Rekor-Rekor yang Dipecahkan Film Black Panther

Gambar poster Black Panther

Black Panther hadir sebagai fenomena baru, bukan hanya Hollywood, tapi juga kebudayaan film di seluruh dunia. Dengan mengusung misi revolusi yang dikembangkan oleh Ryan Coogler bersama deretan artis multi-color, film ini sukses menjadi film superhero major pertama dengan sutradara dan pemeran yang kebanyakan memiliki kulit gelap yang mengilhami kebudayaan Afro-Amerika di negeri Paman Sam.

Tak hanya itu, masih banyak rekor yang ditorehkan oleh film superhero Marvel yang sudah ditunggu-tunggu kemunculannya dari bertahun-tahun yang lalu itu. Meskipun Blade yang diperankan oleh Wesley Snipes menjadi film superhero aksi pertama dengan pemeran utama kulit hitam, tak bisa dipungkiri bahwa Black Panther saat ini sudah jauh melampaui trilogi pemburu vampir tersebut.

Gambar yeng menunjukan Black Panther di atas mobil

Black Panther via Marvel

Berikut beberapa rekor fantastis yang dipecahkan oleh Black Panther, bukan hanya rekor film superhero, tapi juga rekor film Hollywood secara keseluruhan menurut Forbes.

Film dengan pembukaan terbesar di bulan Februari

Februari memang dikatakan sebagai bulan cinta, tapi semua itu berubah ketika film superhero Marvel datang menyerang. Setelah Deadpool menorehkan sejarah sebagai film dengan pembuakaan paling besar di bulan Februari 2016, Black Panther dengan mudahnya menyingkirkan Ryan Reynolds dengan spandex merah hitamnya.

Chadewick Boseman sebagai Black Panther

via Marvel

Deadpool dua tahun lalu mendapatkan pembukaan sebesar $132 Juta pada Jumat–Minggu  dengan $152 Juta pada Jumat–Senin. Dengan rating PG-13, yang membuat pasarnya lebih luas, Black Panther mampu melampaui pendapatan Deadpool lebih banyak 52%, bahkan lebih banyak 148% dari Fifty Shades of Grey yang juga ditayangkan pada bulan Februari.

Pendapatan weekend film non-sequel terbesar

Banyak yang mengira The Avengers merupakan film non-sequel, tapi sejatinya film ini merupakan sequel dari film Iron Man 2, Thor, dan Captain America: The First Avenger. Karena itu, tanpa The Avenger, Black Panther menjadi satu-satunya film non-sequel dengan pendapatan terbesar ketika weekend. Pesaing terdekatnya adalah Hunger Games yang mendapatkan pendapatan sebesar $152 Juta pada bulan Maret 2012.

Michael B. Jordan menjadi salah satu pencetak rekor Black Panther

Erik Killmonger via Marvel

Pembukaan terbesar untuk film superhero solo

Sebagai sesama film superhero, The Avengers memang mendapatkan pendapatan lebih besar di pembukaan perdananya, namun itu tetap menjadikan Black Panther sebagai film superhero solo terlaris saat pembukaannya karena The Avengers merupakan film dengan gabungan pasukan tempur Marvel. Untuk film superhero solo, sebelumnya, Iron Man 3 mendapatkan pendapatan sebesar $174 Juta dan sekarang Black Panther-lah yang meraih tonggak sejarah baru untuk debut film superhero solo pada hari Jumat–Minggu.

Gambar yeng menunjukan pemeran Black Panther

via Marvel

Pembukaan weekend terbesar untuk film apapun yang disutradarai oleh sutradara yang bukan kulit putih

Ryan Coogler menasbihkan namanya sebagai salah satu sutradara beken yang dimiliki oleh Hollywood saat ini. Setelah mendapatkan kehormatan dengan suksesnya Creed yang juga dibintangi oleh salah satu aktor Black Panther, Michael B. Jordan, Ryan menjadi satu-satunya sutradara kulit hitam dengan film yang meraih pendapatan peluncuran weekend terbesar sepanjang sejarah Hollywood.

Ryan Coogler bersama Chadewick Boseman didapatkan dari Superhero Hype

Ryan Coogler bersama Chadewick Boseman via Superhero Hype

Film terbesar terlaris di Amerika Utara yang disutradari oleh sutradara kulit hitam

Tak bisa dipungkiri, rasisme masih banyak terjadi, bahkan lebih banyak di negara Paman Sam ini semenjak Paman Trump berkuasa. Hal inilah yang dicoba dikritisi oleh Black Panther dengan menampilkan sutradara dan pemeran yang sebagian besar berkulit hitam. Tentunya, kesuksesan Black Panther ini membuat Ryan Coogler menjadi sutradara kulit hitam yang sudah melewati pendapatan Fate of the Furios karya F Gary Gray dengan total $235 dalam empat hari.

Ryan Coogler dalam pembukaan Black Panther

Ryan Coogler via npr

Film pembuka musim panas terbesar

Black Panther berada pada rekor sebagai film dengan pendapatan minggu pertama kelima terbesar sepanjang masa. Dua di antaranya adalah dua film Star Wars yang ditayangkan sesudah musim panas, yaitu pada pertengahan Desember. Kemudian film Avengers serta Jurassic World yang ditayangkan pada musim panas. Ini membuat Black Panther masuk lima besat setelah mengalahkan Batman v Superman sebagai film pembuka musim panas terbesar sepanjang masa.

BACA JUGA  Black Panther akan Merusak Stereotype Film Aksi Hollywood

Bagi kalian yang belum menyaksikan film superhero kulit hitam Marvel ini, film ini sedang ditayangkan di bioskop-bioskop seluruh Indonesia

Sending
User Review
( votes)
Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.