Review World Trigger: Anime yang Underrated

Poster World Trigger

World Trigger adalah sebuah anime yang diadaptasi dari sebuah manga berjudul sama, karangan Daisuke Ashihara. Anime ini telah tayang sebanyak 73 episode. Produksi animenya sempat terhenti karena masalah kesehatan yang dialami suatu hal yang belum pasti seperti yang disebutkan oleh salah satu karakternya Jin-san di akhir episode 73. Mungkin berhentinya produksi anime ini dikarenakan jatuh sakitnya Ashihara yang menyebabkan manga World Trigger hiatus.

Poster World Trigger
Via worldtrigger.wikia.com

World Trigger bercerita tentang munculnya gerbang misterius di kota Mikado yang menghubungkan bumi dengan dunia lain yang bernama Neighborhood. Dari gerbang tersebut keluar monster-monster yang disebut Neighbors yang menangkap penduduk kota Mikado. Dari penyerangan pertama itu banyak penduduk yang tewas. Namun, berkat usaha dari sekelompok orang yang memanfaatkan teknologi Neighbors, musuh dapat dipukul mundur. Orang-orang ini nantinya membentuk sebuah organisasi bernama Border yang bertugas menjaga kota Mikado dan mengantisipasi akan adanya gerbang baru yang muncul.

Beberapa tahun kemudian, Mikumo Osamu, tokoh utama dari cerita ini yang merupakan agen Border ranking C atau ranking terendah tidak sengaja bertemu dengan seorang manusia Neighbors bernama Kuga Yuma. Mikumo, Yuma dan Amatori Chika, teman manusia Mikumo, lalu mendaftarkan diri untuk menjadi agen border rank A agar mereka bisa ikut misi ekspedisi ke Neighborhood dengan tujuan menolong Yuma dan menemukan kakak Chika yang diduga ditangkap oleh Neighbor dan dibawa ke dunia mereka.

Amatori Chika, Mikumo Osamu dan Kuga Yuma
Via IMDB

Adaptasi anime World Trigger ini dibuat berdasarkan cerita yang sama persis dengan animenya, kecuali beberapa episode filler. Anime ini memiliki kelemahan di animasi yang kurang bagus jika dibandingkan dengan anime-anime populer seperti One Punch Man atau Naruto (kenapa harus dibandingkan dengan yang ini!). Selain itu, karena nantinya sangat banyak karakter yang akan dimunculkan ada beberapa karakter yang memiliki kemiripan walau tidak persis sama. Seperti banyaknya karakter yang berkarakter “cool”. Daisuke Ashihara, pencipta World Trigger hanya memberikan sedikit variasi dari karakter-karakter pendukung untuk membedakan mereka, seperti bentuk fisik, cara bicara atau kelakuan yang unik.

BACA JUGA  Review Film Alita: Battle Angel (2019) - Fantasi Cyberpunk Epik Memanjakan Mata

Selain dari kelemahan di atas, World Trigger merupakan sebuah anime yang sangat bagus namun dianggap remeh dan kurang populer. Anime ini seharusnya menjadi anime yang sangat populer karena karakter tokoh utama yang sangat menarik. Osamu Mikumo digambarkan sebagai seorang agen border yang sangat lemah namun memiliki karakter pahwalan yang sangat kuat.

Dengan segala kelemahannya ia selalu berusaha menolong orang-orang yang butuh pertolongan. Ia sadar dengan kelemahannya dan mencari cara untuk menutupi kelemahan tersebut. Bahkan sampai episode 73, Osamu masih menjadi agen Border yang relatif lemah, namun telah dapat merepotkan lawan-lawannya. Osamu bukanlah tokoh utama seperti anime lain yang memiliki kemampuan yang lemah namun sebenarnya memiliki kekuatan besar terpendam. Osamu seolah-olah memberikan gambaran seperti manusia biasa yang penuh kelemahan namun selalu berusaha untuk menutupi kelemahannya dengan kerja keras agar dapat membantu orang banyak.

Osamu yang masih lemah
Via IMDB

Selain Osamu, karakter utama lainnya seperti Yuma dan Chika digambarkan sebagai orang yang sangat baik. Lalu ada Jin Yuuichi, senior ketiga tokoh utama kita yang sangat baik. Selain itu, Jin merupakan agen Border yang sangat hebat dan bijak yang selalu membantu junior-juniornya. Sikap tulus dari tokoh-tokohnya ini memberikan kesan yang hangat dan menenangkan dari anime ini, dan ini adalah salah satu nilai plus World Trigger.

Selain karakter tokoh utama yang sangat bagus, konsep dunia dalam anime ini juga sangat menarik. Setiap manusia memiliki sebuah kelenjar bernama kelenjar “trion.” Dengan menggunakan alat bernama Trigger, manusia bisa memanfaatkan kelenjar tersebut untuk memproduksi energi trion yang dapat digunakan untuk melindungi tubuh dengan tubuh buatan yang bernama tubuh trion. Tubuh trion dapat melipat gandakan kekuatan tubuh asli manusia. Selain itu, Trigger juga dapat menciptakan berbagai macam senjata yang juga terbuat dari trion. Teknologi Trigger ini merupakan adaptasi teknologi neighbor yang digunakan untuk menandingi pasukan Neighbor.

Kuga Yuma dan Jin Yuuichi
Via IMDB

Dari berbagai macam trigger, ada satu trigger istimewa yang bernama “Black Trigger”, Trigger ini memiliki kemampuan khusus yang tidak dimiliki trigger biasa. Beberapa karakter yang memiliki black trigger adalah Jin dan Yuma. Selain konsep trion dan trigger, di anime ini juga ada konsep kekuatan super. Kekuatan yang disebut Side Effect ini hanya dimiliki oleh orang-orang yang beruntung. Side effect merupakan efek samping dari energi trion yang dimiliki manusia. Namun belum dijelaskan dengan gamblang trion yang bagaimana yang dapat memberikan Side Effect.

BACA JUGA  Bahas One Piece Chapter 937 - Penggunaan Haki Tingkat Lanjut

Dilansir dari jurnal otaku, pada 7 Maret 2016, anime ini berhenti disiarkan dan diganti dengan acara olah raga. Semoga setelah Ashihara sembuh nantinya anime ini dilanjutkan lagi dengan animasi yang lebih bagus karena dunia yang kejam ini membutuhkan karakter seperti Mikumo Osamu, Kuga Yuma, Amatori Chika dan Jin Yuuichi.


Creator: Daisuke Ashihara

Produser: TV Asahi

Studio: Toei Animation

Episode: 73

Durasi: 23 mins per episode

Status: Lanjut season 2

Review Overview
  • Rating Anime
4.5

Kesimpulan

World Trigger adalah anime yang sangat underrated, walaupun memiliki animasi yang biasa-biasa saja, jalan cerita dan karakter-karakter dalam anime ini sangat menarik. Sayang sekali saat ini produksi animenya dihentikan di episode 73.

Sending
User Review
4.33 (3 votes)
Haris Syukri

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.