novel yang cocok dibaca di musim hujan
List, Sastra

11 Novel yang Cocok Dibaca di Musim Hujan

Musim hujan akhirnya datang. Tak ada yang lebih menyenangkan dari bersandar di sofa (atau kasur) dan membaca cerita yang membuat kita berfantasi ditemani suasana dingin yang ditimbulkan hujan. Ketika membaca novel di kala hujan, bukan hanya Harry Potter, Sherlock Holmes, atau cerita-cerita misteri karangan Agatha Christie saja yang bisa kamu jadikan pilihan. Selain judul-judul tadi, berikut Mariviu berikan 11 novel yang cocok dibaca di musim hujan.

1. Thunderstruck – Elizabeth McCracken

Thunderstruck Elizabeth
via Amazon

Thunderstruck karya Elizabeth McCracken adalah salah satu novel yang cocok dibaca di musim hujan. Sang penulis dikenal sebagai seorang penulis yang mampu mencairkan realitas dan membawanya mengarungi waktu alternasi. Menggabungkan cerita fantasi dengan komedi di tempat yang tak terduga, Thunderstruck memiliki semua yang dibutuhkan untuk bersandar di sofa nyaman di kala hujan; keajaiban, misteri, dan sihir.

2. The Eden Express – Mark Vonnegut

The Eden Express Mark Vonnegut
via Amazon

Buah memang tak jatuh jauh dari pohonnya. Sebagai anak dari penulis terkenal, Kurt Vonnegut, The Eden Express menjadi memoar tersendiri dari Mark Vonnegut. Novel penuh kegilaan ini akan membawa pembaca ke neraka dan kembali lagi ke kehidupan nyata, membuat pembacanya mempertanyakan kewarasannya sendiri. Hal yang sempurna direnungkan pada malam gelap penuh badai.

3. Museum of Extraordinary Things – Alice Hoffman

The Museum of Extraordinary Things
via Amazon

Kisah percintaan, sihir, dan misteri saling bertubrukan memberikan romansa yang memukau tentang seorang penampil di sebuah pertunjukan orang aneh dengan seorang imigran Rusia. Berlatar di masa paling menggemparkan di New York, nada melankolis cerita The Museum of Extraordinary Things membuatnya menjadi salah satu novel yang cocok dibaca di musim hujan.

4. The Weight of Blood – Laura McHugh

The Weight of Blood
via Amazon

Menghabiskan waktu menikmati hujan dengan memecahkan misteri yang tersembunyi di Ozark Mountains bisa menjadi pengalaman yang mengasyikkan. Dengan protagonist Luzy, pembaca akan mencari tahu apa yang terjadi pada ibu dan teman dekatnya yang menghilang dalam waktu yang berbeda. Sebuah novel gloomy, cocok untuk hari yang gelap nan sendu.

5. All the Light We Cannot See – Anthony Doerr

All the Light We Cannot See
via Amazon

Romansa yang terjalin dari seorang gadis Prancis yang buta dan seorang anak laki-laki Jerman yang berubah menjadi prajurit selama pendudukan Jerman di Prancis pada Perang Dunia II berbaur sempurna dalam buku pemenang Pulitzer Awards dari Anthony Doerr. Kisah peperangan, harapan kehidupan, serta kemanusiaan menjadi novel di kala hujan yang menghangatkan.

6. Jonathan Strange & Mr. Norrell – Susanna Clarke

Jonathan Strange & Mr Norrell
via Amazon

Tidak hanya Harry Potter, tetapi novel karya Susanna Clarke ini akan memberikan kisah epik tentang dua sisi sihir yang berbeda di Inggris. Hadir dengan lebih dari 1.000 halaman, buku ini merupakan salah satu cara menikmati jatuhnya hujan pada siang maupun malam hari. Tak ada yang lebih dekat dengan hujan selain sihir dan Inggris, bukan?

7. The Blazing World – Siri Hustvedt

The Blazing World
via Amazon

Pengkhianatan, humor, feminisme, dan seni sangat jarang, jika pernah, dikombinasikan dengan apik dalam novel yang memukau dan psikologis tentang keinginan seorang wanita untuk menjadi artis terkenal. Menggunakan jurnal artis, kritik teman-temannya, prespektif ganda The Blazing World akan menuntun pembaca mengarungi intrik dunia keterkenalan hingga hujan reda.

8. All the Ways the World Can End – Abby Sher

All the Ways the World Can End
via Amazon

Eleanor terobsesi untuk menganalisis bagaimana kehidupan di bumi bisa berakhir. Dengan semua kejadian buruk yang menimpanya, ia masih mencari secercah harapan agar dunianya tidak ‘kiamat’. Dengan semua awan gelap dan penggambaran disaat-saat menunggu dunia berakhir, novel di kala hujan yang pas untuk menghabiskan waktu bersama bantal dan selimut kesayangan.

9. The Red Ribbon – Lucy Adlington

The Red Ribbon
via Amazon

Sebuah plot yang menegangkan tentang Ella, seorang gadis berusia 14 tahun yang bekerja sebagai penjahit pakaian di Birchwood, Auschwitz, ini menceritakan tentang kisahnya yang mengerikan; kebebasannya dipertaruhkan dengan kualitas baju yang dijahitnya. Cerita yang bisa membuat merinding dengan beberapa adegan dilakukan pada saat dingin dan hujan turun, bunyi hujan di luar hanya akan mengintensifkan imajinasi saat membacanya.

10. Mirror, Mirror – Cara Delevigne

Mirror Mirror Cara Delevigne

Ketika salah satu teman menghilang tiba-tiba, Red, Rose, Leo dan Naomi harus berkumpul menghadapi berbagai tantangan dan membuka rahasia gelap di pedalaman Sungai Thames. Siapa sangka aktris yang pernah bermain di Paper Town ini mampu menghadirkan bacaan yang menyenangkan dengan semua petualangannya?

11. The Language of Thorns – Leigh Bardugo

The Language of Horns novel dikala hujan
via Amazon

Dongeng, mitos dan legenda merupakan perpaduan yang apik untuk sebuah novel di kala hujan datang. Novel yang menghadirkan fairy tales berdarah khas Brothers Grimm serta pesan manis dalam setiap cerita ini menampilkan enam cerita pendek yang ditenun dengan sihir dan berbagai makhluk khas dongeng lainnya. Mulai dari hutan lapar, pangeran pemakan manusia, hingga kehadiran putri duyung, membacanya di kala hujan hanya akan meningkatkan pesona novel ini.

Semoga 11 novel yang cocok dibaca di musim hujan di atas dapat menjadi pilihan mengisi waktu luang di kala hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *