Review Film Polar (2019) – Film Aksi Ketinggalan Zaman Berbahan Bakar Seks

review film polar netflix

Memiliki pemeran utama Mads Mikkelsen (om-om tampan nan badass idola semua orang), world building layaknya dunia komik (diangkat dari graphic novel), dan bercerita tentang pembunuh bayaran yang ingin pensiun, film Netflix ini memiliki potensi untuk menjadi John Wick selanjutnya, paling tidak dengan gayanya sendiri. Sayangnya, villain yang membingungkan, adegan aksi yang kurang muatan emosi, dan tampilan yang edgy membuat film Polar terlihat seperti film aksi ketinggalan zaman yang dibuat pada tahun 2000-an.

Duncan Vizla (Mads Mikkelsen) alias “The Black Kaiser” adalah seorang pembunuh bayaran yang ditakuti dan akan pensiun di hari ulang tahunnya yang ke-50. Ia telah mempersiapkan kehidupan barunya sebagai masyarakat biasa. Di sisi lain, teman sejawatnya sesama pembunuh bayaran satu per satu dibunuh menjelang hari pensiun mereka. Perlahan Vizla mengetahui siapa dalang di balik semuanya dan memperingatkan kalau mereka telah salah memilih target.

Review film polar indonesia
Via IMDb

Polar seperti campuran John Wick, Smokin’ Aces, Shoot ’Em Up, dan Sin City. Film ini memiliki tokoh utama pensiunan pembunuh bayaran, grup pembunuh edgy yang terlihat bodoh, wanita telanjang dan adegan ranjang yang panas, serta adegan penyiksaan yang sadis ala dunia komik.

Tapi semua menjadi tidak terlalu berkesan karena Polar dengan sengaja menyisakan apa yang membuat karakter Vizla sangat menarik setelah semua hiruk pikuk adegan aksi usai. Membuat adegan-adegan laga yang cukup menarik menjadi kurang emosional.

Selain itu, beberapa adegan aksi yang disajikan juga sudah pernah ditampilkan dalam beberapa film dan membuatnya kurang istimewa. Seperti pertarungan di lorong sempit atau tembak-tembakan di tengah adegan seks. Yang cukup mencuri perhatian adalah (ada di trailer) Mads Mikkelsen mengunakan laser di jari-jarinya dan sebuah misi pembunuhan yang taktis.

review film polar netflix indonesia
Via IMDb

Bukan bermaksud mengatakan kalau Polar mencoba meniru John Wick karena film tentang pembunuh bayaran pensiun di dunia yang seperti komik bukanlah hal yang baru. John Wick mampu menjadi standar baru di genrenya karena sukses menampilkan sajian aksi yang fresh dengan gun-fu-nya serta world building yang kuat. Belum lagi plot point emosional di awal film yang membuat semua tembak-tembakan memiliki muatan emosi.

Sedangkan Polar gagal menyajikan sesuatu yang baru serta gagal mengeksekusi daya tariknya, yaitu cerita sedih dari seorang pembunuh bayaran yang akan pensiun, dengan maksimal. Terlebih lagi film ini juga diedit dengan edgy seperti film-film laga yang sudah ketinggalan zaman.

Satu lagi kelemahan yang sangat mencolok dari film Polar adalah tokoh antagonisnya. Penampilan kelompok pembunuh yang mencoba “mempensiunkan” Vizla cukup membingungkan. Apakah mereka ingin tampil sebagai pelawak atau sebagai pembunuh sadis yang berlagak lucu. Mr. Blut, sang bos besar pun juga tidak mampu memberikan kesan kuat sebagai bos penakut, menjijikkan dan menyebalkan.

ulasan film polar netflix
Via IMDb

Tidak dipungkiri lagi kalau kekuatan film ini ada pada pesona Mads Mikkelsen. Ia bisa membawakan seorang Duncan Vizla yang dingin dan badass namun canggung dalam menjalani kehidupan barunya sebagai masyarakat sipil dan tetangga normal dari Camille (Vanessa Hudgen). Mads juga bisa menampilkan konflik batin dari seorang pembunuh bayaran yang menyesali satu misi di masa lalunya.

Hanya saja, seperti yang disebutkan sebelumnya, menurut saya keputusan menempatkan adegan kunci tentang Vizla sebagai twist di akhir film membuat karakternya kurang menarik simpati hampir di sepanjang film dan berujung sajian aksi yang cenderung hambar.

Film Polar mungkin akan cukup menghibur bagi yang mencari tontonan ringan dengan adegan tembak-tembakan para pembunuh bayaran dengan bonus adegan panas.

Rating: 2/5

Genre: Action, Crime

Sutradara: Jonas Åkerlund

Penulis: Jayson Rothwell (screenplay), Víctor Santos (graphic novel “Polar: Came from the cold”)

Bintang: Mads MikkelsenVanessa HudgensKatheryn Winnick

Review Overview
  • Rating Film
2

Kesimpulan

Film Polar keluaran Netflix ini seperti John Wick yang edgy dengan pilihan alur cerita yang mengecewakan, adegan aksi yang kurang istimewa, dan hanya menjual nama Mads Mikkelsen dengan adegan ranjang yang panas.

Sending
User Review
( votes)
Haris Syukri

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.