Book for Your Shelf: 15 Rekomendasi Novel Terbaik 2019

Bisa jadi teman di kala senggang

buku di atas pintu

Dengan berbagai genre, ada ratusan, bahkan ribuan novel, yang diterbitkan 2019 lalu. Nah bagi kamu yang ingin mencari rekomendasi novel terbaik 2019, Mariviu punya beberapa daftar yang bisa kamu pilih. Mulai dari thriller spionase hingga fantasi, berikut 15 novel terbaik untuk kamu.

1. Agent Running in the Field – Le Carré

cover Agent Running in the Filed rekomendasi novel terbaik 2019
via Goodreads

Le Carré yang saat ini berumur 88 tahun menulis novel spionasenya yang ke-26. Berlatar tahun 2018, novel ini mengisahkan tentang Nat, seorang anggota Dinas Rahasia Inggris (MI6) berusia 47 tahun. Carré mengabungkan spionase modern dengan cerita politik, termasuk ketidaksukaannya dengan Trump hingga masalah Brexit yang saat ini populer di Eropa.

2. All This Could be Yours – Jami Attenberg

cover All This Could be Yours
via Goodreads

Jami Attenberg bisa dibilang sebagai salah satu novelis cerdas, kali ini menceritakan kisah disfungsi keluarga yang berantakkan dalam All This Could be Yours. Diceritakan dalam sejumlah sudut pandang, kisah ini berpusat pada seorang anak perempuan dalam sebuah keluarga yang berkomitmen untuk menggali kebenaran tentang ayahnya. Berlatar di New Orleans, Jami menggambarkan hubungan keluarga yang tak tergoyahkan.

3. Black Leopard, Red Wolf – Marlon James

cover Black Leopard, Red Wolf
via Goodreads

Kisah fantasi epik yang sering dikaitkan sebagai  ‘Game of Thrones’ versi Afrika. Pemenang Man Booker Price, Marlon James mengisahkan tentang seorang tentara bayaran yang disewa untuk memburu seorang anak laki-laki yang hilang. Dia dikenal dengan nama “Tracker” atau pelacak karena kemampuannya mencium aroma sejauh ratusan kilometer. Rekomendasi novel terbaik 2019 yang lumayan panjang dan menghadirkan kesan fantasi mengarungi pedalaman Afrika.

4. Drive Your Plow Over the Bones of the Dead – Olga Tokarczuk

cover Drive Your Plow Over the Bones of the Dead
via Goodreads

Olga Tokarczuk yang memenangkan Hadiah Sastra Sastra 2018 lalu memperkenalkan pembaca pada kisah Janina, serang wanita Polandia berusia 60-an yang sangat menghargai hewan dan membenci salah satu aktvitas terpopuler di desanya; berburu. Ketika kota dilanda serangkaian pembunuhan, Janina yakin hal tersebut ada hubungannya dengan pembunuhan hewan. Melalui novel ini, Tokarczuk mengajukan pertanyaan tentang suara siapa yang lebih penting, manusia atau alam.

5. Find Me – André Aciman

cover Find Me daftar rekomendasi novel terbaik 2019
via Goodreads

Bagi yang tertarik dengan kisah Timothée Chalamet dan Armie Hammer dalam Call Me by Your Name bisa membaca sekuel dari André Aciman ini. Karya terbaru Aciman melanjutkan kehidupan Elio dan Oliver yang sekarang dipisahkan oleh benua. Melalui novel ini, Aciman menggambarkan tentang keintiman manusia serta bagian dari pertanyaan yang selama ini sering dipertanyakan, ‘Apakah cinta sejati pernah mati?’

6. Gingerbread – Helen Oyeyemi

cover Ginger Bread daftar Drive Your Plow Over the Bones of the Dead rekomendasi novel terbaik 2019
via Goodreads

Setelah menceritakan kisah Putri Salju di Boy, Snow, Bird pada 2014, Helen Oyeyemi kembali bermain dalam cerita rakyat dan dongeng. Dalam cerita ulang Oyeyemi, Gingerbread adalah tradisi keluarga dari ibu dan anak perempuan Harriet dan Perdit Lee. Dalam imajinasi Oyeyemi, sebuah premis yang kelihatannya sederhana menjadi sebuah cerita tentang kelas, mitos, dan sejarah gelap keluarga yang memesona.

7. Girl, Women, Other – Bernardine Evaristo

cover novel Girl, Women, Other
via Goodreads

Bagaimana bisa sebuah buku dengan 12 protagonis bisa menyatu dan membentuk cerita yang salng berkaitan? Salah satu rekomendasi novel terbaik 2019 pemenang Booker Prize 2019 mengikuti perjalanan berbagai karakter, mulai dari penulis drama lesbian berkulit hitam, influencer media sosial non-biner, hingga petani berusia 93 tahun. Evaristo menceritakan 12 kisah yang berbeda namun salah terkait tentang ras, kelas, jenis kelamin, dan aspek identitas lainnya.

8. Lost Children Archive – Valeria Luiselli

cover Lost Children Archive dalam daftar rekomendasi novel terbaik 2019
via Goodreads

Di masa-masa perpisahan keluarga menjadi berita mainstream di Amerika, Valeria Luiselli menorehkannya dalam cerita fiksi. Dalam novel pertamanya yang ditulis dalam bahasa Inggris, penulis Meksiko ini menceritakan keluarga yang terdiri dari seorang putri, ibu yang menikah lagi dengan seorang ayah yang memiliki anak laki-laki dalam perjalanan melintasi Amerika. Dimana ikatan kekeluargaan dan perpisahan menjadi tema penting dalam novel ini.

9. Olive, Again – Elizabeth Strout

cover novel Olive, Again
via Goodreads

Hubungan darah antar keluarga diuji dalam kelanjutan kisah Olive Kitteridge (2008) pemenang Putlizer Awards tahun 2009. Sama seperti novel pertamanya, Olive, Again menghadirkan 13 cerita pendek yang saling terkait. Mengikuti perjalanan Olive Kitteridge dari umur 70 hingga 80-an. Menemukan pria baru dalam hidupnya, Kitteridge tetap digambarkan sebagai sosok wanita yang tangguh hingga akhir cerita.

10. Supper Club – Lara Williams

cover Supper Club
via Goodreads

Punya BFF yang tak terpisahkan? Mungkin novel ini cocok untuk kamu. Membawa kisah perhabatan Roberta dan Stevie yang bertemu di tempat kerja mereka. Keduanya memimpikan ide membuat sebuah klub di mana para wanita memanjakan selera makannya. Novel ini secara bergantian membuat kamu tertawa, menangis, dan menggambarkan berbagai arti persahabatan yang sesungguhnya.

11. The Dutch’s House – Ann Dutch

cover The Dutch’s House dalam daftar rekomendasi novel terbaik 2019
via Goodreads

Menggambarkan kamar-kamar yang megah serta furnitur berpelat emas, The Dutch House layaknya istana dongeng yang memesona. Novel yang menarik bagi kamu penyuka kisah-kisah fantasi khas Brothers Grimm. Menceritakan tentang perjalanan Danny dan Maeve yang diusir dari ibu tirinya yang kejam setelah ayah mereka meninggal. The Dutch House memberikan kisah sentimental, namun tetap menghangatkan bahkan hingga halaman terakhir.

12. The Heavens – Sandra Newman

cover The Heavens rekomendasi novel terbaik 2019
via Goodreads

Newman memberikan latar cerita yang lebih megah pada novel keempatnya. Menggunakan latar dari berbagai dunia dan memasuki waktu yang berbeda. Novel ini mengisahkan Ben dan Kate yang bertemu di sebuah pesta di New York dan jatuh cinta. Ketika Kate tidur, dia sering terbangun di London tahun 1593, sebagai Emilia dari Soneta Shakespeare. Masalahnya, tindakan Kate sebagai Emilia berefek pada sejarah, sehingga mengubah realita di masa kini.

13. The Nickel Boys – Colson Whitehead

cover The Nickel Boys
via Goodreads

Setelah novel The Underground Railroad yang berhasil memenangkan penghargaan, pengarang Colson Whitehead kembali melanjutkan sejarah menyakitkan yang terjadi di Amerika. Terinspirasi dari kisah nyata, The Nickel Boys mengikuti perjalanan Elqood dan Turner, remaja berkulit hitam yang tumbuh dan berkembang setelah dijatuhi hukuman penjara di Florida pada tahun 1960-an.

14. The Testaments – Margaret Atwood

cover buku The Testaments daftar rekomendasi novel terbaik 2019
via Goodreads

34 tahun setelah menerbitkan buku klasiknya, The Handmaid’s Tale, Margaret Atwood melanjutkan kisah perlawanannya melalui novel terbarunya, The Testaments. Novel ini adalah sekuel yang terjadi 15 tahun setelah Handmaid’s Tale. Berbeda dari novel sebelumnya, kali ini kisahnya diceritakan dari sudut pandang orang ketiga, yaitu Bibi Lydia, yang sebelumnya berperan sebagai antagonist di novel pertama.

15. The Topeka School – Ben Lerner

cover Topeka School daftar rekomendasi novel terbaik 2019
via Goodreads

Novelis, penulis esai, dan penyair Ben Lerner memadukan perspektif seorang juara debat sekolah dan orang tuanya yang merupakan seorang psikolog dan penulis buku laris yang terkenal di daerah tempat tinggalnya, Topeka. Novel ini akan mengungkapkan lebih dalam tentang ‘toxic masculinity’ yang dirasakan oleh karakter utama Adam Gordon.

Beberapa rekomendasi novel terbaik 2019 di atas sudah bisa kamu dapatkan di berbagai toko online Tanah Air. Ada buku yang sudah kamu baca? Dan jika kamu butuh referensi tambahan, dapatkan rekomendasi novel terbaik 2018 di sini.

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.