Attack on Titan Season 3 Menunjukkan Titan Bukan Satu-satunya Musuh Manusia

shingeki no kyojin

Attack on Titan season 3 yang sangat ditunggu-tunggu oleh pecinta anime akhirnya merilis episode pertamanya. Setelah pengungkapan jati diri Reiner, Bertolt, Ymir dan Krista di season sebelumnya, di season terbaru ini diungkapkan kalau titan bukanlah satu-satunya musuh manusia. Berikut beberapa highlight yang menarik di episode 1.

Pembukaan yang mengundang tanda tanya

Episode 1 dibuka dengan suara laut dan Eren, tapi berambut lebih panjang. Adegan ini seperti berseting di dinding terluar di masa depan karena rambut Eren yang telah panjang.

attack on titan season 3 pembahasan

Eren via Funimation

Ketika Armin dan Eren bermimpi untuk keluar dari dinding, Armin menyebutkan kalau di luar dinding terdapat laut yang luas.

Mungkin adegan pembuka ini akan menjadi ending dari season 3 dengan menampilkan Eren berdiri melihat indahnya lautan di luar dinding yang mengurungnya.

Lagu opening yang jauh berbeda

Selama dua season kita disuguhi lagu opening yang cocok menjadi lagu perang melawan titan. Namun episode 1 Attack on Titan season 3 ini memberikan lagu yang jauh berbeda namun tetap terdengar megah.

Dibawakan oleh dua musisi tersohor Jepang, Hyde (L’Arc-en-Ciel) dan Yoshiki (X Japan), lagu yang berjudul Red Swan ini menghipnotis dengan tempo yang lebih lambat dan suara indah Hyde.

Klipnya pun berisi cuplikan masa kecil para karakter, mulai dari Eren, Mikasa, Armin, Levi hingga Erwin. Tampaknya kita akan menyaksikan banyak flash back di season ini.

Selain itu, dengan hanya menampilkan manusia dalam klipnya, opening ini sesuai dengan cerita yang, mungkin, akan berfokus pada pertarungan Pasukan Pengintai melawan ancaman baru, yaitu manusia.

Semoga ketika cerita kembali berfokus pada peperangan melawan titan, kita juga akan mendapatkan lagu opening yang baru.

Perubahan titan milik Eren bermasalah

Eren, bersama teman-teman seangkatannya diangkat menjadi tim Levi. Berada langsung di bawah komando sang kapten, Eren mencoba latihan kemampuan pengerasan titan untuk menutup lubang yang masih ada di dinding.

eren tidak bisa berubah

Via Funimation

Namun, Eren seperti kelelahan setelah melewati pertarungan berat ketika melawan Armored Titan dan juga ketika mengeluarkan kemampuan asli titannya. Akibatnya, saat ini ia tidak bisa melakukan perubahan titan yang sempurna.

Konspirasi Raja dan Polisi Militer

Seperti judul di atas, di episode pertama ini kita melihat kalau Pasukan Pengintai menghadapi ancaman dari manusia. Kepolisian Militer yang dikontrol langsung oleh raja membunuh pastur Nick untuk mendapatkan informasi rahasia termasuk tentang Krista alias Historia Reiss, anak haram raja Reiss.

konspirasi raja attack on titan

Raja Reiss via Funimation

Kegiatan Pasukan Pengintai pun sementara dibekukan dan Divisi militer memanfaatkan ini untuk merebut Eren dan Krista. Tampaknya raja telah mengetahui tentang jati diri Krista dan tentang kemampuan Coordinate dari titan milik Eren. Mungkin ia ingin memanfaatkan kekuatan Eren bukan untuk membebaskan manusia dari dinding dan titan.

Ironis sekali setelah manusia mendapatkan “kartu as” untuk mengalahkan titan, mereka harus menghadapi ancaman dari ras mereka sendiri.

Kenny the Ripper

Trailer Attack on Titan season 3 telah menampilkan karakter baru yang memiliki hubungan dengan Levi. Ia bernama Kenny. Dengan julukan Kenny the Ripper, kejahatannya di masa lalu sangat mengerikan sampai-sampai dianggap sebagai cerita legenda.

Levi menyebutkan kalau cerita legenda itu benar adanya karena sewaktu kecil ia hidup bersama sang pembunuh. Sesuai dengan opening-nya, sepertinya kita akan melihat flash back kehidupan Levi kecil bersama Kenny.

review shingeki no kyojin season 3

Levi dan Kenny via YouTube

Kenny yang bersama anggotanya disewa langsung oleh raja menyerang Levi dan berusaha menangkap Eren dan Krista. Mereka memiliki keahlian setara Pasukan Pengintai dan berhasil menebak rencana pengalihan perhatian milik pasukan Levi itu.

Mereka bahkan juga menggunakan peralatan 3D manuver yang dilengkapi dengan pistol dan berhasil membunuh dua orang Pasukan Pengintai, dengan keji.

Dikepung Kenny dan komplotannya, Levi dan pasukannya akan menghadapi musuh yang tak kalah berbahaya dari titan.

Itulah beberapa highlight menarik dari Attack on Titan season 3 episode 1. Semoga episode berikutnya lebih keren dan ditutup dengan lagu penutup yang tak kalah asyik dari dua season sebelumnya.

Rating
  • Rating Episode
4.5

Kesimpulan

Attack on Titan season 3 masih mempertahankan animasi yang keren dan menampilkan cerita yang menarik, yaitu serangan manusia yang tidak kalah berbahaya dari titan.

Sending
User Review
5 (2 votes)

Your average anime guy.