Review Searching (2018) – Thriller ‘Screen Movie’ Proyeksi Digitalisasi Dunia Nyata

Searching memberikan tayangan segar bagi penonton yang menginginkan sisi lain dari sebuah thriller. Diterima dengan baik saat debut pertama di Sundance Film Festival, berbagai review Searching mengungkapkan bagaimana kritikus memperkenalkan film ini sebagai sebuah thriller yang dikenal sebagai “screen movie” dari Aneesh Chaganty.

Premis awal Searching sama seperti thriller lain yang mirip dengan Taken, dimana sang ayah harus mencari anaknya yang hilang. Tapi yang membuat film ini berbeda adalah penggunaan layar sebagai pengantar cerita. Meskipun bukan hal baru – karena pernah digunakan sebelumnya oleh Timur Bekmambetov dalam Unfriended dan Unfriended: Dark Web – pemakaian teknik ini memberikan “kedekatan” cerita terhadap dunia nyata.

review Searching

via Bazelevs Entertainment

Searching menceritakan tentang seorang duda David Kim (John Cho) yang telah ditinggalkan sang istri, Pamela Nam Kim (Sara Sohn), karena penyakit kanker. Ia harus membesarkan sendiri anaknya, Margot Kim (Michelle La) yang beranjak dewasa. Cerita mulai mencekam ketika ia mengetahui bahwa anaknya menghilang dan sang anak bukanlah gadis kecilnya yang pernah ia kenal dan besarkan.

Searching memiliki banyak plot twist yang mampu memberikan kejutan kecil maupun besar layaknya film thriller lainnya. Alur cerita yang berkembang ke arah yang tak terduga menguatkan Searching dalam genre thriller yang diusungnya. Dua pertiga dari plot membawa penonton menduga-duga apa yang sebenarnya terjadi terhadap Margot.

review Searching

via Bazelevs Entertainment

Selain itu, menggunakan media sosial dan Facetime dalam “screen movie” menarik penonton lebih jauh ke dalam cerita. Menonton film ini membuat kita merasa apa yang terjadi dalam film bisa saja dengan mudah juga terjadi di sekitar kita. Terlebih penggunaan stasiun berita dalam plot menguatkan kesan “dunia nyata” dalam film ini.

BACA JUGA  Film Mirai no Mirai (2018) - Kisah Surreal tentang Arti Penting Keluarga

Ada sedikit nuansa serial TV Sherlock dalam film ini. Dimana sang ayah menggunakan komputer dan internet untuk mencari keberadaan anaknya yang hilang. Searching mempresentasikan apa yang dialami oleh orang tua masa kini yang semakin jauh dari anaknya. Dibedakan oleh generasi dan teknologi, plot berkembang dengan sang ayah mengetahui anaknya melalui media sosial sang anak.

review Searching

via Bazelevs Entertainment

Secara keseluruhan Aneesh menunjukan bagaimana internet dan media sosial bisa menjadi bumerang bagi manusia. Mulai dari mencari jati diri baru hingga menjadi tempat untuk melampiaskan masalah di dunia nyata. Berhati-hati dalam mengakses serta menemui “teman baru” dalam media sosial bisa membuat cerita berbeda.

Bisa dibilang, Searching datang tanpa kelemahan. Meskipun perbedaan gambar yang dirasakan pada beberapa adegan membuat film terkesan sebagai film berbudget rendah. Justru ini menjadi kekuatan Searching yang membuat penonton seolah-olah menyaksikan peristiwa nyata dimana cerita diambil dari kamera yang dipakai sehari-hari layaknya menonton berita YouTube dalam smartphone masing-masing.

Rating: 4/5


Genre: Drama, Mystery Thriller

Sutradara: Aneesh Chaganty

Penulis: Aneesh ChagantySev Ohanian

Cast: John ChoDebra MessingJoseph LeeMichelle La

Durasi: 102 menit

Review Overview
  • Rating Film
4

Summary

Searching memberikan tayangan segar bagi penonton yang menginginkan sisi lain dari sebuah thriller. Searching memperkenalkan thriller yang dikenal sebagai “screen movie” dari Aneesh Chaganty.

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.