Rekomendasi Film Horor Korea Terbaik yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Tontonan seru bulan Oktober nih!

K-drama menjadi salah satu duta Korea untuk memperkenalkan kebudayaan dan keunikannya. Begitu pula dengan film horor yang berkualitas dan membuat bulu kuduk merinding dengan sound effect dan jump scare yang ditempatkan dengan apik. Bagi kamu yang masih mencari tontonan dari Negeri Ginseng ini, berikut rekomendasi film horor Korea versi Mariviu.

1. Whispering Corridors (1998)

Sutradara: Park Ki-hyung
Pemeran:
Choi Se-yeon, Kim Gyu-ri, Lee Mi-yeon
Durasi:
105 Menit

Film ini menjadi bagian dari film-film Korea pasca penghapusan sensor ketat di akhir kediktatoran militer negara tersebut. Hasilnya, film-film di era tersebut banyak mengangkat sindiran sosial terhadap sistem Tak terkecuali film ini yang menyinggung tentang sistem edukasi Korea yang keras.

film horor Korea Whispering Corridors tahun 1998
via Cinema Service

Berlatar di sebuah sekolah menengah khusus perempuan, peristiwa kematian seorang wali kelas yang tergantung bersimbah darah dan diikuti kematian guru lainnya. Tak lama kematian murid pendiam ditemukan juga tewas, rahasia tabu yang terpendam, dan pemberontakan gadis remaja yang menjadi hantu gentayangan dan menyamar sebagai murid baru di sekolah tersebut.

2. A Tale of Two Sisters (2003)

Sutradara: Kim Ji-woon
Pemeran:
Im Soo Jung, Moon Geun-young, Yeom Jeong-ah
Durasi:
115 Menit

Dua orang kakak-beradik bernama Soo-mi dan Soo-yeon baru pulang dari rumah sakit dan diantarkan kembali ke rumah oleh ayah mereka. Kehidupan mereka di rumah nyatanya tidak lebih bahagia dibanding kehidupan di rumah sakit.

film A Tale of Two Sisters tahun 2003
via Cineclick Asia

Kedua kakak-beradik itu terpaksa tinggal bersama ibu tiri yang kejam. Pertengkaran sering terjadi di antara mereka dan sang ayah tidak bisa berbuat banyak. Tanpa disadari setelah kepulangan kedua gadis itu, kejadian-kejadian aneh sering muncul.

3. The Red Shoes (2005)

Sutradara: Kim Yong-gyun
Pemeran:
Kim Hye-soo, Kim Sung-soo, Park Yeon-ah
Durasi:
103 Menit

Film ini diadaptasi dari dongeng Hans Christian Andersen dan diubah sedikit jalan ceritanya terlihat sangat menarik. Apalagi bagi yang suka mengoleksi sepatu, siapa yang menyangka sepatu yang begitu indah bisa membawa petaka. Film ini menceritakan tentang Sun-jae, seorang wanita yang baru saja pindah ke apartemen tua nan bobrok bersama anaknya, Tae-su, setelah menemukan suaminya bercinta dengan wanita lain.

film horor Korea The Red Shoes 2003
via Tartan Films

Suatu malam di dalam kereta bawah tanah, Sun-jae menemukan sebuah sepatu merah aneh tergeletak begitu saja. Sepatu tersebut sangat menarik perhatiannya. Sun-jae, yang juga hobi mengoleksi sepatu, membawa pulang sepatu cantik itu. Sayangnya sepatu tersebut malah mendatangkan bencana dan kematian yang tidak diharapkan.

4. Bloody Reunion (2006)

Sutradara: Im Dae-woong
Pemeran:
Oh Mi-hee, Seo Young-hee, Lee Dong-kyu
Durasi:
93 Menit

Kisah dibuka dengan seorang detektif yang menyelidiki kejadian pembunuhan massal di rumah Nyonya Park, seorang pensiunan guru yang kini duduk di kursi roda. 5 orang ditemukan tewas di rumah tersebut dan yang selamat adalah Nyonya Park dan pengasuhnya, Mi-Ja. Kepada sang detektif, Mi-Ja menceritakan bagaimana kejadian tersebut dimulai dari reuni para bekas murid Nyonya Park.

Bloody Reunion tahun 2006
via Show East

Terlihat begitu dicintai oleh para mantan muridnya, namun ternyata mereka semua menyimpan dendam masing-masing bagi sang guru dan hal itu dengan brutal terungkap seiring munculnya sosok pembunuh bertopeng kelinci yang juga menyimpan dendam. 

5. Death Bell (2008)

Sutradara: Nayato Fio Nuala
Pemeran:
Lee Beom-soo, Yoon Jeong-hee, Nam Gyu-ri
Durasi:
88 Menit

Kita semua tahu masa ujian sekolah terkadang terasa seperti urusan hidup dan mati bagi seorang pelajar. Namun bagaimana bila kamu benar-benar bisa kehilangan nyawa (dengan cara yang sadis) bila salah menjawab pertanyaan? Hal itulah yang dialami oleh 20 murid SMA di kelas elite yang sedang menyiapkan ujian masuk universitas.

film horor Korea Death Bell tahun 2008
via Mirovision

Satu per satu mereka menghilang dan mati secara mengenaskan sementara yang masih selamat harus berjuang mengungkap jawaban dari semua kegilaan tersebut. Film ini sangat mengerikan dengan memadukan elemen torture-horror seperti film Saw, drama sekolah, dan peristiwa supranatural.

6. I Saw the Devil (2010)

Sutradara: Kim Jee-woon
Pemeran:
Lee Byung-hun, Choi Min-sik, Oh San-ha
Durasi:
141 Menit

Film ini merupakan thriller sadis tentang seorang agen rahasia yang berusaha membalas dendam pada pembunuh berantai yang membunuh tunangannya secara brutal. Menonton film ini bagaikan berada di roller coaster yang sangat mengejutkan karena setiap kali kita mengira sudah mencapai puncaknya, maka akan terus naik sampai tidak dapat diprediksi.

film I Saw the Devil tahun 2010
via Peppermint & Company

Begitu kita akhirnya mencapai puncak, jatuhnya lebih keras dan lebih cepat dari yang kita duga. Adegan demi adegan yang penuh kekerasan nan brutal membuat kita ngilu sendiri jika membayangkannya. Hal ini membuat adegan pertarungan antara tokoh utama dan pembunuh menjadi menu utama dalam film ini.

7. Killer Toon (2013)

Sutradara: Kim Yong-gyun
Pemeran:
Lee Si-young, Um Ki-joon, Hyun Woo
Durasi:
104 Menit

Film ini menceritakan tentang seorang komikus webtoon bernama Ji Yoon yang cukup tenar dengan kisah horrornya. Cerita yang ia tuliskan di dalam webtoon tersebut ternyata adalah kisah pembunuhan yang terjadi di dunia nyata. Kematian seorang kepala webtoon adalah kasus pertama yang seolah telah diprediksi oleh cerita webtoon Ji Yoon.

film Killer Room tahun 2013
via CJ Entertainment

Detektif Ki Chul mencurigai Ji Yoon terlibat dalam pembunuhan tersebut. Psikis Ji Yoon juga terlihat sedang tidak baik hingga sulit membedakan fantasi dan realita. Ketika korban kedua jatuh dengan gambaran yang persis dalam webtoonnya, Ji Yoon akhirnya mengungkapkan sebuah rahasia besar.

8. Train to Busan (2016)

Sutradara: Yeon Sang-ho
Pemeran: Gong Yoo, Kim Su-an, Jung Yu-mi
Durasi:
118 Menit

Ditayangkan perdana di festival film Cannes tahun 2016, film ini mendapat respons positif berkat alur ceritanya yang menegangkan dan membuat penonton ikut berdebar-debar. Genrenya sendiri adalah zombie outbreak, di mana seorang ayah workaholic bernama Seok-woo dan putri kecilnya Su-an sedang berada di kereta menuju Busan saat infeksi virus menyebar dan membuat orang menjadi zombie.

film Train to Busan tahun 2016
via Next Entertainment World

Ia akhirnya bahu-membahu dengan para penumpang kereta lain, termasuk seorang wanita hamil dan suaminya, tim baseball remaja, dua perempuan bersaudara, pengusaha kaya yang egois, dan seorang tunawisma yang tidak stabil. Ayah dan anak tersebut harus berjuang bertahan hidup dan tiba dengan selamat ke Busan.

9. The Wailing (2016)

Sutradara: Na Hong-jin
Pemeran:
Kwak Do-won, Hwang Jung-min, Chun Woo-hee
Durasi:
156 Menit

Disebut-sebut sebagai film horor Korea terbaik karena ceritanya yang seram, The Wailing mengisahkan tentang seorang polisi yang menginvestigasi rentetan kematian dan penyakit misterius di sebuah pedesaan. Penyelidikan tersebut melibatkan beberapa petunjuk seperti seorang pria Jepang misterius, wanita tanpa nama yang tak kalah misterius, serta sosok iblis bermata merah yang menghantui desa tersebut.

film horor Korea terbaik The Wailing tahun 2016
via 20th Century Fox Korea

Masalah semakin runyam ketika putri sang detektif ikut terjangkit penyakit tersebut dan bergelagat aneh. Muncul ruam yang tidak boleh digaruk yang kemudian akan bernanah dan menyebabkan kegilaan dan keinginan membunuh. Setelah pembunuhan terjadi, pelaku akan koma dan akhirnya meninggal. Hal ini merupakan gejala identik yang terjadi pada kasus pembunuhan sebelumnya.

10. Gonjiam: Haunted Asylum (2018)

Sutradara: Jeong Beom Sik
Pemeran:
Wi Ha-joon, Park Ji-hyun, Oh Ah-yeon
Durasi:
91 Menit

Film ini mengangkat genre found footage horror yang sebetulnya bukan hal yang asing, namun tetap saja terasa menakutkan. Karena film ini mengambil latar di sebuah rumah sakit jiwa yang terkenal angker disebabkan banyak pasien yang meninggal karena disiksa oleh petugas medis.

film horor Korea Gonjiam: Haunted Asylum 2018
via Warner Bros

Menyusul dengan berita menghilangnya dua remaja secara misterius di bekas rumah sakit jiwa Gonjiam. Seorang YouTuber kanal horror bernama Ha-joon justru mengajak teman-temannya untuk melakukan live broadcast di tempat tersebut dengan harapan mendapat 1 juta penonton. Hingga satu persatu dari mereka terpisah dan menghadapi situasi dan moment yang sangat mencekam.

Film horor asal Korea Selatan tak kalah menakutkannya dengan karya Hollywood. Nah, film horor Korea mana yang sudah kamu tonton? Atau kamu punya film lain yang lebih menakutkan? Sampaikan rekomendasi kamu di kolom komentar, ya.

Sending
User Review
0% ( votes)

Penikmat Kopi dan Pecandu Mie Ayam