Informasi Orang Dalam: Sherlock Season 5 Mulai Proses Produksi dalam Waktu Dekat

Sherlock dan Watson

BBC tanpa diragukan lagi memiliki tayangan yang berkualitas, salah satunya adaptasi Sherlock Holmes zaman modern yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch dan Martin Freeman. Beberapa informasi menyebutkan Sherlock season 5 memang sedang dipersiapkan, dan mungkin saja, akan tayang lebih cepat dibandingkan perkiraan sebelumnya.

Para penggemar detektif fiksi karya Sir Arthur Conan Doyle ini memang dikejutkan dengan pernyataan bahwa season 4 disebut sebagai season terakhir dari serial TV Sherlock yang melambungkan nama Benedict Cumberbatch sebagai aktor kawakan yang mampu mengadaptasi karakteristik flamboyan dan narsistik dari Sherlock Holmes.

Sherlock season 5

via BBC

Namun, ternyata serial yang dinahkodai oleh Stephen Moffat dan Mark Gatiss ini akan kembali dengan season 5. Berita ini datang dari sumber yang tidak disangka-sangka. Bukan produser, sutradara, maupun sang aktor yang membeberkan rahasia Sherlock season 5 ini, tapi dari Chris Georgiou, pemilik Speedy’s Café yang ditampilkan dalam adegan eksterior apartemen Sherlock dan Watson.

Georgiou yang juga menyediakan makanan dan minuman bagi kru Sherlock mengatakan ia akhirnya dekat dengan mereka yang terlibat produksi. Saat diwawancarai oleh Time Out, ia menyebutkan bahwa produksi Sherlock akan dimulai lagi. “Saya mungkin tidak seharusnya mengatakan ini,” kata Georgiou kepada Time Out, “tapi saya dengar mereka akan kembali untuk musim kelima.”

adegan Speedy Cafe akan digunakan pada Sherlock season 5

Speedy Cafe via BBC

Masih belum jelas apa arti penyataan Georgiou tersebut. Ia juga tidak mengungkapkan bagaimana atau dari siapa informasi tersebut ia dapatkan. Namun, tidak ada kru produksi yang bisa dimintai keterangan lebih lanjut.

Saat ini, Stephen Moffat baru saja keluar dari produksi Doctor Who yang telah memasuki season 11. Sedangkan Gatiss masih terlihat sibuk untuk memulai proyek baru. Duo ini akan bekerja sama menghadirkan adaptasi sastra lainya, Dracula. Sedangkan Moffat sedang mempersiapkan adaptasi The Time Traveller’s Wife untuk HBO. Ditambah dengan jadwal yang sibuk dari sang aktor, penggemar mungkin tidak perlu berharap terlalu tinggi.

Februari lalu, Martin Freeman memberikan update untuk status Sherlock season 5, mengungkapkan bahwa ia belum mendengar apapun tentang kelanjutan serial tersebut. Ia juga menyebutkan sedang menikmati waktunya diluar perannya sebagai Watson.

Martin Freeman sebagai Watson dalam Sherlock

via BBC

“Maksud saya, saya pikir setelah season 4, kami semua ingin mengambil sedikit waktu hanya dari kegilaan,” katanya. “Orang-orang benar-benar menginginkan lebih banyak Sherlock. Saya pikir itu hebat. Saya sangat suka itu. Tetapi berbicara untuk diriku sendiri, aku cukup ingin beristirahat sejenak untuk itu. Ini sulit, karena ada begitu banyak harapan di serial itu, lebih dari apa pun yang pernah saya lakukan. Saya senang untuk beristirahat sejenak.”

Karena pernyataan tersebut dicuapkan beberapa bulan lalu, bisa jadi Martin Freeman akan kembali lebih cepat untuk produksi Sherlock terbaru. Pertanyaan sesungguhnya ada pada Benedict Cumberbatch yang laris manis setelah membintangi Sherlock. Setelah menyelesaikan Mowgli dan The Grinch, ia masih terlibat dalam berbagai proyek, seperti Brexit, Let it Fall Back, Ironbark, serta The Man in Rockefeller Suit.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.