5 Masterpiece Queen Sebelum Bohemian Rhapsody

Kisah perjalanan karir band legendaris asal Inggris, Queen, akhirnya akan difilmkan! Bryan Singer dan Dexter Fletcher sebagai sutradara film ini menggaet aktor Rami Malek yang dipercayakan untuk memerankan karakter Freddie Mercury, sosok vokalis Queen yang dikenal dengan kharismanya ketika bernyanyi dan kejeniusannya dalam menciptakan musik dan lagu.

Aktor Rami Malek berperan sebagai Freddie Mercury dalam film Bohemian Rhapsody

Rami Malek sebagai Freddie Mercury dalam film Bohemian Rhapsody via 20th Century Pox

Sebut saja lagu timeless favorite semua orang, Bohemian Rhapsody. Judul lagu ini sekaligus menjadi judul film biopic Fredie Mercury yang akan tayang pertama kali pada bulan November mendatang. Lagu ini merupakan hasil pemikiran jenius dari Freddie Mercury yang dirilis oleh Queen bersamaan dengan lagu-lagu ‘gila’ lainnya dalam album A Night at The Opera pada tahun 1975. Lagu-lagu Queen yang paling banyak dikenal lainnya seperti Love of My Life, You’re My Bestfriend, dan Seaside Rendezvous juga ada dalam tracklist album ini.

Album A Night at the Opera merupakan album kedua dari Queen yang berhasil mengantarkan mereka ke dalam gemerlapnya kesuksesan dunia musik. Popularitas Queen melejit pesat ketika album ini dirilis. Antusias penggemar sangat massive dan pendengar mereka menjadi semakin bertambah banyak.

Live Concert Queen dengan lagu Bohemian Rhapsody

Queen saat tampil Live Concert membawakan lagu Bohemian Rhapsody via Waaf

Namun, ditilik dari jejak sebelumnya, album perdana Queen Sheer Heart Attack (1974) tidak kalah menarik untuk didengarkan. Dan jika didengarkan lebih teliti lagi, beberapa lagu dalam album yang dirilis satu tahun lebih cepat dari album A Night at the Opera ini memiliki warna yang mirip. Baik dari segi aransemen musik juga bahkan beberapa penggalan-penggalan liriknya.

Cover album Sheer Heart Attack Queen

Cover album perdana Queen Sheer Heart Attack via Amazon

Berikut adalah 5 masterpiece Queen yang lahir sebelum Bohemian Rhapsody:

5. Lily of The Valley

Feddie sebagai penulis lagu mengandalkan alunan lembut permainan piano dan vokal suaranya yang khas dalam lagu ini. Lagu yang berdurasi singkat ini masih mengusung genre rock namun dipresentasikan dengan slow dan tidak berisik. Penggalan lirik lagu Lily of The Valley:

I am forever searching high and low

But why does everybody tell me no

Neptu’ne of the seas an answer for me please

The lily of the valley doesn’t know”

 

4. Now I’m Here

“Now I’m here, now I’m here, now I’m here

Now I’m there, now I’m there, now I’m there

I’m just a, just a new man!

Yes, you made me live again”

Sebuah lagu dengan melodi gitar yang sangat familiar untuk para penikmat lagu-lagu Queen. Beat yang cukup cepat membuat pendengar bersemangat ketika mendengarkan lagu ini.

 

3. Flick of The Wrist

Lagu lainnya dari garapan Freddie Mercury ini banyak dinilai sebagai kritikan Freddie terhadap ‘day job’ atau sistem kapitalisme. Masih mengandalkan kata-kata yang tidak biasa pada lirik-lirik lagunya, lagu ini menjadi masterpiece Queen yang wajib didengarkan.

“Intoxicate your brain with what I’m saying

If not you’ll lie in knee-deep trouble

Prostitute yourself he says

Castrate your human pride, ooh ooh ooh

Sacrifice your leisure days

Let me squeeze you till you’ve dried”

 

2. In The Lap of God

Pengulangan kata-kata yang terdapat dalam penggalan lirik dalam lagu ini tidak menjadikannya membosankan untuk didengar. Pengulangan frasa “in the lap of god” yang didengar sejak chorus lagu sampai outro menjadikan potongan lirik pada lagu ini sebagai suatu penekanan yang ingin disampaikan. Lagu ini juga merupakan tulisan dari Freddie yang juga tak lupa memberikan sentuhan nada pianonya.

 

1. Killer Queen

Menurut saya, lagu ini adalah lagu yang sangat mirip ‘kekayaan’-nya dengan musik dalam lagu Bohemian Rhapsody. Sama dengan judulnya lagu ini sangat ‘killer’. Lagu ini merupakan masterpiece wajib yang pastinya harus diketahui dan didengar oleh para pecinta Queen.

“She’s a Killer Queen
Gunpowder, gelatin
Dynamite with a laser beam
Guaranteed to blow your mind
Anytime”

 

Proses Queen menuju Bohemian Rhapsody ternyata sudah bisa dirasakan dari album sebelum lagu tersebut dirilis dengan mendengarkan beberapa lagu dari album sebelumnya. Film Bohemian Rhapsody sepertinya akan memaparkan sedikit banyaknya perjalanan band legend ini dalam proses kreatif mereka memproduksi karya-karya brilian. Melihat trailer film yang sudah dirilis pada bulan Mei lalu, menjadikan film ini masuk dalam daftar film yang paling ditunggu tahun ini!

 

Penyuka musik. Talk to me everything about music, and I'll be your friend.

Leave a Reply