahagia. Namun, semua berubah ketika Gunawan divonis bahwa hidupnya tinggal satu tahun lagi. Gunawan yang berpikir kematian enggak boleh membatasi kasih sayangnya kepada keluarganya, makanya dia selalu merekam pesan-pesan untuk kedua anaknya yang selalu diputar hari Sabtu.

via Falcon Pictures

Banyak pesan keluarga yang menyentuh. Film ini enggak hanya mengajarkan menjadi orangtua idaman, tapi juga mendidik anak-anak berperilaku baik. Pesan moral untuk bekal di masa depan untuk menciptakan keluarga harmonis.

9. Bunda : Cinta Dua Kodi (2018)

Sutradara : Bobby Prasetyo, Ali Eunoia
Pemeran : Acha Septriasa, Ario Bayu
Durasi : 97 Menit

Meski kisahnya lebih fokus pada ketangguhan cewek untuk menyeimbangkan karier dan keluarga, film ini penuh makna yang menyentuh. Menceritakan Tika yang berjuang keras menyelamatkan kehidupan keluarga dan rumah tangganya. Demi sebuah harapan, impian, dan cintanya kepada suami dan anak-anaknya.

via Inspira Pictures

Film ini penuh nuansa kekeluargaan. Kamu juga dikasih tahu gambaran sebuah keluarga yang tiap anggotanya saling mempertahankan keharmonisan dengan caranya masing-masing. Melalui perjuangan tersebut, kamu udah disuguhkan mengenai pentingnya keluarga.

10. Jelita Sejuba (2018)

Sutradara : Ray Nayoan
Pemeran : Putri Marino, Wafda Saifan Lubis, Alvaro Maldini Siregar
Durasi : 105 Menit

via Drelin Amagra Pictures

Film ini menceritakan tentang lika – liku kehidupan seorang istri tentara. Seorang istri tentara yang harus berjuang hidup sendiri karena suaminya yang harus pergi bertugas selama berbulan-bulan. Kesulitan hidup yang dirasakan sebagai istri tentara dan betapa sedihnya dituangkan dalam cerita ini

11. Keluarga Cemara (2019)

Sutradara : Yandy Laurens
Pemeran : Nirina Zubir, Ringgo Agus Rahman, Adhisty Zara
Durasi : 110 Menit

Film ini diangkat dari serial televisi yang booming pada tahun 90-an. Setelah puluhan tahun berlalu, pada tahun 2019 lalu kisah keluarga kecil sederhana tersebut diangkat ke layar lebar dengan pemain-pemain fresh. Harus menghadapi kenyataan menjadi tidak punya apa-apa setelah ditipu oleh keluarga sendiri.

via Visinema Pictures

Kehidupan semakin sulit ketika kasus Abah terancam kalah di pengadilan. Jika Abah tak berhasil memenangkan kasus tersebut, ia dan keluarga harus hidup miskin selamanya.

12. Nanti kita cerita tentang hari ini (2020)

Sutradara : Angga Dwimas Sasongko
Pemeran : Rio Dewanto, Sheila Dara Aisha, Rachel Amanda
Durasi : 121 Menit

Angkasa, Aurora, dan Awan adalah kakak beradik yang hidup dalam keluarga yang tampak bahagia. Setelah mengalami kegagalan besar pertamanya, Awan berkenalan dengan Kale, seorang cowok eksentrik yang memberikan Awan pengalaman hidup baru, tentang patah, bangun, jatuh, tumbuh, hilang, dan semua ketakutan manusia pada umumnya.

via Visinema Pictures

Perubahan sikap Awan mendapat tekanan dari orang tuanya. Hal tersebut mendorong pemberontakan ketiga kakak beradik ini yang menyebabkan terungkapnya rahasia dan trauma besar dalam keluarga mereka.

Demikian beberapa rekomendasi film Indonesia bertema keluarga yang bikin mewek versi Mariviu. Kisah yang diceritakan adalah topik yang sehari-hari dialami keluarga di Indonesia. Menurut kalian manakah film yang mampu membuat kalian mewek karena ingat keluarga dan perjuangan dalam keluarga?

Penikmat Kopi dan Pecandu Mie Ayam