Penjelasan I’m Thinking of Ending Things

Spoiler Alert: penjelasan film I'm Thinking of Ending Things ini mengandung sedikit bocoran yang mungkin saja dapat menggangu buat anda yang belum menonton.

“Ini film kenapa sih, maksudnya apa sih?”, “penjelasan I’m Thinking of Ending Things apa sih?” mungkin itulah pertanyaan yang bakal terbersit di pikiran beberapa penonton setelah selesai menonton film ini. Film dengan alur cerita yang lambat, beberapa percakapan yang bikin kepala pusing, plot cerita yang susah dijelaskan, serta butuh interpretasi lebih bisa membuat penonton bosan, ketiduran bahkan berhenti menontonnya.

Charlie Kaufman memang dikenal dengan karya karyanya yang unik dan berimijanasi tinggi, seperti Being John Malkovich (1999), Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004), hingga Anomalisa (2015). Film yang bakal bikin kamu bingung dan bertanya tanya tentang jalan ceritanya. Nah tak usah bingung, Mariviu bakal bantu kamu memberikan penjelasan I’m Thinking of Ending Things.

Sinopsis

Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Ian Reid ini bercerita tentang Jake (Jesse Plemons) dan Lucy (Jessie Buckley), pasangan baru yang diundang untuk berkunjung ke rumah keluarga Jake, sebuah rumah peternakan di pedesaan. Di awal cerita, Lucy terus berfikir dan menggumamkan bahwa ia ingin mengakhiri hidupnya.

Jake, Lucy dan orang tua Jake dan penjelasan I'm Thinking of Ending Things
via Netflix

Peristiwa aneh datang silih berganti saat mereka berada di rumah orang tua Jake. Seperti beberapa percakapan aneh antara Jake dan orang tuanya, suasana hangat yang mulai berubah, serta bertambahnya umur orang tua Jake secara signifikan; dari menua, kembali muda dan terus berganti. Adegan kadang berganti ke sisi seorang petugas kebersihan sebuah sekolah yang tiba-tiba muncul.

Penjelasan I’m Thinking of Ending Things

Tokoh utama dalam film ini sebenarnya adalah si petugas kebersihan. Semua yang terjadi di film ini adalah tentang bagaimana mimpi dan harapannya tentang kehidupan diluar kehidupan seorang petugas kebersihan. Semua tokoh yang ada dicerita, selain Jake dan kedua orang tuanya adalah tokoh surealis.

BACA JUGA  Hadirkan Event Cosplayer dan Costume Maker, POPCON Asia akan Tampil Lebih Megah

Jake dan kisah cintanya seperti yang digambarkan pada awal film adalah harapan sang petugas kebersihan tentang kehidupan dan percintaannya. Jake digambarkan sebagai seorang ahli fisika berhasil yang memiliki kekasih cantik bernama Lucy.

Lucy disini sebenarnya hanyalah seorang wanita yang ia lihat sekilas melalui jendela. Kemudian ia gambarkan dan ekspektasikan dalam mimpinya bahwa wanita itu adalah kekasihnya. Itulah kenapa kisah awal pertemuan mereka bahkan nama wanita itu kerap berubah dalam cerita.

Jake dan Lucy
via Netflix

Tentang Lucy yang hanya merupakan tokoh karangan si petugas kebersihan dikuatkan dengan adegan saat Lucy bertemu si petugas kebersihan, saat diminta untuk menjelaskan bagaimana rupa kekasihnya, Lucy kesulitan menjelaskannya pada si petugas kebersihan dan malah memberikan pernyataan yang sama sekali berbeda dari pertanyaan si petugas kebersihan.

Pun begitu dengan para penjual ice cream yang ditemui ditengah badai. Mereka sebenarnya adalah murid sekolah tempat Jake bekerja sebagai seorang petugas kebersihan yang kebetulan ia temui di sekolah dan ia imajinasikan sebagai penjual ice cream dalam kisah imajinatifnya.

gadis penjual ice cream dalam I'm Thinking of Ending Things
via Netflix

Telfon misterius terus menerus masuk ke handphone Lucy dari nomornya sendiri yang berbunyi, “Hanya ada satu pertanyaan yang harus diselesaikan. Saya ketakutan. Saya merasa sedikit gila. Saya tidak sadar. Asumsinya benar. Saya bisa merasakan ketakutan saya tumbuh. Sekarang waktunya untuk jawabannya. Hanya satu pertanyaan. Satu pertanyaan untuk dijawab.”

Maksud dari pesan ini adalah tentang si petugas kebersihan yang sedang mempermainkan perjalanan imajinasinya ini untuk membantunya memutuskan apakah akan bunuh diri atau tidak. Itu adalah upaya petugas kebersihan dalam merumuskan jawaban atas pertanyaan mendasar tersebut.

Bagian Akhir

Penjelasan tentang apa yang sebenarnya terjadi dapat kita saksikan pada bagian akhir film. Dimulai dari tarian disekolah, tarian yang sebenarnya menunjukan harapan yang besar dari seorang Jake. Digambarkan Jake yang harusnya hidup bahagia dan menikah dengan Lucy tapi akhirnya digagalkan oleh petugas kebersihan.

BACA JUGA  Review Film Terminator: Dark Fate (2019): Harapan Baru Terminator yang ‘Menua’

Ada adegan dimana penari pria dibunuh oleh petugas kebersihan tepat sebelum menikahi sang penari wanita yang dapat diartikan kalau harapan Jake tentang kehidupan yang penuh cinta bersama Lucy dipatahkan oleh keadannya yang hanya seorang petugas kebersihan.

petugas kebersihan dan adegan tarian dalam penjelasan I'm thinking of Ending Things
via Netflix

Adegan saat dalam mobil menggambarkan bagaimana depresinya si petugas kebersihan. Ia ingin mengakhiri semuanya; mengakhiri hidupnya, kenangan tentang iklan musikal ice cream yang ia ingat muncul di jendela mobilnya, tepat sebelum sang babi menuntunnya. Babi dengan perut penuh belatung yang dapat disimbolkan sebagai kematian, seperti yang diceritakan pada bagian awal film.

babi menuntun petugas kebersihan dalam penjelasan I'm Thinking od Ending Things
via Netflix

Sementara adegan pidato setelah Jake mendapat penghargaan dapat diinterpretasikan sebagai bagaimana mungkin bahagianya Jake apabila ia tidak berakhir sebagai seorang petugas kebersihan. Para hadirin adalah orang yang ia temui dalam hidupnya, orang yang harusnya melihat keberhasilan seorang Jake sebagai seorang fisikawan, bukan sebagai petugas kebersihan introvert penuh khayalan seperti sekarang.

Itulah penjelasan I’m Thinking of Ending Things menurut interpretasi kami. Jika kamu punya pandangan yang lain atau tambahan tentang film ini, sampaikan di kolom komentar ya!

Sending
User Review
0% ( votes)
fauzan

Menulis apa yang ingin ditulis Contact [email protected]