Review Film IT Chapter 2 (2019): Bab Penutup Emosional Si Badut

IT Chapter 2 mengakhiri kisah si badut Pennywise dan klub pecundang dengan memuaskan walaupun film ini sendiri tidak menawarkan informasi atau plot poin baru bagi penonton

review film it chapter 2 indonesia

IT Chapter 2 merupakan film penutup yang emosional bagi The Loser Club (klub pecundang). Melanjutkan kisah mereka melawan si badut penari Pennywise yang pernah meneror mereka sewaktu kecil, kini mereka kembali lagi untuk memusnahkan sumber trauma masa kecil mereka itu. Walaupun karakter film ini sudah beranjak dewasa, tidak ada perubahan yang signifikan pada plot dan cerita yang sudah kita kenal di film pertama. Mereka berkumpul, bertemu Pennywise, dan berusaha bersatu untuk mengalahkannya, persis sama dengan sebelumnya. Namun film IT Chapter 2 tetap dapat menutup kisah tersebut dengan rapi dan membawa kepuasan bagi penonton setianya.

Film yang kembali disutradarai oleh Andy Muschietti (IT, Mama) ini dimulai 27 tahun setelah kejadian di film pertama. Kini anggota klub pecundang telah berpisah dan menjalani kehidupan mereka masing-masing. Akan tetapi semuanya harus kembali ke kota Derry setelah satu-satunya anggota klub pecundang yang masih disana, Mike Hanlon (Isaiah Mustafa), menghubungi mereka. Si badut penari Pennywise telah kembali dan mereka harus memenuhi janji yang telah mereka ikrarkan.

Masih menakutkannya (dan lucunya) si badut penari

Suasana kota Derry setelah kembalinya si badut penari Pennywise sangat mencekam. Elemen horror Chapter 2 sangat kental, seperti di film pertama. Dengan alur cerita bolak balik, melompat dari masa kecil ke dewasa, Andy Muschietti dapat menangkap seramnya trauma masa kecil di saat para karakter mengalaminya langsung dan apa dampaknya ketika mereka sudah dewasa.

ulasan film it chapter 2
Via IMDb

Setiap momen menegangkan dan mengerikan juga disisipi lelucon dan komedi renyah yang kebanyakan keluar dari tingkah laku Richie, yang setelah tumbuh dewasa menjadi komedian stand-up dimana sarkas dan timing leluconnya selalu pas. Unsur komedi ini tidak merusak alur cerita dan build-up setiap momen horror yang mencekam.

Casting yang sempurna

Film ini dimulai dengan pertemuan kecil anggota klub pecundang setelah mereka semua dihubungi oleh Mike. Bagian ini sarat dengan plot poin yang dibungkus dengan percakapan, untungnya chemistry antar karakter sangat baik dan benar-benar menunjukkan bahwa mereka adalah sahabat yang sudah lama tidak berjumpa.

Momen-momen seperti inilah yang membuat interaksi antara Richie dan Eddie bersinar sebagai orang yang paling dekat di masa kecil mereka. Serta interaksi antara Bill, Ben, dan Bev yang masih terjebak di cinta segitiga dari masa lalu.

cast film it chapter 2
Via IMDb

Pemeran-pemeran dewasa film ini dengan mudah menyerap tingkah laku karakter muda mereka. Bahkan aktor Jay Ryan dapat meyakinkan bahwa seorang arsitek sukses yang berbadan fit ini adalah Ben yang dulunya seorang bocah cerdas yang chubby. Mereka sama-sama terlihat sebagai penyendiri yang dengan mudah menarik simpati penonton. Dan poin bonus untuk Bill Hader sebagai Richie serta James Ransone sebagai Eddie. Mereka berhasil mencuri perhatian di film ini setiap kali muncul.

Petualangan yang beda tapi sama

Sayangnya film IT Chapter 2 tidak menawarkan hal yang baru atau berbeda dari film pertamanya. Setelah sekian lama tidak kembali, para anggota klub pecundang menjalani napak tilas ke kota masa kecil mereka, Derry. Kecuali salah satu karakter, tidak ada hal baru yang dapat penonton nikmati dari perjalanan mereka. Bagusnya film pertama karena menceritakan semua karakter dimana penonton bertemu dan berkenalan dengan mereka untuk pertama kalinya, menjadi penyebab kekosongan pertumbuhan karakter pada film sekuel ini.

the loser club dalam film it chapter 2
Via IMDb

Film IT Chapter 2 walaupun kurang menawarkan cerita dan ketakutan yang baru, dapat dengan mudah dinikmati lewat chemistry setiap anggota klub pecundang. Selain itu, film ini juga menutup kisah teror si badut penari Pennywise di kota Derry dengan memuaskan.

Untuk Anda yang penasaran tentang kelanjutan kisah Bill, Ben, Bev, Richie, Eddie, Mike, Stanley, dan semua warga kota Derry, harus banget nonton perjuangan mereka menaklukan Pennywise!

Film IT Chapter 2 tayang sejak 4 September di bioskop seluruh Indonesia.

Rating: 8/10

Genre: Horror,

Sutradara: Andy Muschietti

Penulis naskah: Gary Dauberman

Bintang: Jessica ChastainJames McAvoyBill Hader, Isaiah Mustafa, Jay Ryan, James Ransone, Andy Bean

Review Overview
  • 8/10
    Wajib tonton - 8/10
8/10

Summary

Walaupun It: Chapter 2 tidak menawarkan kisah dan konflik yang baru, dinamika hubungan antara anggota klub pecundang dan Pennywise setelah mereka dewasa lebih dari cukup untuk menghibur dan memuaskan semua penonton film pertama

Sending
User Review
0/10 ( votes)