Review Serial Sex Education Season 2: Lebih Luas, Lebih Asyik

otis eric dalam sex education season 2

Masih mengikuti cerita Otis, Maeve, dan Eric di SMA Moredale, Sex Education season 2 tetap menghadirkan kisah seputar remaja dan segala permasalahannya yang disampaikan dengan santai, lucu, menyentuh, dan tentu saja blak-blakan seperti season pertamanya. Hanya saja, kali ini para bintangnya tampil lebih matang dan isu yang disentuh juga jauh lebih luas.

Sinopsis Sex Education Season 2

Di awal season 2 ini kita melihat Otis mengeksplorasi kebutuhan seksualnya yang akhirnya ia temukan di akhir season 1. Tapi kebiasaan barunya ini perlahan menimbulkan masalah. Sama dengan Otis, teman-temannya yang lain juga mencoba mengenali sisi lain dari diri mereka.

Sejak season perdananya, Sex Education memang selalu bisa memberi porsi yang pas untuk masing-masing karakternya. Serial ini tidak selalu tentang Otis, Maeve, atau Eric. Ada Jackson, Lily, Ola, bahkan para guru dan orang tua yang cerita mereka tidak kalah menarik.

review sex education season 2
Via IMDb

Perkembangan karakter

Setiap karakter memiliki kisah masing-masing dan perkembangan karakter mereka di sepanjang season 2 menyinggung berbagai permasalahan yang kerap muncul dan juga sedang hangat di sekitar kita, terutama di sekitar remaja. Mulai dari orientasi seksual, konsen, norma, hingga hubungan anak dan orang tua semua digali dalam season ini.

Karakter yang mengalami perkembangan paling menarik di season 2 ini adalah Adam. Kisahnya seperti “redemption arc” karakter anime. Ia mencoba menebus segala dosanya di masa lalu sekaligus mencari jati dirinya. Connor Swindells yang memerankan Adam tampil bagus. Ia masih terlihat seperti remaja bodoh katrok yang jahat, tapi berusaha untuk berubah menjadi teman, kekasih, dan anak yang lebih baik.

Kisah cinta yang manis-manis lucu

Tentunya masalah remaja yang dihadirkan dalam Sex Education season 2 ini tidak hanya tentang seksualitas, tapi juga percintaan. Bisa ditebak, kisah asmara yang paling menarik adalah yang dialami Otis, Maev, dan Eric.

Ada masalah yang harus mereka selesaikan baik itu yang mereka sadari ataupun tidak agar bisa bersatu dengan love interest masing-masing. Dan romansa mereka dibawakan dengan manis-manis lucu, khas Sex Education.

review sex education season 2
Via IMDb

Edukasi seks berbalut cerita remaja

Satu lagi yang berhasil dipertahankan di serial orisinal Netflix ini adalah tetap memosisikan diri sebagai alat pendidikan seks dengan balutan cerita remaja.

Salah satu alasan pendidikan seks dianggap tabu di Indonesia adalah karena dipandang bisa menyebabkan pergaulan bebas. Dan jika hanya dilihat sekilas saja, bisa dibilang begitu pula dengan serial Sex Education.

Sejak season pertamanya, Sex Education telah menampilkan remaja yang sedang ingin-inginnya mencoba hal baru, terutama tentang seksualitas. Mereka cuddle-cuddle hingga mantap-mantap. Pastinya anggapan bahwa serial ini bisa merangsang remaja untuk melanggar norma di Indonesia akan muncul, itu jika hanya fokus melihat adegan-adegan vulgarnya saja.

Padahal, jika dilihat lebih dalam lagi, serial ini memosisikan diri sebagai alat untuk meningkatkan kesadaran penonton, khususnya remaja, tentang seks.

Sex Education tidak mencoba menggalakkan seks bebas ataupun melarangnya. Semua adegan kenakalan remaja bisa ditampilkan dengan netral, tidak memiliki kesan keren, rebel, atau norak.

“Kenakalan” remaja digambarkan sebagai bentuk atau bukti bahwa rasa ingin tahu remaja tidak bisa dibendung. Dan serial ini mencoba untuk memberikan pencerahan tentang semua hal tersebut.

Seksualitas tidak hanya tentang ena-ena saja. Jika ingin melakukan hal-hal berbau seks, maka juga harus memperhatikan hal lain, seperti konsen, konsekuensi, dan juga hubungan mutual yang tak kalah penting.

Secara keseluruhan, serial Sex Education season 2 berhasil mempertahankan keunikannya yang membuat serial ini begitu menarik. Tapi dengan menyentuh isu-isu yang lebih luas.

Rating: 9/10

Genre: Drama, Comedy, Romance

Episode: 8 episode

Creator: Laurie Nunn

Bintang: Asa ButterfieldGillian AndersonNcuti Gatwa

Review Overview
  • 9/10
    Bagus banget! - 9/10
9/10

Summary

Sex Education season 2 berhasil meneruskan kesuksesan season pertamanya dengan mempertahankan hal-hal yang membuat serial ini begitu menarik. Tapi kali ini dengan menyentuh isu-isu yang lebih luas.

Sending
User Review
0/10 ( votes)
Haris Syukri

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.