Categories
Review Serial TV

Review Serial What If…? Episode 3 (2021): Thriller yang Berakhir Boring

Setelah episode haru dengan Chadwick Boseman, serial What If…? episode 3 mulai mengeksplorasi cerita parallel mengenai The World Mightiest Superhero: mengungkap cerita lain bagaimana jika proyek Avengers tidak pernah terjadi.

Episode kali ini dibuka dengan meninggalnya calon anggota Avengers, Tony Stark (Mike Wingert), Thor, Clint Barton (Jeremy Renner), bahkan Bruce Banner (Mark Ruffalo). Mereka meninggal ketika Nick Fury (Samuel L. Jackson) sedang merekrut Tony Stark untuk proyek Avengers.

What-if Nick Fury
via Disney+

Fury dan Natasha Romanoff (Lake Bell) mulai menyelidiki siapa yang membunuh calon Avengers tersebut. Masalah semakin pelik ketika God of Mischief Loki (Tom Hiddleston) datang bersama pasukan Asgard ke Bumi untuk mencari dalang pembunuh Thor.

Kisah Marvel yang penuh suspense

Episode ketiga dibuka dengan scene dari Iron Man 2 (2010) dimana Nick Fury dan Natasha Romanoff menemui Tony Stark untuk mengajaknya masuk ke proyek Avengers. Tapi berbeda dengan versi film, antidote yang diberikan kepada Tony malah membunuhnya.

Iron Man What If episode 3
via Disney+

Adegan demi adegan cukup berbeda dibandingkan versi film. Dan perubahan ini terjadi karena Hope van Dyne, anak dari Hank Pym yang terbunuh setelah ia menjadi agen S.H.I.E.L.D. Pym akhirnya mencoba merusak proyek Avengers dengan membunuh pada kandidatnya.

Kisah demi kisah, nuansa thriller dengan cerita yang lebih gelap dibandingkan versi filmnya semakin terasa. Mulai dari terbunuhnya Thor yang mengambil adegan dari film Thor (2011), hingga akhirnya sang pembunuh misterius terungkap di akhir cerita.

Clint Barton Hawkeye What If
via Disney+

Sejak awal, pembunuhan yang berlangsung secara cepat dan misterius memberikan kesan suspense yang kuat. Menghadirkan third act yang tetap mengesankan meski terganggu dengan pace dan pengembangan plot yang dibuat terlalu cepat.

Kemunculan villain asli di third act cerita cukup mengejutkan. Menunjukkan ada lebih banyak narasi yang lebih mencengangkan yang bisa ditemukan dalam semesta Marvel. Walaupun cerita kali ini terasa tidak begitu menancap di pikiran. Atau mungkin karena emosi negatif yang sangat berbeda dari keseluruhan film Marvel sebelumnya?

BACA JUGA  Deadpool dalam Marvel Cinematic Universe di Post-Credit Black Widow?

Kisah Avengers dalam 30 menit

Selain menghadirkan berbagai scene penting dalam sejarah MCU, episode kali ini juga membawa kembali beberapa aktor penting yang turut membangun popularitas superhero Marvel, mulai dari Samuel L. Jackson, Jeremy Renner, Mark Ruffalo, Tom Hiddleston, hingga Clark Gregg.

Bahkan popularitas agen S.H.I.E.L.D yang awalnya meninggal pada Battle of New York oleh Loki di The Avengers (2012) sempat memuncak setelah ia kembali sebagai karakter utama dalam serial televisi Agent of S.H.I.E.L.D (2013 – 2020).

What If Loki
via Disney+

But you can’t have everything you wanted. Ada beberapa nama besar yang akhirnya diganti, seperti Robert Downey Jr. dan Scarlett Johansson. Tapi seluruh cast dalam episode kali ini tetap memberikan kesan Avengers yang tak tergantikan.

Dengan dengan barisan peti mati terlihat pada akhir episode, What If menunjukkan betapa terancamnya dunia akan kematian Avengers. Apalagi ketika dunia mendapatkan ancaman kelas kakap seperti Loki, atau Thanos nantinya.

serial What If...? episode 3
via Marvel

Jika dua episode sebelumnya fokus pada satu karakter saja, maka episode ketiga memberikan ruang yang lebih besar untuk eksplorasi. Bahkan bisa dibilang membutuhkan lebih banyak informasi yang diberikan untuk mencerna kejadian-kejadian yang terjadi.

What If…? episode 3 mengungkap bagaimana potensi besar yang bisa ditawarkan oleh semesta alternatif Marvel bagi penggemar umum. Namun sayangnya plot yang kompleks dalam waktu setengah jam bisa menjadi pedang bermata dua: mengagumkan atau membingungkan. Episode kali ini adalah yang kedua.

Genre: Animasi, Aksi

Sutradara: Bryan Andrews

Penulis Naskah: A.C. Bradley

Pengisi Suara: Jeffrey Wright, Samuel L. Jackson, Lake Bell, Jeremy Renner, Michael Douglas

Rekomendasi Serial TV
7/10

Summary

What If…? episode 3 mengungkap bagaimana potensi besar yang bisa ditawarkan oleh semesta alternatif Marvel bagi penggemar umum. Namun sayangnya plot yang kompleks dalam waktu setengah jam bisa menjadi pedang bermata dua: mengagumkan atau membingungkan. Episode kali ini adalah yang kedua.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply