10 Film tentang Isolasi Terbaik Buat Kamu yang #DirumahAja

Kapan lagi rebahan bisa menyelamatkan dunia!

Penyebaran wabah virus Corona masih terus meningkat. Karena itu, Pemerintah pusat dan daerah menyarankan bagi masyarakat agar berdiam diri di rumah untuk mengurangi penyebaran virus ini. Menemani kamu selama #DirumahAja, Mariviu membagikan beberapa film tentang isolasi terbaik yang bisa kamu tonton di kala senggang.

1. The Shinning (1980)

The Shinngin film tentang isolasi
via Warner Bros.

Versi sekuelnya, Doctor Sleep (2019), tak bisa menyaingi rasa menyeramkan yang dihadirkan oleh film ini. Ketika berbicara film tentang isolasi terbaik tak bisa mengabaikan The Shining. Film ini mengisahkan tentang masalah yang dialami keluarga Torrance ketika harus menjaga sebuah hotel di pegunungan yang terisolasi. Bahkan meme yang menggambarkan keluarga Torrance di dalam mobil pada saat masyarakat diharuskan untuk berdiam diri di rumah sempat viral beberapa waktu lalu.

2. The Breakfast Club (1985)

The Breakfast Club film tentang isolasi
via Universal Pictures

Siapa bilang terisolasi hanya menghasilkan rasa bosan? Butuh tontonan yang menyenangkan ketika berdiam diri di rumah, ada film komedi remaja The Breakfast Club yang bisa kamu pilih. Alur ceritanya cukup ringan, dimana lima orang remaja dihukum karena kebandelannya. Tapi semua bisa menjadi menyenangkan ketika menemukan teman yang bisa diandalkan. Ada banyak scene yang melegenda hingga saat ini.

3. Safe (1995)

Safe film tentang isolasi
via Sony Pictures Classics

Film drama psikologis ini merupakan salah satu film terbaik di masanya. Julianne Moore berperan sebagai Carol White, seorang ibu rumah tangga pada akhir 1980-an yang menderita penyakit misterius. Setelah dokter yang memeriksanya tidak dapat memberikan diagnosis yang jelas, Carol percaya bahwa dia memiliki alergi terhadap lingkungan yang sangat menakutkan.

4. Cast Away (2001)

Tom Hanks dikenal lebih dulu sebagai empunya social distancing ketika berperan sebagai Chuck Noland yang terdampar selama empat tahun di pulau yang tak berpenghuni. Noland adalah seorang pegawai FedEx yang terdampar setelah pesawat yang ditumpanginya jatuh karena badai. Peran apik Hanks di film ini membuatnya meraih Golden Globe untuk Best Actor.

5. Panic Room (2002)

Film pertama David Fincher setelah sukses menghadirkan isu materialisme dalam Fight Club (1999). Sesuai dengan namanya, Panic Room mengisahkan tentang ibu dan anak Meg dan Sarah (diperankan Jodie Foster dan Kristen Stewart) yang harus bersembunyi di dalam rumah ketika penyusup masuk ke dalam rumah mereka. Permainan kejar-kejaran di dalam rumah yang agak bisa diprediksi. Tapi kelihaian Fincher menghadirkan thriller membuatnya menjadi film berkualitas untuk ditonton.

6. 127 Hours (2010)

Film tentang isolasi yang melambungkan nama James Franco sebagai salah satu aktor yang patut diperhitungkan kala itu. Franco memerankan Aron Ralston, seorang pendaki gunung yang sedang berpetualangan sendirian di Utah. Syangnya, dia akhirnya terjebak di antara bebatuan dan harus mencari cara untuk menyelematkan diri yang terperangkap selama 127 jam.

7. Buried (2010)

Jika kamu merasa memiliki ketakutan berada di tempat tertutup atau klaustrofobia, sebaiknya kamu menghindari menonton film ini. Premisnya sederhana; seorang pengemudi truk bernama Paul (diperankan oleh Ryan Reynolds) terbangun di sebuah peti mati di bawah tanah. Tak ada yang bisa dilakukan selain menggunakan korek api untuk penerangan dan mencari bantuan dengan sebuah telepon seluler.

8. The Martian (2015)

Bukan di Bumi, Matt Damon harus melakukan social distancing di Mars. Film yang diangkat dari novel karya Andy Weir ini mengisahkan tetang Mark Watney (Damon) yang ditinggalkan setelah dianggap meninggal dalam sebuah badai di Mars. Dia harus memanfaatkan semua perlengkapan yang ada untuk menemukan cara bertahan hidup di planet mematikan tersebut.

9. Room (2016)

Nama besar Brie Larson lebih dulu bersinar bahkan sebelum dia memerankan Carol Danvers dalam Marvel Cinematic Universe. Ia memerankan Joy Newman yang diculik dan dikurung selama tujuh tahun. Film ini mengisahkan perjalanan hidupnya dengan sang putra (5 tahun) yang lahir selama dia di dalam kurungan. Kualitas akting Larson membuatnya memenangkan Best Actress dalam Academy Awards.

10. The Lighthouse (2019)

Jauh setelah memerankan karakter vampir “blink-blink,” Robert Pattinson seakan bersinar kembali dalam film horor psikologis ini. Pattinson dan Willem Dafoe merupakan dua orang penjaga mercusuar yang harus mempertahankan kewarasan mereka saat tinggal di sebuah pulau di New England yang terpencil dan misterius pada tahun 1890-an. Satu lagi film keren yang diproduksi oleh A24 setelah Lady Bird (2017) dan Midsommar (2019).

Membongkar kembali tontonan-tontonan lama bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kebosanan ketika sedang menjalani imbauan social distancing di rumah. Selain 10 film tentang isolasi terbaik di atas, film apa saja yang menurut kamu pantas untuk ditonton selama #DirumahAja?

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.