Categories
Film Komik

Siapa Itu Illyana Rasputin, Karakter Magik dalam New Mutants

New Mutants akan memperkenalkan berbagai karakter baru X-Men, salah satunya Magik. Karakter Magik dalam New Mutants akan diperankan oleh aktris muda berbakat asal Amerika, Anya Taylor-Joy. Penggambaran mutan Rusia bernama asli Illyana Rasputin dalam trailer pertama New Mutants terlihat sangat akurat seperti versi komiknya. Tapi, siapa sebenarnya Magik?

Latar belakang Magik

Serial komik New Mutants tampak mengaburkan batas antara mutan dan mistisisme; Marvel mengarahkan sejarah anti-sihir di dunia nyata sebagai bagian dalam perkembangan mutan di dunia Marvel. Magik menjadi kasus klasik yang diceritakan sebagai seorang mutan dan penyihir.

Magik Illyana Rasputin
via Marvel Comics

Illyana dan kakak laki-lakinya, Piotr yang lebih dikenal sebagai Colossus, merupakan keluarga petani dari Rusia. Tetapi mereka sebenarnya adalah keturunan dari penyihir Rusia terkenal bernama Rasputin. Illyana pertama kali diperkenalkan sebagai saudara perempuan Colossus yang berusia enam tahun.

Semuanya berubah di Uncanny X-Men #160 tahun 1982 yang menjadi salah satu plot paling gelap dalam sejarah X-Men. Illyana dibawa lari oleh makhluk mengerikan bernama Belasco, salah satu dari Dewa Kematian, seperti Hela dan Mephisto yang memerintah dunia iblis dari tempat bernama Limbo.

Pergerakan waktu di Limbo sangat berbeda dengan Bumi. Ketika X-Men pergi ke Limbo untuk menyelamatkan Magik, mereka menemukan Illyana telah berusia satu dekade saat berada di Limbo. Illyana tumbuh menjadi seorang remaja yang menyebut dirinya “Magik” yang memiliki kekuatan mutan untuk teleportasi.

karakter Magik menggunakan pedang Soulsword
via Marvel Comics

Illayana berusaha melawan Belasco. Dia menggunakan sebagian jiwanya sendiri untuk menciptakan pisau mistis yang disebut Soulsword. Ketika X-Men datang, dia turut membantu X-Men dan berhasil menggulingkan Belasco. Magik kembali ke Bumi dan menjadi salah satu New Mutan serta berjuang untuk memahami kekuatannya.

BACA JUGA  Review Film Parasite (2019): Cerdas dan Permainkan Emosi

Kekuatan Soulsword terbukti lebih kuat daripada yang dia sadari; Armot Eldritch mulai tumbuh di tubuh Magik setiap kali dia menggunakannya. Ketika setan-setan Limbo menyerbu Bumi, Magik menggunakan darah ibunya dan bertransformasi penuh menjadi penyihir. Dan ketika Illyana menolak kegelapan Limbo, dia diubah kembali menjadi anak-anak.

Cerita tragis Illyana Rasputin

Illyana dikembalikan kepada orang tuanya di Rusia, tanpa ingatan sebagai anggota New Mutan. Tragisnya, dia hanya pulang dalam waktu yang singkat. Pemerintah Rusia telah menyadari adanya mutan kuat yang disebut Soul Skinner dan ingin menggunakan Illyana sebagai senjata. Mereka menculik Illyana dan membunuh orang tuanya.

Illyana diselamatkan oleh X-Men dan kembali ke Amerika untuk merawat Colossus. Tetapi Illyana terkena Virus Legacy, penyakit yang dilepaskan oleh teroris Stryfe ke atmosfer Bumi dan hanya menargetkan mutan. Illyana adalah salah satu korban pertama Virus Legacy. Charles Xavier dan Moira MacTargger berusaha keras untuk menyelamatkan Illyana.

Darkchylde karakter Magik
via Marvel Comics

Sayangnya, mereka tak berhasil. Dalam Uncanny X-Men #303 menjadi akhir dari petualangan Illyana dan membuatnya sebagai salah satu komik yang paling memilukan sepanjang masa. Colossus sangat terpukul dengan kenyataan selurh keluarganya telah tiada. Dia bahkan mengkhianati X-Men dan berpihak pada Magneto ketika Master of Magnetism mengganggu pemakaman Illyana.

Kembalinya Magik

Pada seri “House of M” di tahun 2005, Scarlet Witch menggunakan kekuatan pengubah realitasnya mengabulkan setiap harapan terbesar setiap superhero. Bagi Colossus, keinginannya adalah untuk bersama dengan keluarganya. Sayangnya, sebagian superhero lain menentang keinginan ‘utopia’ Scarlet Witch dan membalikkan mantranya. Realitas kembali dan Illyana hilang lagi.

karakter Magik dalam New Mutants dan Colossus
via Marvel Comics

Tapi kehadiran Illyana yang singkat menarik perhatian Belasco dari neraka Limbo. Mempercayai Illyana masih hidup, Belasco berusaha mencarinya. Belasco mengumpulkan pecahan jiwa Illyana tersebar di akhirat serta berbagai Dimensi Neraka dalam semesta Marvel dan menciptakan mahkluk mengerikan bernama Darkchylde. Namun kembali diselamatkan oleh X-Men.

BACA JUGA  Melihat Kembali Adaptasi Batman dari Film Hingga Serial Televisi

Mesipun X-Men tidak mengetahuinya, Magik versi baru ini memiliki agendanya sendiri. Dia mengetahui bahwa nasibnya dimanipulasi oleh makhluk mistik yang dikenal sebagai Older Gods. Mereka memiliki bagian terahir dari jiwanya. Magik pun berusaha mendapatkan pecahan jiwanya yang tersisa.

Anya Taylor-Joy, karakter Magik dalam New Mutants
via 20th Century Fox

Magik menipu Older Gods untuk meluncurkan invansi skala penuh kepada seluruh alam semesta Marvel. Namun Magik malah menggunakan Legion, mutan level Omega yang merupakan anak dari Charles Xavier dan Gabrielle Haller untuk melawan Older Gods. Legion menang dan akhirnya Magik mendapatkan jiwanya kembali.

Peran penting Magik dalam New Mutants

Dilansir dari Screen Rant, Magik telah menjadi bagian penting dalam perkembangan X-Men selama satu dekade terakhir. Dia tidak selalu dipercaya, dan terkadang memiliki keinginannya sendiri, namun seringkali menjadi penentu kemenangan X-Men terhadap lawan-lawannya.

Ketika Dark Beast menggunakan nanobot untuk mengganggu kekuatannya, Magik menyerap seluruh dimensi Limbo ke dalam dirinya. Dengan kekuatan mistik yang meningkat, dia menggunakan perjalanan waktu untuk mengunjungi Doctor Strange dan menjadi muridnya.

Magik bersama Doctor Strange
via Marvel Comics

Namun perjalanan waktu menjadi boomerang. Kekuatan anti-mutan menetralkan kekuatan mutan Magik. Kekuatan iblis dari Limbo dilepaskan dan mengubah Magik menjadi Darkchylde sekali lagi; meninggalkan X-Men dalam sebuah krisis dan membuatnya kehilangan kemanusiaannya.

Megik kembali dalam peluncuran ulang X-Men karya Jonathan Hickman. Dan Illyana akan hadir pertama kali ke layar lebar pada New Mutants yang akan diluncurkan 3 April mendatang. Dengan karakter muda X-Men lainnya, seperti Wolfsbane, film terbaru ini akan memperkenalkan karakter Magik dalam New Mutants di Marvel Cinematic Universe.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply