Siapa Bilang Disney Selalu Ceria? Ini 10 Film Horor Disney untuk Tontonan Halloween Kamu

Saat Disney tak lagi menciptakan nada-nada ceria

cover film horor Disney

Disney selalu identik dengan film-film bertema bahagia dan tone yang ceria. Tapi, ada kalanya perusahaan entertainment ini pun pernah membuat film horor. Tak perlu susah-susah, ada 10 film horor Disney yang bisa menjadi tontonan pada Halloween berdasarkan Screen Rant. Mulai dari serial animasi hingga cerita untuk anak-anak yang bahkan menakutkan bagi penonton dewasa. Apa saja ya?

10. The Legend of Sleepy Hollow (1949)

The Legend of Sleepy Hollow
via Disney

Halloween tak akan lengkap jika belum mengikutsertakan film klasik ini. Tidak hanya salah satu adaptasi yang akurat, Sleepy Hollow pun menjadi perlambangan kartun gothic. Meskipun dengan komedi yang ditawarkan, film ini cukup menyeramkan untuk Disney. Untuk anak-anak, Headless Horseman bisa menjadi mimpi buruk.

9. Frankenweenie (2012)

Frankenweenie film horor Disney
via Disney

Ketika sisi Disney yang indah dan penuh pesan moral bergabung dengan sutradara jenius nan eksentrik Tim Burton, maka jadilah Frankenweenie. Terinspirasi oleh film pendek Disney yang dianggap “terlalu gelap”, studio ini memutuskan untuk menjadikan Frankenweenie film panjang. Di samping Corpse Bride (2005), film ini mungkin karya terbaik Tim Burton; dengan narasi menawan dari anak laki-laki dengan anjingnya, referensi monster klasik, dan gambar rancangan Burton yang menakutkan.

8. Hocus Pocus (1993)

Hocus Pocus 1993
via Disney

Bisa dibilang film ini lebih berupa komedi dibandingkan film horor. Tapi mempertimbangkan elemen-elemen yang ada, film ini menjadi tontonan yang pas Halloween kali ini. Kakak beradik Sanderson adalah penyihir yang memangsa anak-anak, memotong kepala seorang gadis kecil, menggantungnya, dan kemudian dibakar hidup-hidup. Masih kurang menakutkan?

7. Pirates of Caribbean: Curse of the Black Pearl (2003)

Pirates of Carribean
via Disney

“Kamu sebaiknya mulai percaya pada cerita hantu, Nona Turner” penggalan dialog dari salah satu seri terhoror dari film yang menjadi pencapaian puncak karier Johnny Depp. Dengan jumpscare dan kutukan kuno, tak diragukan lagi bahwa film petualangan ini punya elemen horor di dalamnya.

6. Something Wicked this Way Comes (1983)

Wicked film horor Disney
via Disney

Berdasarkan novel mengerikan dari Ray Bradbury dengan skenario yang ditulis oleh penulisnya sendiri, tamasya menakutkan ini menceritakan kisah ketika sirkus jahat mengintai kota kecil. Tidak ada kematian, tidak ada darah, dan tidak ada adegan kekerasan yang berlebihan. Tetapi film ini tetap menghadirkan nuansa gelap, meskipun memang tak seseram novelnya.

5. Disney’s A Christmas Carol (2009)

A Christmas Carol film horor Disney
via Disney

Tidak hanya cocok untuk Natal, tapi animasi A Christmas Carol pun bisa dinikmati pada Halloween. Disney merupakan satu dari sedikit studio yang mengakui bahwa kisah klasik Charles Dickens adalah cerita hantu dulu, kisah Natal kedua. Teks aslinya bahkan menyebutkan A Christmas Carol sebagai “kisah hantu Natal”. Efek yang menawan dan visual menakutkan membuat kesan suramnya jelas terasa.

4. Don’t Look Under the Bed (1999)

Don't Look Under the Bed
via Disney

Satu-satunya film dari Disney Channel Original Movie terkenal karena faktor mengerikan yang tidak terduga. Ketika seorang remaja membangkitkan kemarahan Boogeyman yang mengerikan, dia harus bergabung dengan teman khayalan kakaknya untuk menyelamatkannya dari cengkraman Boogeyman. Plot standar, tetapi efek, visual, dan gambar bisa membuatmu bermimpi buruk.

3. Return to Oz (1985)

Return to Oz
via Disney

Ketika mendengar judul The Wizard of Oz (1939), kamu mungkin berpikir tentang sebuah film anak-anak yang ceria. Lalu, datanglah sekuelnya dengan berbagai keseraman sepanjang cerita. Bahkan ketika fantasi kelam ini baru pertama kali ditayangkan, para kritikus menyebutnya terlalu menakutkan. Tak percaya? Coba saja bandingkan dengan film pertamanya.

2. The Black Cauldron (1985)

film horor Disney
via Disney

Berbicara tentang film fantasi gelap, The Black Cauldron adalah pilihan pertama. Bisa dibilang salah satu film horor Disney ini adalah salah satu film tergelap yang pernah dihasilkan oleh Disney dan hampir mengakhiri Disney Animation Studios serta hampir mendapatkan rating R.

1. The Watcher in the Woods (1980)

via Disney

Dari semua film di daftar ini, film ini bisa dibilang yang paling menakutkan dan horor. The Watcher in the Woods adalah thriller paranormal dengan sedikit sentuhan sci-fi. Rumah berhantu dengan sejarah mengerikan, seorang gadis kecil menghilang, dan sesosok makhluk yang menguntit karakter utama membuat film ini cukup menakutkan, walaupun salah satu film horor Disney ini merupakan film ramah keluarga.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.