Review Film Us (2019) – Teror Doppelganger yang Menegangkan

Bagaimana jika kamu bertemu dengan orang yang mirip denganmu di ruangan yang gelap?

review film Us indonesia

Jordan Peele, penulis sekaligus sutradara film horor Get Out yang memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Original Screenplay pada tahun 2017 kemarin sekali lagi membuat film serupa yang berjudul Us. Dan film horror thriller dengan sedikit balutan komedi ini akan kembali membolak balikkan jantung kamu.

Keluarga Wilson yang terdiri dari Addy (Lupita Nyong’o), Gabe (Winston Duke) dan dua anak mereka Zora (Shahadi Wright) dan Jason (Evan Alex) pergi berlibur ke rumah ayah dan ibu Addy dan mengunjungi pantai Santa Cruz. Siapa sangka liburan mereka berubah menjadi mimpi buruk setelah doppelganger mereka meneror tanpa henti.

Ganjil, menegangkan, dan lucu dengan porsi yang pas

Seperti yang ada di trailernya, film Us menghadirkan horor dari doppelganger di mana Addy dan keluarga melihat satu keluarga yang sama persis dengan mereka tapi berperilaku ganjil dan mengancam.

Lupita Nyong'o, Winston Duke, Evan Alex, and Shahadi Wright Joseph in Us (2019)
Via IMDb

Hal di luar nalar ini akan menjadi pengikat dan membuat penonton bertanya-tanya dan heran di sepanjang film. Namun tenang saja, Peele sangat jenius dalam membuat cerita, membuktikan ia layak memenangkan piala Oscar pada tahun 2017 kemarin. Petunjuk disebar disepanjang film untuk menjawab misteri secara perlahan, walaupun ada beberapa bagian yang akan tetap ambigu.

Film Us menampilkan keluarga Wilson dengan sangat humoris. Tapi ketika doppelganger mereka mulai mengancam, Adelaide dan keluarga tidak kalah tangguh dalam menghadapi setiap ancaman. Di sela-sela ketakutan dan kejutan, penonton juga dihibur dengan akting kocak dan juga lawakan-lawakan dari keluarga Wilson, membuatnya semakin lengkap.

review film horor us indonesia
Via IMDb

Penampilan cast yang luar biasa

Masing-masing peran sangat efektif, baik itu Addy dan keluarga maupun doppelganger mereka. Setiap sudut pandang dimainkan dengan detail ketika mereka saling berhadapan agar kamu bisa merasakan sedikit kemiripan mereka masing-masing sebagai “kembaran” walau memiliki watak yang berbeda.

Yang paling hebat dalam film Us adalah satu orang memerankan dua karakter yang berbeda. Misalnya, peran Addy dan doppelganger-nya yang sama-sama dimainkan dengan sangat bagus oleh Lupita Nyong’o, begitu pula dengan karakter yang lain.

Masing-masing mereka terlihat benar-benar seperti orang yang berbeda walau diperankan oleh orang yang sama. Yang satu baik dan normal, dan satunya lagi sangat jahat dan ganjil.

ulasan film us
Via IMDb

Dualitas dalam film Us

Lewat film Us, Jordan Peele seperti memberi pesan kepada penonton bahwa musuh yang paling berbahaya adalah diri kita sendiri. Kejahatan yang timbul dalam diri kita akan mengakibatkan ketakutan dan akan terus membayangi bila kita tidak melawannya. Film ini menunjukan dualitas dalam diri masing-masing manusia, seperti konsep yin dan yang.

Film Us sedang tayang di bioskop di seluruh Indonesia. Walau dalam film ini ada dua peran anak kecil bukan berarti film ini untuk semua umur karena banyak sekali adegan sadis hingga darah yang tumpah di sepanjang film.

Jelas film Us wajib bagi para pencinta horor thriller. Namun pertanyaannya, apakah kamu siap dengan pengalaman ini?

Rating 3.8/5


Genre: Horror, Thriller

Sutradara: Jordan Peele

Penulis: Jordan Peele

Bintang: Lupita Nyong’oWinston DukeElisabeth Moss

Review Overview
  • Wajib tonton
3.8

Kesimpulan

Film Us adalah film wajib bagi para pencinta film horor thriller yang ingin merasakan ketegangan dan ketakutan tiada henti yang menguras energi. Antara selalu bikin geregetan atau teriak dengan klimaks dan memuaskan. 

Sending
User Review
5 (3 votes)

Learning to be Writter