Categories
Film List

Rekomendasi Film Superhero Indonesia

Superhero? Siapa yang tidak kenal dengan tokoh pahlawan yang selalu ada untuk menumpas segala kejatahatan. Film dengan tema ini sangat banyak, karena lebih digandrungi oleh penonton dari segala usia. Film superhero saat ini didominasi oleh dua frenchise besar (Marvel dan DC). Namun, jangan sangka tidak ada film superhero yang diproduksi dan berlatar belakang cerita di Indonesia. Berikut Rekomendasi Film Superhero Indonesia versi Mariviu:

1. Sri Asih – 1954

Sutradara: Turino Djunaidy dan Tan Sing Hwat
Pemeran: Mimi Mariani, Turino Djunaidy, Ali Yugo, Chaidar Djafar, dan Sukarno M Noor
Durasi: –

Nani Wijaya adalah seorang gadis lugu yang terlahir dari keluarga kaya raya. Ia merupakan reinkarnasi dari Dewi Sri. Apabila ia mengucapkan kata sakti “Dewi Asih”, maka ia akan berubah menjadi Sri Asih, seorang pahlawan super wanita yang memiliki keahlian bela diri yang memiliki kekuatan setara dengan 250 pria dewasa.

film superhero Sri Asih
via Gabungan Artis Film

Tak hanya itu, Sri Asih juga memiliki kemampuan untuk terbang, memiliki tubuh yang kebal, serta memiliki Triwikarma, sebuah kemampuan titisan Dewa Wisnu yang membuatnya dapat menggandakan diri dan dapat memperbesar tubuhnya.

2. Si Buta dari Gua hantu – 1970

Sutradara: Lilik Sudjio
Pemeran: Ratno Timoer, Maruli Sitompul, Sri Rejeki
Durasi: 128 Menit

Film ini bercerita tentang kisah tragis seorang pendekar silat dari perguruan silat Elang Putih yang hancur kehidupannya setelah orang – orang terdekatnya tewas di tangan pendekar kejam “Si Mata Malaikat”. Balas dendam yang dia lalukan harus berujung tragis karena harus kehilangan indera penglihatannya. Setelah itu secara tidak sengaja menemukan sebuah gua angker tersembunyi dan mempelajari ilmu ajian langka dalam gua tersebut.

film superhero indonesia si buta dari gua hantu (1970)
via Penas Film Studio

Si Buta dari Goa Hantu kemudian menjelma menjadi pahlawan yang berkelana dengan monyet yang menjadi teman setia bernama Kliwon. Membasmi segala kejahatan pada daerah – daerah yang disinggahi ketika berkelana di seluruh penjuru Nusantara, sekaligus menemukan kedamaian dalam hatinya. Film ini di produksi menjadi seri pada tahun 1970, 1972, 1977, dan 1985 dengan cerita dan tempat yang berbeda.

3. Rama Superman Indonesia – 1974

Sutradara: Frans Totok Ars
Pemeran: August Melasz, Yenny Rachman, Boy Shahlani
Durasi: 74 Menit

BACA JUGA  Review Film Parasite (2019): Cerdas dan Permainkan Emosi

Film ini berkisah tentang Andi, seorang penjaja koran yang jujur dan baik hati. Suatu hari ia menolong seorang kakek yang sakit. Kakek itu memberi Andi sebuah kalung ajaib. Bila kalung itu dicium, Andi berubah menjadi Rama yang memiliki kekuatan super dan dapat terbang. Salah satu pelanggan koran dari Andi adalah Lia. Ayah Lia adalah seorang profesor yang menemukan bahan peledak baru. Kelompok Naga Hitam berusaha untuk mencuri rumus bahan peledak itu.

film superhero indonesia rama superman indonesia 1974
via Serama Film Corp

Rama menolong Lia dan ayahnya untuk menangkap gembong Naga Hitam. Film ini sekarang tidak dapat diedarkan secara internasional karena melanggar hak cipta nama Superman.

4. Darna Ajaib – 1980

Sutradara: Lilik Sudjio
Pemeran: Lydia Kandou, Dian Ariestya, Donny Nurhadi
Durasi: 95 Menit

Film ini dibuat berdasarkan serial komik pahlawan super “Darna” karya komikus Armin Tanjung, yang terinspirasi dari tokoh pahlawan super yang bernama sama ciptaan Mars Ravelo, komikus dari Filipina. Filmnya mengisahkan tentang Darna, seorang anak ajaib mirip Superman.

film superhero indonesia Darna Ajaib (1980)
via cancermasfilm

Dia bisa terbang, menghentikan kereta api yang masuk jurang, menangkap penjahat. Ia lahir untuk membasmi kejahatan. Saat lahir Darna dalam keadaan terbungkus plasenta ajaib yang diduga sumber kekuatannya.

5. Gundala Putra Petir – 1981

Sutradara: Lilik Sudjio
Pemeran: Teddy Purba, Anna Tairas, W.D. Mochtar
Durasi: 89 Menit

‘Gundala Putra Petir’ dirilis perdana pada tahun 1969. Karakter Gundala diciptakan oleh Harya Suraminata (Hasmi). Mengadaptasi perkembangan komik asing, Hasmi membuat ‘Gundala’ dengan kearifan lokal. Kisah Gundala tak melulu terpengaruh komik luar.

film superhero indonesia gundala putra petir (1981)
via Cancer Mas Film

Hasmi terinspirasi dari tokoh legenda Jawa, Ki Ageng Selo. Ki Ageng Selo merupakan sosok sakti yang mampu menangkap petir dengan tangannya. Nama ‘Gundala’ sendiri diambil dari bahasa Jawa ‘Gundolo’ yang artinya petir.

6. Madame X – 2010

Sutradara: Lucky Kuswandi
Pemeran: Aming, Marcell Siahaan, Shanty
Durasi: 102 Menit

Bercerita tentang keunikan kaum LGBT dengan berbagai tingkah polah, mulai dari cara berbicara hingga berpakaian. Bermula dari kemunculan Kanjeng Badai dan partai politiknya nan militan terhadap kaum minoritas LGBT. Adam sebagai tokoh utama yang memiliki pekerjaan sebagai penata rambut nan kemayu harus menyelamatkan teman – teman kaum minoritas. Kanjeng Badai yang akan mengikuti pemilu untuk menjadi pemimpin mutlak di negeri tersebut.

BACA JUGA  Alasan Prediksi Oscar Joker Sudah Berdengung Meskipun Filmnya Belum Ditayangkan
film superhero indonesia madame x (2010)
via Kalyana Shira Films

Dengan kekuatan tas make up dan peralatan dandan, juga perpaduan antara seni bela diri dan gerak tari yang telah diajarkan oleh pasangan yang menemukan Adam dan teman – temannya diculik oleh simpatisan Kanjeng Badai. Sebelum semuanya menjadi terlambat Madame X harus mengalahkan Kanjeng Badai.

7. Garuda Superhero – 2015

Sutradara: X-Jo
Pemeran: Rizal Idrus, Slamet Rahardjo, Robby Sugara
Durasi: 85 Menit

Garuda Superhero adalah film pahlawan super dari Indonesia yang tayang pada tahun 2015 dan juga menjadi film pertama Indonesia yang menggunakan teknik CGI. Di mana dikisahkan sang Garuda tidak saja menyelamatkan Indonesia, tetapi juga seluruh dunia dari ancaman teror Durja King serta bahaya dari asteroid yang mengancam bumi.

film Garuda Supehero (2015)
via GarudaSinergiPutaar

Saat itu dunia sains dikejutkan dengan terciptanya senjata canggih sebagai penyelamat Bumi dari ancaman serangan asteroid raksasa yang sewaktu-waktu dapat menabrak bumi pada masa depan. Namun senjata tersebut berhasil dibajak oleh kelompok Durja King dan dialihfungsikan justru sebagai ancaman kehancuran Dunia. Negara-negara adidaya dan maju pun menjadi sasaran utama dari ancaman teror Durja King, sehingga Indonesia atau khususnya kota Metro ini menjadi sorotan mata dunia.

8. Jagoan Instan – 2016

Sutradara: Fajar Bustomi
Pemeran: Kemal Palevi, Kevin Julio, Anisa Rahma
Durasi: 96 Menit

Bercerita tentang 3 jagoan yang sedang mengganggur di Amerika karena negeri mereka yang sudah damai dan makmur. Namun di Indonesia ada bekas jagoan yang gagal menumpas korupsi dan kejahatan yang semakin merajalela. 3 jagoan yang sedang menganggur tersebut diundang oleh bekas jagoan Indonesia dengan syarat membawa serum jagoan. Serum ini akan menjadikan Bumi sebagai jagoan Instan. Jika pengaruh serum ini menghilang, Bumi kembali menjadi manusia biasa yang tidak mempunyai kekuatan super.

film indonesia jagoan instan (2016)
via Starvision Plus

Puncak cerita terjadi saat pacar Bumi diculik oleh Romeo sebagai musuh utama, sadar akan perasaan pacar Bumi yang tidak mencintainya. Romeo mau menyerahkan pacar Bumi dengan syarat serum jagoan. Romeo yang memiliki kekuatan super setelah mencoba serum jagoan memaksa Bumi untuk menghadapinya dan terjadilah duel dua “jagoan” yang berlangsung selama 3 hari 3 malam.

9. Valentine – 2017

Sutradara: Agus Pestol
Pemeran: Estelle Linden, Matthew Settle, Arie Dagienkz
Durasi: 105 Menit

BACA JUGA  Review Film Rambo: Last Blood (2019): Terlalu Mudah Bagi Juanito Rambo

Film superhero Indonesia yang satu ini menceritakan tentang Batavia City, kota indah yang tak lagi aman dihuni. Perampokan, kekerasan, dan berbagai kriminalitas semakin hari semakin merajalela. Film ini menceritakan tentang Srimaya, seorang pelayan cafe yang menjadi superhero bertopeng dengan nama Valentine. Premis yang menarik, meskipun cerita yang ditawarkan terasa biasa.

via Skylar Pictures

Pemuturan film ini sempat terganggu karena masalah teknis yang menyebabkan pemutarannya harus ditunda. Harus menyelesaikan permasalahan dengan bekerjasama dengan Studio Katana Bangkok untuk menyelesaikan pengerjaan CGI. Dan baru sampai di Jakarta 22 November 2017.

10. Wiro Sableng – 2018

Sutradara: Angga Dwimas Sasongko
Pemeran: Vino G. Bastian, Sherina Munaf, Marsha Timothy
Durasi: 123 Menit

Film ini dialihwahanakan dari sebuah komik yang ditulis oleh Tito Bastian pada tahun 1967. Siapa sangka film ini dibuat setelah 50 tahun berselang. Diceritakan tentang kepahlawanan Wiro Sableng mulai dari kecil hingga mendapatkan kekuatan dari sang guru Sinto Gendeng. Berawal ketika desa Wiro kecil diserang oleh Mahesa Birawa, seluruh masyarakat desa termasuk orang tua wiro juga dibunuh.

film wirosableng (2018)
via Lifelike Pictures

Wiro yang diselamatkan oleh Sito Gendeng dilatih hingga dianggap sudah menguasai semua ilmu, sang guru mewariskan kapak sakti Naga Geni miliknya. Mulai saat itu Wiro Sableng memulai perburuannya terhadap Mahesa Birawa.

11. Gundala – 2019

Sutradara: Joko Anwar
Pemeran: Abimana Aryasatya, Tara Basro, Bront Palarae
Durasi: 123 Menit

Film ini berdasarkan cerita karakter pahlawan super Indonesia tahun 1969 Gundala yang dibuat oleh Harya Suraminata. Dalam versi komiknya, sosok di balik Gundala yaitu Sancaka, seorang peneliti jenius yang mencari serum anti petir. Dia diangkat jadi anak oleh Penguasa Kerajaan Petir, Kaisar Kronz, sekaligus diberkahi dengan kekuatan super yaitu bisa memancarkan petir dari telapak tangannya.

film Gundala 2019
via Screenplay Films

Dalam film ini, ada beberapa penyesuaian cerita, salah satunya profesi Sancaka yang menjadi seorang petugas keamanan. Gundala versi 2019 merupakan bagian dari Semesta Bumi Langit.

Ternyata Indonesia juga ada superhero yah ? Dari beberapa Rekomendasi film superhero Indonesia versi Mariviu diatas. Manakah yang sudah kamu tonton dan apa favoritmu ?

Sending
User Review
0% ( votes)

By Muhardika

Penikmat Kopi dan Pecandu Mie Ayam

Leave a Reply