Kisah New Mutants: Terhenti 2 Tahun dan Terombang-Ambing

cover film New Mutants

Jika ada film yang terombang-ambing dalam pengerjaan dan rilisannya, mungkin New Mutants bukanlah yang terlama. Tetapi kisah New Mutants terbilang unik. Selain terombang-ambing karena melibatkan pengambilan gambar ulang yang (terlalu) banyak, masalah film ini terjadi karena akuisisi besar antara Disney dan 20th Century Fox.

Awal kisah New Mutants

Baru saja menyelesaikan drama remaja The Fault in Our Stars, Josh Boone memutuskan untuk mengalihwahanakan New Mutants pada 2014, sebuah komik yang dibuat oleh Chris Claremont dan Bill Sienkiewicz. Boone menugaskan temannya, Knate Lee, membuat versi kasarnya dan dikirim ke Simon Kinerg, penulis skenario dan produser beberapa judul X-Men. Dan dia menyukainya.

karakter utama film New Mutants
via 20th Century Fox

Kala itu, film-film X-Men milik Fox dipenuhi dengan cerita yang berat seperti Logan dan dengan rating dewasa seperti Deadpool. Sedangkan New Mutants lebih menyasar penonton dewasa dan akan dirancang sebagai film yang lebih segar untuk X-Men. Boone dan Knate pun mengerjakan skenario dengan membuat film yang terpisah dari waralaba X-Men saat itu.

Pada 2016, New Mutants akhirnya dijadwalkan untuk rilis. Sekuel pun dipersiapkan. Fox terkesan dengan scenario milik Boone dan Knate. Mereka pun membawa penulis skenario The Fault in Our Stars Scott Neustadter dan Michael H. Weber. Nama Anya Taylor-Joy dan Maisie Williams mulai didengungkan.

New Mutants siap diproduksi dengan kesan layaknya film horor remaja Stephen King. Ada laporan keterlibatan pemeran X-Men lainnya dalam film ini. Produksi dilangsungkan pada 10 Juli 2017 dan berakhir 16 September 2017. Di masa ini Boone merasa ide horornya ‘dikebiri’ dalam proses pembuatan film.

Anya Taylor-Joy dalam kisah New Mutants
via 20th Century Fox

Tahap awal paska produksi, film ini disatukan dalam gabungan The Breakfast Club dan drama One Flew Over the Cuckoo’s Nest. Boone menyampaikan versi New Mutants yang dia sukai dan mendapatkan kesan yang cukup baik dalam pre-screening. Sebagian menganggapnya sama dengan Deadpool.

Pengambilan gambar ulang

Masalah dimulai ketika tanggal rilis ditunda menjadi 22 Februari 2019 karena dua alasan. Yang pertama, untuk membuat film ini memiliki kesan horor yang tak terlalu gelap setelah pengambilan gambar ulang. Yang kedua memberi ruang dan tidak mengganggu tanggal rilis Deadpool 2 yang diluncurkan pada musim panas 2018.

Maisie Williams sebagai Wolfsbane
via 20th Century Fox

Dalam sebuah wawancara dengan Collider, Maisie Williams yang memerankan Rahne Sinclair mengungkapkan bahwa pengambilan gambar ulang membuat film ini lebih baik. New Mutants memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan efek visual. Tapi tanggal rilis kembali ditunda menjadi 2 Agustus 2019. Kali ini untuk menghindari tabrakan dengan Dark Phoenix.

Keterlibatan Disney mengakuisisi Fox memengaruhi pengembangan dan tanggal rilisnya. Jelas dengan akuisisi studio, Disney dan Marvel berharap untuk memperkenalkan karakter X-Men ke Marvel Cinematic Universe mereka sendiri.

Kisah New Mutants menjad lebih tragis. Tangal rilis yang tak jelas, studio yang berbeda, pengambilan gambar ulang yang belum selesai mengakibatkan film ini tidak akan selesai untuk dirilis pada Agustus 2019. Baru pada awal tahun 2019 Fox mengumumkan jadwal tayang 3 April 2020.

film horor X-Men
via 20th Century Fox

Tak selesai sampai disitu, suramnya pendapatan yang didapatkan oleh Dark Phoenix berimbas pada New Mutants. Prioritas 20th Century Fox melakukan pengambilan gambar ulang, tetapi tanggal rilis masih belum berubah. Tapi ketidakpastian perlahan memudar setelah Disney dan Marvel mengeluarkan trailer kedua New Mutants beberapa waktu lalu.

Ditayangkan dalam versi asli

Pengerjaan yang lama memang tak memberikan kepastian film ini akan sukses di pasaran. Belum lagi Dark Phoenix menjadi film X-Men buatan Fox terakhir yang mengecewakan. Tapi satu hal yang pasti, film ini akan ditayangkan sesuai dengan keinginan sang sutradara Josh Boone.

karakter Alice Braga
via 20th Century Fox

Hal ini diutarakan Boone pada saat membalas komentar penggemar dalam akun Instagramnya. Dilansir oleh Collider, ketika penggemar menanyakan apakah versi New Mutants miik Disney sesuai dengan visi asli Boone. Dia “Aku tidak akan mempromosikannya di sini jika tidak (sesuai dengan visiku),” jawab Boone.

Biasanya ketika rilis film ditunda mengindikasikan kesalahan pada film dan biasanya berdampak pada kesuksesannya di box office. Tapi mengingat sang sutradara sendiri mengakui film ini, New Mutants bisa menjadi pembuka genre superhero bernada horor pertama MCU. Apakah kisah New Mutants akan berakhir bahagia?

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply