Review Dr Stone Episode 4: Dengan Ilmu Tidak Ada yang Mustahil

dr stone episode 4 review

Senku, Taiju, dan Yuzuriha telah sampai di Hakone dan harus berpacu dengan waktu agar bisa membuat senjata ilmu pengetahuan. Sementara itu, Tsukasa dengan pintarnya tahu rencana Senku dan langsung mengejar rivalnya itu. Dr Stone episode 4 semakin menarik karena kemunculan karakter baru, karakter Senku yang semakin digali, hingga pelajaran ilmu pengetahuan yang sangat menyenangkan.

Dr Stone episode 4 highlight

Cara membuat bom

Kali ini di Dr Stone episode 4 kita mendapatkan pelajaran cara membuat bom. Ya, bom. Kelas kimia yang dilakukan Senku, Taiju, dan Yuzuriha ini sangat menyenangkan lengkap dengan disclaimer “don’t try this at home.” Senku menjelaskan dengan ringan cara membuat mesiu yang akan digunakan untuk melawan Tsukasa.

dr stone episode 4

Lagi-lagi kita melihat try and error dalam Dr Stone. Senku memprediksi menumbuk mesiu dengan batu tidak akan menimbulkan percikan. Namun ternyata, batu yang digunakan Taiju menghasilkan percikan api yang membuat mesiu itu meledak. Jika Senku tidak pernah mambuat kesalahan, pasti pelajaran kimianya tidak akan menjadi menarik.

Sinyal asap

Ledakan itu menimbulkan asap hitam. Dan secara mengejutkan, ada orang lain yang juga mengirim sinyal asap. Selama ini kita mengira manusia yang tersisa adalah Senku, Taiju, Yuzuriha, dan Tsukasa.

karakter dr stone

Kemunculan manusia baru ini membuat Dr Stone semakin menarik. Siapakah dia? Bagaimana cara manusia itu selamat dari membatu?

Senku dan Yuzuriha

Kebanyakan kisah fiksi, karakter yang sangat cerdas selalu digambarkan realistis, egois, dan bahkan tidak punya hati. Ia akan mengorbankan nyawa orang lain agar tujuannya tercapai. Ternyata, Senku yang sangat jenius itu punya empati dan berusaha menyelamatkan Yuzuriha.

Sementara itu, Yuzuriha yang selama ini hanya digambarkan sebagai sumber semangat Taiju juga digali lebih dalam. Ia rela berkorban agar Tsukasa tidak mendapatkan apa yang ia inginkan. Interaksi Senku dan Yuzuriha di episode 4 ini sangat menyentuh.

Masa lalu Senku

Dr Stone episode 4 membawa kita mengenal Senku lebih dalam. Senku menjadi sangat pintar karena ia mau melakukan apa saja demi mencapai tujuannya yang waktu itu adalah pergi ke luar angkasa. Ayahnya rela menjual mobilnya untuk membantu Senku mencapai cita-cita itu. Dan dengan mempelajari serta praktek ilmu pengetahuan, Senku mendapatkan teman, yaitu Taiju dan Yuzuriha. Flash back ini sangat menyenangkan dan hangat, membuat kita semakin jatuh cinta pada para protagonis.

Komentar

Tsukasa terlalu overpower

Dr Stone adalah tentang manusia jenius melawan manusia super kuat dalam mengembalikan peradaban. Tapi hingga episode 4 ini Tsukasa digambarkan terlalu sempurna. Ia tidak hanya sangat kuat, cepat, dan juga cermat, tapi juga cerdas.

Memang kalau karakter Tsukasa dibuat bodoh, serial anime ini tidak akan menarik. Tapi, jika ia selalu bisa membaca rencana Senku, Tsukasa terasa terlalu sempurna dan tak tertandingi. Semoga Dr Stone punya rencana lain yang membuat rivalitas Senku dan Tsukasa menjadi lebih menarik.

Benarkah Senku tulus?

Senku rela memberitahu Tsukasa rahasia ramuan mukjizat demi menyelamatkan Yuzuriha. Tapi pertanyaannya, apakah Senku tulus atau ia terpaksa menyelamatkan Yuzuriha karena membutuhkan semangat Taiju demi misi mengembalikan peradaban manusia?

Dengan ilmu pengetahuan kita bisa melakukan apa saja

Yang menjadi tema utama Dr Stone episode 4 adalah kita bisa melakukan apa saja dengan ilmu pengetahuan. Senku tidak ingin meninggalkan ilmu pengetahuan bukan hanya karena ia sangat mencintai ilmu, tapi juga karena dengan ilmu tidak ada yang tidak mungkin termasuk mengembalikan peradaban dunia.

Lewat flashback masa lalu Senku, kita melihat kalau dengan ilmu ia mampu melakukan hal yang mustahil bagi anak-anak, yaitu mengirim bonekanya ke luar angkasa.

Nasib Senku

Membunuh tokoh utama di episode 4 jelas terdengar mustahil. Adegan terakhir sengaja dibuat rancu untuk membuat penonton penasaran. Tapi, kira-kira apa alasan Tuskasa tidak jadi membunuh Senku?

Your average anime guy.