Categories
One Piece Review

Bahas One Piece Chapter 913 – Kekuatan Misterius Basil Hawkins

Tulisan ini berisi spoiler One Piece chapter 913

Chapter terbaru One Piece akhirnya dirilis, yay! One Piece chapter 913 langsung meneruskan cerita tepat di mana chapter sebelumnya berakhir. Chapter ini dibuka dengan usaha Luffy dan Zoro untuk mengobati O-Tama yang dihadang oleh Basil Hawkins, Headliner bajak laut Kaido.

Pembahasan One Piece Chapter 913

Walaupun tidak terlalu banyak berisi informasi-informasi mengejutkan seperti chapter-chapter sebelumnya, One Piece chapter 913 masih sangat asyik. Sejauh ini, mungkin chapter ini bisa dianggap sebagai chapter yang paling lucu di arc Wano karena menampilkan gaya bertarung Luffy menggunakan katana. Selain itu chapter ini juga berisi referensi karya seni Jepang seperti chapter yang telah lalu. Daripada berlama-lama yuk kita simak pembahasan chapter yang berjudul “Tsuru Membalas Budi” ini.

1. Ramalan Basil Hawkins

Walaupun berprofesi sebagai peramal, Hawkins tampaknya masih belum tahu maksud kedatangan Luffy ke Wano. Ia menyarankan Luffy untuk pergi secepatnya jika hanya ingin berlibur di Wano.

Bagaimana Hawkins menggambarkan orang yang mengendalikan Wano dari balik layar menunjukkan kalau ia benar-benar takut kepada Kaido. Konyolnya si Luffy, ia malah membocorkan misi rahasia mereka untuk mengalahkan bos yang sangat ditakuti Hawkins itu.

basil hawkins prediction one piece

Seperti biasa, Hawkins berbicara dengan ramalannya yang penuh persentase. Ia menyebutkan dalam waktu 30 hari, kemungkinan untuk Luffy bertahan hidup di Wano hanyalah 19%. Ini cukup menarik karena hampir semua ramalan sang peramal selalu benar (akan dibahas di bawah).

2. Luffy si samurai

Zoro tidak tahan melihat kaptennya menggunakan katana dan penasaran ingin meminjam katana tersebut. Luffy pun menjelaskan perihal katana tersebut sambil ikut-ikutan menggunakan gaya bahasa “–gozaru”.

Walau sedang di depan musuh, duo monster Bajak Laut Topi Jerami tampak tidak terlalu serius. Zoro fokus kepada katana yang dipakai Luffy sedangkan Luffy ingin mencoba kombinasi jurus buah setannya dengan pedang.

one piece luffy katana

Sayangnya jurus yang dipakai masih bernama Gomu-Gomu no Pistol. Padahal akan lebih menarik jika Oda-Sensei memberikan nama baru untuk jurus pedang Luffy. Walaupun begitu, serangan Luffy membuktikan kalau pedang itu memang katana yang kuat, terbukti dari patahnya pedang lawan.

BACA JUGA  Review Film Dora and the Lost City of Gold (2019) - Asyik! Live Action Rasa Kartun

3. Kekuatan misterius Basil Hawkins

Dalam pertarungannya melawan Zoro dan Luffy, Hawkins menghunuskan pedang Warabide yang unik. Masih berbentuk jerami, sesuai dengan kekuatannya, pedang jerami itu cukup tajam untuk merobek seekor kadal raksasa, yang kemudian membuat Luffy prihatin.

waradibe sword hawkins

Tidak mau berlama-lama, Zoro langsung menyerang Hawkins dengan jurus pedangnya yang menakjubkan, bahkan Luffy dan Hawkins pun terkesima. Namun, bukan anggota generasi terburuk namanya jika langsung kalah dalam satu serangan.

Zoro Power

Seperti di pulau Sabaody, di One Piece chapter 913 ini kita melihat kalau Hawkins masih menggunakan kekuatan yang hebat namun kejam. Setiap serangan yang ia terima akan berpindah mengenai anak buahnya layaknya santet, namanya saja dukun.review One piece chapter 913 hawkins misterious power

Hawkins pun all out dengan mengeluarkan (mungkin) jurus pamungkasnya. Jurus ini mirip dengan yang ia keluarkan ketika melawan Kizaru. Bedanya, sosok monster jerami tidak langsung muncul dari badan, melainkan dari pedang. Monster jerami ini juga tampak lebih kuat, menyerupai dewa kematian bergaya Jepang dengan sedikit sentuhan gothic ala seorang Basil Hawkins.

sand man one piece

Ada yang menarik dari pernyataan Luffy. Ia menyebut dengan jelas kalau sesuatu keluar dari badan Hawkins bukan dari pedangnya.

Sambil menggunakan monster tersebut, Hawkins juga memainkan kartu yang menjadi panduan serangannya. Namun, Luffy tampak bingung dan heran dengan keribetan permainan kartu tersebut, sedangkan Zoro cukup bersemangat karena akan melawan musuh yang kuat.

Sayangnya pertarungan diganggu oleh Komainu yang terburu-buru membawa Luffy dan Zoro melarikan diri. Bukan karena takut, namun karena kondisi O-Tama yang semakin parah. Ketika mengejar, kita melihat kalau jurus monster jerami yang gunakan Hawkins sangat kuat dilengkapi jurus paku yang mengganggu, cukup untuk membuat Zoro yang gila otot kewalahan.

Zoro yang terganggu langsung membelah monster tersebut menjadi dua dan anehnya serangan Zoro langsung mengenai Hawkins. Seolah-olah monster jerami dan Hawkins masih satu tubuh walaupun mereka terpisah jarak yang cukup jauh. Ini menjelaskan pernyataan Luffy sebelumnya yang mengindikasikan kalau monster jerami itu berasal dari tubuh Hawkins bukan dari pedang Waradibe.

BACA JUGA  Bahas One Piece Chapter 909 - Arc Wano Dimulai dengan Masalah!

Namun tidak tertutup kemungkinan kalau memang serangan Zoro menembus monster tersebut hingga sampai menebas bahu Hawkins.

Si peramal kemudian menghentikan pengejaran karena panduan kartu yang ia cabut. Walaupun pertarungan tersebut terganggu, paling tidak Luffy dan Zoro telah mengetahui gambaran kekuatan musuh.

Spekulasi:

Pertarungan hidup mati Luffy melawan Kaido

Ramalan Hawkins kembali terbukti. Jika memang ramalannya selalu tepat, bisa jadi kalau prediksi tentang peluang Luffy bertahan hidup di Wano hanya 19% akan menjadi kenyataan. Ramalan tersebut bisa dianggap sebagai foreshadow kalau Luffy akan bertarung mati-matian melawan Kaido nantinya.

4. O-Tsuru membalas budi

Penyelamat yang diramalkan kartu tersebut ternyata adalah wanita yang diselamatkan oleh Zoro di chapter sebelumnya. Ia bernama O-Tsuru, seorang pemilik kedai teh. Ada yang unik dengan desain karakter O-Tsuru. Baju dan aksesorisnya memiliki motif bangau menyerupai lambang klan Kozuki.

One Piece
Lambang klan Kozuki

Ini menjelaskan kenapa ia sangat ingin menolong O-Tama yang merupakan sekutu klan Kozuki. Tapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah motif bangau yang seperti lambang klan Kozuki tidak dilarang di Wano yang dikuasai Kaido dan Shogun?

Selain itu, O-Tsuru digambar dengan gaya yang sangat berbeda dari karakter lain. Gaya seni lukis ini disebut Ukiyo-e, yang terkenal di Jepang pada abad ke-17 hingga 19.

one piece chapter 913
O-Tsuru dan Lukisan bergaya Ukiyo-e, Three Beauties of the Present Day karya Kitagawa Utamaro

One Piece chapter 913 kembali membuktikan kalau arc Wano berisi berbagai referensi budaya Jepang, dalam hal ini adalah seni lukis. Sebelumnya gaya lukis Ukiyo-e juga pernah dimunculkan oleh Oda-Sensei, yaitu dalam mewujudkan bentuk ombak Wano yang terinspirasi dari lukisan The Great Wave off Kanagawa di chapter 910.

review One piece chapter 910
Lukisan The Great Wave off Kanagawa via Google Arts & Culture

Selain digambar dengan cantik, O-Tsuru ternyata juga ahli dalam meracik ramuan herbal yang bisa menetralisir racun limbah pabrik Kaido.

5. Karakter baru dan kemunculan Bajak Laut Hati

Selain O-Tsuru, One Piece chapter 913 juga memperkenalkan dua karakter baru. Yang pertama adalah O-Kiku, pelayan kedai teh dan yang kedua adalah Urashima, seorang pesumo nomor satu di Wano yang naksir kepada O-Kiku.

BACA JUGA  Review Film My Stupid Boss 2 (2019) - Biasa, tapi Cukup Menyenangkan Ditonton Selepas Kerja

one piece chapter 913

O-Kiku menolak pinangan Urashima karena mereka beda status sosial. Antara cinta yang bertepuk sebelah tangan atau cinta terhadang status sosial adalah gambaran hubungan keduanya. Tidak bisa menikah karena beda status ini bisa jadi adalah cerminan kondisi sosial Jepang pada zaman dahulu.

Apakah O-Kiku akan menerima cinta Urashima atau malah menjadi Harem baru Luffy? Kita nantikan saja.

bajak laut hati law one piece

Panel terakhir seperti biasanya akan menjadi alat untuk membuat para fans panasaran. Di panel terakhir One Piece Chapter 913 ini, segerombolan bajak laut yang familiar menampakkan batang hidung mereka. Mereka adalah Sacchi, Bepo dan Penguin dari Bajak Laut Hati yang dipimpin oleh Trafalgar Law. Ini menunjukkan kalau Law juga telah sampai di Wano.

Spekulasi:

Worst Generation vs Bajak Laut Kaido

Walaupun tiga dari 12 orang Generasi Terburuk telah menjadi Headliner Kaido, ada spekulasi yang menyebutkan kalau mereka bersama Generasi Terburuk yang lain akan ikut melawan Kaido. Sekulasi ini cukup menarik karena hampir semua generasi terburuk sedang berada di Wano dan bukan tidak mungkin mereka akan ikut aliansi “Ninja-Bajak Laut-Mink-Samurai”.

Selain itu, Generasi Terburuk dan Kaido memang sangat berlawanan. Kaido pernah mengaku sangat ingin menghancurkan impian para bajak laut muda yang ia anggap hanya sedang bermain bajak laut.

Namun mengingat Kaido sangat ditakuti oleh para Headliner barunya, spekulasi ini mungkin akan sulit terjadi. Tapi, tetap saja semua itu hanyalah spekulasi yang belum pasti.

Arc Wano semakin menarik saja, tapi sekali lagi kita harus bersabar karena minggu depan majalah Shounen Jump akan istirahat.

Bagaimana menurutmu tentang pembahasan One Piece chapter 913 di atas? Jika kamu memiliki spekulasi atau mungkin teori tentang arc Wano jangan lupa tulis di kolom komentar, ya.

Leave a Reply