Having a Bad Day? 10 Film Terbaik untuk Jiwa-Jiwa yang Butuh Kehangatan

menonton film

Having a bad day? Atau feeling blue? Tidak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan membaca buku untuk menghilangkan perasaan galau. Tetapi jika buku terlalu mahal untuk dimiliki, menonton film yang membangkitkan semangat juga bisa mengusir perasaan galau. Masih bingung mau menonton film apa? Mariviu siap rekomendasikan 10 film terbaik yang cocok untuk untuk hari biru kamu.

1. The Wizard of Oz (1939)

Sutradara: Victor Fleming, George Cukor, Mervyn LeRoy, King Vidor, dan Norman Taurog

Pemeran: Judy Garland, Frank Morgan, Ray Bolger, Bert Lahr, Jack Haley, Billy Burke, dan Margaret Hamilton

film terbaik klasik The Wizard of Oz
via Metro Goldwyn Mayer

Kekuatan abadi The Wizard of Oz adalah keajaiban. Bukan hanya karena produksinya yang terkenal diganggu oleh bencana demi bencana, namun yang dihasilkan adalah sebuah fantasi musikal yang menakjubkan, bahkan hingga hari ini. Ceritanya? Tidak perlu dijelaskan lagi karena film ini merupakan salah satu film terbaik yang sering diputar di TV Indonesia. Kenapa ada dalam daftar ini? Karena film ini pantas untuk kalian tonton lagi dan lagi, dengan lagu yang tetap menarik serta cerita yang mengajarkan keberanian dan kebaikan.

2. Singin’ in the Rain (1952)

Sutradara: Gene Kelly, Stanley Donen

Pemeran: Gene Kelly, Debbie Reynolds, Donald O-Connor, Jean Hagen, dan Cyd Charisse

film terbaik musikal Singin' in the Rain
via Metro Goldwyn Mayer

Klasik. Kisah dari Golden Age Hollywood ini adalah salah satu film musikal terbaik yang pernah dibuat, bahkan film layar lebar terbaik di Hollywood. Bercerita di masa transisi dari film bisu menjadi film bersuara, Lina yang tidak bisa bernyanyi akhirnya suaranya dinyanyikan oleh Kathy, seorang aktris muda yang disewa untuk merekam suaranya. Adegan yang mengagumkan, desain spektakuler, serta musik dan dance di dalam film terlalu fenomenal untuk dilupakan.

3. The Princess Bride (1987)

Sutradara: Rob Reiner

Pemeran: Cary Elwes, Robin Wright, Mandy Patinkin, Chris Sarandon, dan Christopher Guest

film terbaik The Princess Bride
via 20th Century Fox

Salah satu film romantis legendaris yang tak lekang oleh masa. Penuh dengan adegan romantis dengan unsur komedi yang pas. Sebuah dongeng petualangan tentang seorang wanita muda dengan satu-satunya cinta sejatinya. Berdasarkan novel dari William Goldman dengan judul yang sama, film yang memberikan harapan bahwa di saat-saat tergelap di hidup Anda, masih ada kehangatan, kelucuan, dan kekuatan yang bisa membantu Anda.

4. Aladdin (1992)

Sutradara: Ron Clements, John Musker

PemainL Scott Weinger, Linda Larkin, Robin Williams, Jonathan Freeman, Frank Welker, dan Gillberg Gottfried

film terbaik animasi Aladdin
via Disney

Meskipun film ini akan mendapatkan reboot live-action tahun ini, sulit untuk meninggalkan versi animasi yang memberikan sentuhan emosional dan komedi yang pas. Kisah klasik di padang pasir tentang sihir dan sang putri, Aladdin terkenal karena memiliki semua yang dibutuhkan sebuah film yang menyenangkan untuk ditonton. Mulai dari protagonis dengan keterbatasannya jatuh cinta pada sang putri, karpet terbang, monyet pencuri, dan jin yang lucu (hail Robin Williams!), film ini sangat cocok ditonton ketika sendu.

5. Clueless (1995)

Sutradara: Amy Heckerling

Pemeran: Alicia Silverstone, Stacey Dash, Paul Rudd, dan Brittany Murphy

Clueless Paul Rudd
via Paramount Pictures

Clueless merupakan salah satu drama komedi yang menghiasi tahun 90-an. Mudah disukai, Clueless adalah komedi situasi dengan cerita yang tajam dari penulis sekaligus sutradara Amy Heckerling. Dibintangi oleh Alicia Silverstone, Stacey Dash, serta Paul Rudd yang masih sangat muda dibuat berdasarkan novel Jane Austen berjudul Emma (1815), namun dibuat dalam versi modern di Beverly Hills.

6. The Birdcage (1996)

Sutradara: Mike Nichols

Pemeran: Robin Williams, Nathan Lane, Diane Wiest, Gene Hackman, Hank Azaria, dan Calista Flockheart.

The Birdcage dari Robin Williams
via United Artist

Salah satu film dengan banyak bintang bertaburan di dalamnya. Film ini mengajarkan kita banyak hal, salah satunya adalah dengan menghormati gaya hidup yang tidak kita pahami dan menghormati orang-orang yang melakukannya. Sebuah komedi brilian dari dua lelaki gay yang berpura-pura menjadi keluarga konvensional dimana Robin Williams sedang menikmati masa jayanya ketika menjalani peran di film ini.

7. Rushmore (1998)

Sutradara: Wes Anderson

Pemeran: Jason Schwartzman, Bill Murray, Olivia Williams, dan Luke Wilson

Rushmore film terbaik Wes Amderson
via Buena Vista Pictures

Meskipun saat ini booming setelah upaya ambisiusnya dengan Moonrise Kingdom dan The Grand Budapest Hotel, film ini merupakan contoh lain dari optimisme Anderson dalam karya-karyanya. Menampilkan Jason Schwartzman sebagai Fischer muda, ode Anderson untuk masa-masa sekolahnya, mengembangkan keterikatan dengan guru misterius dan persahabatan dengan pengusaha lokal sekelas Bill Murray, menghasilkan cerita remaja yang menyenangkan, lucu, dan mengharukan.

8. Amelie (2001)

Sutradara: Jean-Pierre Jenuet

Pemeran: Audrey Tautou, Mathiu Kassovitz, Serge Merlin, Jamel Debbouze, dan Lorella Cravotta

Amelie film terbaik Prancis
via UGC-Fox

Amelie mengajarkan kita bahwa manusia bukanlah dari apa yang mereka beli atau dikonsumsi, tetapi apa yang bisa kita lakukan. Film ini menunjukan keistimewaan kemanusiaan dan romansa dari Jean-Pierre Jenuet di mana protagonis kita berusaha untuk memperbaiki orang-orang yang rusak di sekitarnya. Melalui lensa Jenuet, kita bisa melihat Paris yang penuh kebahagiaan dengan musik yang magis dan menghanyutkan.

9. School of Rock (2003)

Sutradara: Richard Linklater

Pemeran: Jack Black, Joan Cusack, Mike White, dan Sarah Silverman

Jake Black dalam film terbaik School of Rock
via Paramount Pictures

Salah satu film yang memperkenalkan musik rock dengan cara yang mudah dimengerti. Dipimpin oleh Jack Black yang memesona, film ini menceritakan tentang seorang yang terobsesi dengan musik dan akhirnya mengajari music rock pada sebuah sekolah musik. Penuh dengan lagu-lagu rock legendaris, School of Rock adalah salah satu film musikal yang tidak resmi pada masanya, tentunya dengan beberapa adegan komedi yang ditulis dengan menarik dan sederhana.

10. Sing Street (2016)

Sutradara: John Carney

Pemeran: Lucy Boynton, Maria Doyle Kennedy, Aidan Gillen, Jack Reynor, dan Kelly Thorton

Sing Street
via Lionsgate

Tak ada yang pernah salah dengan tahun 80-an serta musik dan cerita yang berkualis menjadikan film ini sebagai salah satu film musikal terbaik pada masanya. Salah satu film terbaik dari sutradara John Carney yang pernah membuat Begin Again ini menceritakan tentang remaja laki-laki asal Irlandia yang ingin membuat sebuah band untuk mengesankan seorang gadis. Dan musik yang ditampilkan adalah versi modern dari Duran-Duran dan The Cure. Kisah cinta remaja untuk menemukan siapa dirinya, menghindar dari realitas keras kehidupan nyata.

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.