Anime Underrated yang Harusnya Bisa Lebih Terkenal

underrated anime

Tahukah kamu kalau ada anime lain selain One Piece, Naruto, Bleach, Boku no Hero Academia atau Kimetsu no Yaiba? Semua anime tersebut memang sangat terkenal, punya fanbase yang besar, dan sering dibahas di forum anime. Tapi tahukah kamu kalau ada anime lain yang juga tak kalah keren untuk kamu ikuti? Mereka adalah anime underrated yang harusnya bisa lebih dikenal.

Daftar Anime Underrated

Nah, tulisan ini akan memberikan rekomendasi anime underrated yang sangat layak untuk kamu ikuti lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Daftar ini mungkin akan diupdate seiring berjalannya waktu jika penulis menemukan anime underrated lainnya yang patut dimasukkan ke dalam daftar ini.

Gegege no Kitaro versi 2018

Gegege no Kitaro diadaptasi dari karya maestro Shigeru Mizuki dan berkontribusi besar di genre horor. Hanya saja, versi tahun 2019-nya yang merupakan semacam remake dari versi 1969 kurang diminati pencinta anime kebanyakan. Mungkin karena konsepnya yang menghadirkan satu masalah untuk satu episode dan cerita yang relatif klise serta penuh pesan moral.

Walaupun begitu, nonton anime Gegege no Kitaro sangatlah menyenangkan. Anime ini ringan dan lucu. Dan jika kita beruntung, kadang episodenya berisi kisah yang penuh makna dan tak jarang gelap ala serial Black Mirror. Animasinya pun tak kalah keren dari anime hits lainnya.

Golden Kamuy

Anime ini diangkat dari salah satu manga seinen terbaik karangan Satoru Noda. Manganya sudah punya pengikut setia. Tapi sayangnya, animenya kurang hits di kalangan pencinta anime secara umum. Selain karena animasi yang kaku, Golden Kamuy juga menggunakan CGI yang kasar dan cukup mengganggu terutama dalam menampilkan binatang seperti beruang dan serigala.

Insiden “beruang CG” di episode pertama cukup menghebohkan dan membuat penonton ragu untuk mengikuti anime ini. Untungnya, keunikan dan kekuatan cerita mampu menutup semua kekurangannya. Humornya mengocok perut. Animasi adegan aksinya agak kaku, tapi tetap padat dan emosional. Lalu karakterisasinya juga sangat kuat.

Kekkaishi

anime underrated indonesia

Anime underrated yang satu ini pernah tayang di televisi tanah air. Sayangnya, anime Kekkaishi “ditamatkan” di tengah jalan dengan ending yang berbeda dari manganya. Saat ini manganya sudah tamat, tapi belum ada tanda-tanda remake seperti yang terjadi pada Fullmetal Alchemist: Brotherhood. Sayang sekali. Padahal Kekkaishi punya cerita dan world building yang sangat menarik.

Di episode-episode awal mungkin fans akan jemu dengan konsep kekuatan tokoh utamanya yang hanya bisa membuat kekkai kotak untuk memusnahkan ayakashi. Tapi seiring berjalannya cerita, kita akan mulai melihat sisi lain dari dunia Kekkaishi. Mulai dari kelompok misterius yang berisi petarung handal, pertarungan hidup mati, hingga misteri kekuatan kekkaishi.

Mushishi

anime underrated yang harusnya lebih terkenal

Anime ini memenangkan banyak penghargaan. Tapi mungkin karena pace-nya yang lambat membuatnya kurang terkenal jika dibandingkan dengan anime populer lainnya. Berkisah tentang seorang ahli mushi yang berkelana untuk menyelesaikan masalah yang disebabkan oleh mushi, makhluk tak kasat mata yang hidup bersama kita.

Setiap episodenya punya kisah tersendiri. Satu masalah untuk satu episode. Tiap episodenya berjalan lambat, namun memberikan suasana damai yang menghanyutkan. Setiap masalah yang diangkat dalam episodenya bermuatan filosofi kehidupan. Membua anime ini sangat sayang untuk dilewatkan.

World trigger

Poster World Trigger anime yang paling underrated

Jika kamu adalah tipe penonton anime yang hanya ingin melihat adegan pertarungan tokoh utama yang punya kekuatan terpendam dalam animasi sakuga, maka World Trigger mungkin bukan untukmu. Dan mungkin karena itulah World Trigger bisa dibilang sebagai anime yang sangat underrated.

Animasinya agak kaku, khas rilisan Toei Animation. Tapi, ceritanya sangat menarik dan dekat dengan kita. Tentang Mikumo Osamu, seorang anak tidak berbakat yang punya rasa kepahlawanan yang sangat tinggi. Ia harus bersaing di dunia penuh dengan orang-orang berbakat.

Seperti hidup ini, masalah kebanyakan muncul karena dirinya yang lemah. Tapi ia tidak pernah menyerah dan selalu berusaha keras untuk mennjadi lebih baik. Untungnya, Mikumo tidak sendirian. Ia ditemani dua orang anggota timnya yang sangat berbakat tapi selalu mengandalkan tokoh utama kita.

Nah, dari semua rekomendasi anime underrated di atas, mana yang menurut kamu sangat underrated?

Your average anime guy.