Categories
Lifestyle News

Jakarta Film Week Siap Hadir November 2021

Jakarta Film Week (JFW) resmi akan diluncurkan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan akan berlangsung pada 18-21 November mendatang. Sedangkan acara launching festival film ini akan digelar secara daring pada hari Rabu 25 Agustus.

Gumilar Ekalaya, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta yang menghadiri acara peluncuran JFW, berharap agar festival film ini dapat menguatkan kembali industri perfilman Indonesia karena memiliki potensi besar di industri film dunia.

pembukaan Jakarta Film Week
via Mariviu

Menjadi festival bertaraf internasional , Jakarta Film Week diharapkan dapat menjadi wadah penguatan kemampuan dan pengetahuan pelaku industri film Indonesia tentang teknologi baru dunia film agar bisa beradaptasi dan menjawab tantangan baru dalam dunia perfilman.

Jakarta Film Week juga ingin mengajak para sineas untuk beradaptasi dengan berbagai tantangan dan bentuk baru sebagai upaya bersama membangun kembali industri film,”

tambah Rina Damayanti, Direktur Festival Jakarta Film Week.

Ada dua program utama dalam festival ini. Pertama, pemutaran film panjang dan film pendek dari Indonesia dan internasional yang akan dibagi menjadi dua kategori, yaitu kompetisi dan non kompetisi. Pembuat film dapat mendaftarkan karyanya paling lambat 30 September 2021.

Program kedua adalah program non pemutaran yang akan berisi Jakarta Film Fund, Masterclass, Community serta Exebition dan Showcase.

Jakarta Film Fund merupakan kompetisi ide cerita khusus untuk warga DKI Jakarta yang pendaftarannya akan ditutup pada 12 September mendatang. Pemenang akan mendapatkan dana produksi sebesar Rp 30 juta, mentoring, dan penayangan film di festival pada November mendatang.

Sedangkan dalam acara Masterclass, akan ada narasumber berpengalaman di industri film internasional.

speaker dalam Jakarta Film Week
via Mariviu

Lewat program pemutaran dan non pemutaran tersebut, diharapkan festival film ini bisa menjadi wadah pengembangan wawasan dan jaringan oleh pelaku industri film Indonesia dan menjadi tempat bertukar pengetahuan dengan para ahli berpengalaman di industri film internasional.

BACA JUGA  Rayakan Kemerdekaan dengan Voucher iQiyi, Gratis Nonton Pake Akun VIP

Lebih jauh lagi, festival ini nantinya diharapkan menjadi wadah bagi pelaku perfilman Indonesia, terutama Jakarta untuk berkembang lebih bagus lagi demi meningkatkan kualitas industri perfilman Indonesia secara keseluruhan.

Informasi lebih lanjut mengenai Jakarta Film Week bisa diakses di laman www.jakartafilmweek.com.

By Haris Syukri

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.

Leave a Reply