Categories
Film List

10 Cerita Asli Captain Marvel yang Belum Dijelaskan dalam Versi Filmnya

Setelah menjadi pemasukan baru untuk Marvel dan Disney meskipun sempat mendapatkan bomb review, film superhero solo wanita teranyar Marvel Comics telah memperkenalkan Carol Danvers dalam Marvel Cinematic Universe. Dalam lima puluh tahun sejarahnya, ada banyak cerita asli Captain Marvel yang belum dijelaskan dalam MCU, meskipun sebagian besar sudah dijelaskan tetapi dalam bentuk yang berbeda dari versi komiknya. Diperkenalkan pada Marvel Super Heroes #13 tahun 1968, berikut 10 hal tentang Carol Danvers yang hilang dari film pertamanya.

10. Apartemennya berada di dalam Patung Liberty

tempat tinggal Captain Marvel
via Marvel

Sebagai ucapan terima kasih dari Walikota J. Jonah Jameson (yap, bos Peter Parker ini pernah menjadi walikota New York), Carol Danvers mendapatkan tempat tinggal yang berada di dalam Patung Liberty. Berbeda dari kebanyakan orang, apartemen tersebut merupakan basis operasi yang sempurna untuk Danvers, sesuai dengan simbol kebebasan dan keadilan bersamaan dengan Liberty Enlightening the World.

9. Berasal dari Boston

asal usul cerita asli Captain Marvel
via Marvel

Dalam versi filmnya, tak banyak yang dijelaskan tentang masa lalu Carol Danvers, kecuali fotonya bersama ayahnya. Namun cerita asli Captain Marvel menjelaskan bahwa ia adalah putri dari Joe Danvers, Sr. mantan perwira Angkatan Laut AS dan pekerja kontruksi, sedangkan ibunya bernama Mari-Ell, seorang petarung dari bangsa Kree. Keduanya menikah dan melahirkan seorang putri bernama Car-Ell, “Juara” dalam bahasa Kree dan diubah menjadi Carol. Ia dilahirkan dan dibesarkan di pinggiran kota Beverly, di Boston.

8. Sahabat dekatnya Spider-Woman dan Jessica Jones

Captain Marvel, Jessica Jones, dan Spider-Woman
via Marvel

Sebenarnya Carol Danvers memiliki banyak teman dan sahabat. Bahkan ia bersahabat dekat dengan Monica Rambeau (Captain Marvel kedua, yang digambarkan sebagai anak dari Maria Rembau dalam versi film). Selain itu, ia juga berteman erat dengan Jessica Drew, sang Spider-Woman dan Jessica Jones. Dan dalam cerita yang lebih dalam, mereka saling bahu membahu membasmi kejahatan. Apakah akan menjadi cerita untuk Captain Marvel 2?

7. Pernah bergabung dalam Guardians of the Galaxy

Carol danvers bertemu Guardian of the Galaxy
via Marvel

Ketika berada dalam misi untuk mencari jati dirinya, ia berjalan-jalan bersama Chewie, kucingnya, di luar angkasa. Dalam perjalanananya, ia bergabung dengan tim petualang Guardians of the Galaxy. Namun tugasnya cukup singkat, ia muncul di Guardians of the Galaxy Vol. 3 edisi 23-25 dan akhirnya pergi akibat masalah mengenai Kree. Pertanda kehadirannya di Vol. 3 yang kembali dipimpin oleh James Gunn?

BACA JUGA  Inilah Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2019

6. Kemampuan Indra Ketujuh

cerita asli Carol Danvers
via Marvel

Berbeda dengan “spider sense”, kekuatan ini sebenarnya bagian dari kekuatan aslinya. Carol Danvers memiliki kemampuan “indra ketujuh”, semacam prekognisi yang akan mengingatkannua pada ancaman dan bahaya yang ada di dekatnya. Selama 50 tahun cerita komiknya, ia telah memperoleh dan kehilangan kemampuan lainnya selama bertahun-tahun, tetapi tetap mempertahankan kekuatan ini.

5. Terlibat dalam Civil War

Captain Marvel di Civil War
via Marvel

Mungkin karena masalah karakter yang belum diperkenalkan dalam MCU, namun Carol Danvers merupakan salah satu superhero yang terlibat dalam Civil War pertama. Berpihak pada Tony Stark yang berjuang agar semua pahlawan super melakukan pendaftaran pada pemerintah, Carol merasa kewajiban superhero adalah mengikuti pemerintah.

4. Kekuatannya diserap Rogue

Captain Marvel dan Rogue
via Marvel

Interaksi Captain Marvel dengan X-Men sering terjadi dalam dunia komik Marvel. Ketika ia pertama kali debut, Rogue merupakan bagian dari Brotherhood of Evil Mutants yang jahat bersama Mystique. Setelah beberapa superhero ditangkap, Mystique meyakinkan Rogue untuk menyerap kekuatan Ms. Marvel. Carol pun kehilangan kekuatannya untuk beberapa waktu, namun ia mendapatkan kekuatannya kembali berkat bantuan Profesor X. Hal ini membuat Carol dan Rogue berselisih selama beberapa waktu.

3. Pemimpin Alpha Flight

Carol Danvers sebagai pemimpin Alpha Flight
via Marvel

Sebagai bagian dari alur cerita “All-New, All-Different Marvel”, pasukan pahlawan penerbangan Aplha yang bersejarah mendapatkan reboot. Dipimpin oleh Captain Marvel, tim superhero Alpha mengambil alih peran S.W.O.R.D (agen perempuan dari S.H.I.E.L.D). Pengalamannya dalam perjalanan luar angkasa dan perangkat Angkatan Udara sebagai Major membuatnya menjadi pemimpin pasukan untuk mempertahankan planet dari invasi alien selama berbulan-bulan.

2. Identitas pahlawan lain

Carol Danvers sebagai Binary
via Marvel

Carol Danvers pernah mendapatkan berbagai julukan selama bertahun-tahun. Selain Ms. Marvel dan Captain Marvel, salah satu identitas pahlawan supernya adalah Binary, ketika ia memiliki kekuatan untuk memasuki “white hole”. Ia bisa meningkatkan kekuatannya, membuatnya bisa mengendalikan energi, cahaya, dan bahkan gravitasi. Dan baru-baru ini dalam versi komiknya, ia mendapatkan kembali identitas Captain Marvel setelah disetujui oleh Captain Marvel sebelumnya, Monica Rambeau.

BACA JUGA  7 Kekuatan Super Venom yang Tidak Dimiliki Spider-Man

1. Menjalin hubungan romantis dengan Spider-Man

Carol Danvers dan Peter Parker
via Marvel

Dalam salah satu kisah romantis Marvel Comics yang sering dilupakan, Peter Parker dan Carol Danvers sempat menjalin hubungan. Awalnya, Carol benci bekerja sama dengan Spider-Man di Avengers, menganggapnya menjengkelkan. Namun terkadang benci dengan mudah menjadi cinta. Setelah menolong Carol dalam perkelahian di dermaga, Peter mengajak Carol dalam kencan. Hubungan yang awkward awalnya, namun saling menghangatkan. Keduanya memutuskan hubungan romantis tersebut pada akhirnya.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply