Sera, Karakter Transgender Marvel Pertama yang Muncul dalam Seri Loki

Semesta Marvel semakin berkembang dengan hadirnya karakter baru!

karakter Sera dalam Marvel

Marvel mendapatkan banyak kritikan karena dianggap mengabaikan karakter LGBTQ+ dalam film-filmnya. Namun kehadiran Sera sebagai karakter transgender Marvel pertama diprediksi bisa meredakan kritikan tersebut. The GWW menyebutkan Marvel Studios sedang mencari aktor transgender perempuan yang diprediksi akan memerankan Sera.

Asal Usul Sera di Marvel Comics

Sera saat ini adalah satu-satunya perempuan sebagai karakter transgender Marvel. Kehadirannya selalu identik dalam alam semesta Thor. Maka tak heran jika karakter Sera akan diperkenalkan dalam serial Loki. Sebelumnya, Sera diperkirakan akan debut pada Thor: Love and Thunder.

Di dalam komik, Sera menjalin hubungan dengan Angela, saudara tiri Thor dan Loki yang telah lama hilang. Dia berasal dari kelompok malaikat tak bersayap yang dikenal sebagai Anorchites yang tinggal di Heven, bagian Realm Kesepuluh dalam semesta Marvel. Heven memiliki sejarah pertempuran dengan Asgard.

Angela dan Sera karakter transgender Marvel
via Marvel Comics

Sera pada awalnya hanya malaikat yang berada di dalam kuil Hierophants untuk berdoa bagi para malaikat yang mati tanpa memiliki jiwa. Keingintahuan membuatnya berlatih sihir secara rahasia. Sera akhirnya bisa melihat masa lalu, sekarang dan masa depan.

Dia menemukan sebuah tungku yang digunakan Hierophat untuk menggulingkan Ratu Malaikat. Ketika mengikuti Hierophant, dia tertangkap. Karena takut, dia akhirnya menggunakan mantra dan melemparkan Hierophant ke dalam tunggu dan membunuhnya.

Ketika monster ganas menyerang Kuil Anchorites, Sera bersiap menolong orang-orang yang berada di kuil tersebut. Di sanalah dia bertemu Angela, pemimpin perburuan monster yang berhasil membunuh monster setelah dibantu Sera. Karena itu, Angela mengeluarkan Sera dari kuil dan membawanya tinggal bersamanya di manornya.

Angela dan Sera karakter transgender Marvel
via Marvel Comics

Karakter Sera di Marvel Comics berbeda dengan pahlawan transgender lainnya, seperti Mystique. Sera dilahirkan secara biologis sebagai laki-laki, dan memulai transisinya menuju identitas. Seperti dalam Angela: Asgard’s Assasin #3 yang mengungkapkan asal-usulnya, “Aku selalu Sera”.

BACA JUGA  DC Umumkan Produksi Film Solo The Flash Mulai Tahun Depan

Berasal dari serial Angela

Karakter Sera dalam Marvel Comics tak lepas dari Angela, adiwara yang diciptakan oleh Neil Gaiman dan Digambar oleh Todd McFalrane. Pertama kali muncul sebagai antagonis dalam serial Spawn dan debut pada edisi #9 keluaran Maret 1993. Angela akhirnya memiliki serialnya sendiri, bekerja sebagai malaikat dan pemburu hadiah dan berlawanan dengan Spawn.

Angela saudara tiri Thor dan Loki
via Marvel Comics

Terjadi perebutan hak karakter antara McFalrane dan Gaiman yang dimenangkan oleh Gaiman. Gaiman akhirnya menjual hak atas karakter ke Marvel Comics. Angela muncul pertama kali dalam cerita komik ‘Age of Ultron’ tahun 2014.

Selama seri “Original Sin’, terungkap bahwa dia adalah Aldrif, putri Odin dan Freyja. Menjelaskan jati dirinya sebagai saudara perempuan Thor dan Loki. Dikisahkan bahwa Angela ‘terbunuh’ ketika masih menjadi bayi selama perang Asgard dengan Malaikat dari Realm Kesepuluh, Heven.

Sera diprediksi akan mendapatkan serialnya sendiri. Serial Angela ditulis dalam enam edisi terbatas pada Juli 2017 lalu. Namun sambutan hangat terhadap Sera dari penggemar komik menjadikannya salah satu kandidat kuat untuk mendapatkan serialnya sendiri.

cover Angela: Asgard Assasins
via Marvel Comics

Film Thor sebelumnya memperkenalkan penggemar kepada garis keturunan dewa, seperti Hela dan Surtur. Sehingga memperkenalkan Angela dan Sera menjadi lebih mudah. Kehadirannya di serial Loki bisa menjadi awal popularitasnya di Disney+.

Serial Loki menjelaskan apa yang terjadi saat dia melarikan diri dengan Tesseract ketika Captain America kembali ke masa lalu. Dilaporkan, Loki kembali ke masa lalu, sekitar tahun ‘70-an atau ‘80-an dan mengubah beberapa peristiwa bersejarah. Mengingat seri Marvel di Disney+ terhubung ke MCU, besar kemungkinan Loki muncul lagi di MCU.

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.