Review Film Koboy Kampus (2019): Komedi Absurd Penuh Pesan Mendalam Khas Pidi Baiq

Kali ini Pidi Baiq hadir dengan film komedi absurd

Jason Ranti dan Danilla Riyadi

Review film Koboy Kampus ini bebas spoiler

Pidi Baiq yang terkenal dengan novel Dilan serta celetukan yang tak biasa akhirnya meluncurkan film biografinya berjudul Koboy Kampus. Dalam film yang mengisahkan tentang masa-masa kuliah Pidi serta terciptanya Negara Kesatuan Republik Panas Dalam hadir dengan komedi yang absurd khas novel Drunken Series yang ditulis Pidi sendiri.

Dengan musikalitas yang hampir sama, Pidi Baiq sendiri yang mendapuk Jason Ranti untuk memerankan dirinya dalam biopik absurd ini. Awalnya merupakan sebuah lagu yang diciptakan oleh Pidi Baiq sendiri bersama band The Panas Dalam, film Koboy Kampus juga dipenuhi oleh bintang-bintang muda Tanah Air, seperti Ricky Harun, Danilla Riyadi, Bisma Karisma, hingga Viny JKT48.

cerita dalam film Koboy Kampus
via MNC Pictures

Dijelaskan oleh Pidi Baiq sendiri, film ini merupakan representasi dari masa mudanya di Institut Teknologi Bandung. Penuh dengan permasalahan masa remaja, dengan setting pada akhir masa Orde Baru. Tema-tema persahabatan, akademis, demonstrasi mahasiswa yang marak dilakukan pada masa itu, serta seperti biasa, masalah percintaan menjadi garis besar yang diberikan.

Tema dan dialog nasionalis

Film Koboy Kampus menceritakan tentang asal usul Negara Kesatuan Republik The Panas Dalam yang didirikan oleh Pidi dan teman-temannya ketika berkuliah di Fakultas Seni Ruang dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB). Hadirnya negara yang disebut terpisah dari NKRI sendiri menjadi salah satu tema yang diangkat.

review film Koboy Kampus
via MNC Pictures

Mulai dari kritik yang disampaikan dalam bentuk dialog, tidak hanya mengenai masa pemerintahan Orde Baru, tapi juga bisa diimplementasikan hingga saat ini. Beberapa dialog dengan jenaka menyindir mahasiswa serta pemerintahan bisa ditemukan dari awal hingga akhir.

Tema nasionalis memang menjadi bagian besar dalam Koboy Kampus. Semuanya bermuara dalam konsep dimana semua orang yang ada di dalam NKR The Panasdalam berbeda dalam hal keyakinan, tapi tetap bersatu untuk satu tujuan. Dan tema ini juga diakhiri dengan apik pada adegan terakhir yang bisa membuat merinding.

Komedi absurd khas Surayah

Bukan Pidi Baiq namanya jika tidak menyelipkan berbagai komedi absurd nan (kadangkala) receh namun cerdas. Bayangkan jika Dilan masuk kuliah dan akhirnya menjadi lebih nyeni dibandingkan sebelumnya, maka Pidi Baiq-lah karakternya. Seperti pada sketsa yang ditampilkan oleh Pidi Baiq dan ibunya mengingatkan kita pada karakter Dilan dan ibunya Milea.

Ricky Harun, Bisma Karisma, dan Jason Ranti
via MNC Pictures

Sama seperti lirik-lirik lagu The Panasdalam Bank yang nyeleneh, menjunjung tinggi logika dan permainan kata, dialog-dialog yang terdapat pada film ini dari awal hingga akhir menggambarkan kehidupan Pidi yang penuh narasi unik.

Karya Pidi Baiq selalu memiliki daya tarik sendiri. Mulai dari narasi yang lekat dengan nostalgia, bukan hanya bagi mereka yang berkuliah di zaman Orde Baru, tapi juga bagi mereka yang pernah merasakan masa-masa bersenda gurau di kampus hingga lupa waktu. Semuanya dipadukan dengan komedi yang seringkali datang tanpa diduga.

Pidi Baiq atau Jason Ranti

Seperti Iqbal Ramadhan dalam film Dilan, Jason Ranti yang memerankan Pidi Baiq dipilih langsung oleh sang sutradara sendiri. Untuk film Koboy Kampus ini, Surayah menyebutkan bahwa karakter Jeje sudah menggambarkan Pidi Baiq sewaktu kuliah dengan rambut gondrongnya.

Jason Ranti dalam film Koboy Kampus
via MNC Pictures

Langsung menjadi pemeran utama dalam film pertamanya, Jeje tampak menyatu dengan celetukan-celetukan absurd khas Pidi Baiq. Musisi indie yang terkenal dengan lirik-lirik nakalnya terlihat santai memerankan Surayah. Pun sebelumnya ketika dia menyebutkan bahwa selama syuting, dia merasa seperti bermain-main dan nongkrong bersama teman-temannya namun di depan kamera.

Tapi bagi kalian yang sudah pernah menyaksikan wawancara Jason Ranti, maupun tingkah polahnya di panggung, pasti langsung menyadari bagaimana Jason Ranti terlihat seperti menampilkan sosok aslinya dalam film ini. Apakah benar Pidi Baiq seperti yang diperankan oleh Jeje ataukah karisma dua orang ini memang sama? Hanya Surayah yang bisa menilainya.

Patah seperti karya Pidi Baiq lainnya

Bagi kalian yang pernah membaca karya Pidi Baiq seperti Drunken Series pasti mengenal bagaimana watak musisi berumur 46 tahun ini. Sama seperti novel yang menceritakan keseharian Pidi Baiq, versi film juga memberikan patahan-patahan yang benar-benar tak terduga.

cerita Pidi Baiq dalam film koboy kampus
via MNC Pictures

Sayangnya, sebagian adegan tidak mendapatkan irama yang semestinya. Terkadang langsung dipotong dengan pace yang terburu-buru. Ada kala dimana adegan yang memiliki pesan mendalam langsung dipotong ke adegan berikutnya yang memiliki nuansa sangat berbeda. Penonton tidak mendapatkan waktu untuk sekedar memahami pesan yang dimaksud.

Berbeda dibandingkan karya Pidi Baiq dalam bentuk buku, dimana penggalan kisah masih bisa merangkai suasana yang diinginkan. Meskipun cerita dipasang dalam berbagai segmen, tetapi masih memberikan sedikit kesempatan kepada pembaca menikmati pesan maupun kesan yang diberikan.

Jason Ranti dan Danilla Riyadi
via MNC Pictures

Tapi patahan dalam bentuk komedi masih memberikan keseruan tersendiri. Terbukti dengan penonton yang terkekeh atau tersenyum pada beberapa kesempatan. Dialog-dialog yang tak terpikirkan namun mengena tersaji. Dan tak terasa, kita sudah dibawa ke penghujung cerita yang ditutup dengan apik.

Secara keseluruhan, film Koboy Kampus merupakan salah satu karya tak biasa dari Pidi Baiq. Tidak hanya memberikan keseruan dan komedi dari awal hingga akhir, film ini ditutup dengan pesan nasionalis yang mendalam. Terbagi dalam berbagai fase layaknya membaca buku dengan bab-babnya. Ada komedi, tragedi, serta pesan bermakna tersimpan sepanjang cerita.

Rating: 3/5

Genre: Komedi, Drama

Sutradara: Pidi BaiqTubagus Deddy

Penulis: Pidi BaiqTubagus Deddy

Pemeran: Jason RantiRicky Harun, David Jhon, Bisma Karisma, Miqdad Addausy, Danilla Riyadi

Review Overview
  • Review Film
3

Summary

Film Koboy Kampus tidak hanya memberikan keseruan dan komedi dari awal hingga akhir, film ini juga ditutup dengan pesan nasionalis yang mendalam. Terbagi dalam berbagai fase layaknya membaca buku dengan bab-babnya. Ada komedi, tragedi, serta pesan bermakna tersimpan di sepanjang cerita.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply