11 Rekomendasi Novel Terbaik 2018 Pilihan Mariviu

Siap-siap beli buku baru lagi!

buku

Mencari referensi buku terbaik memang tidak mudah. Namun jangan ragu, Mariviu memiliki beberapa rekomendasi bagi kalian yang ingin mencari novel terbaik 2018. Mulai dari cerita cinta dan romansa yang mendayu-dayu, cerita thriller yang menegangkan, hingga cerita gothic yang menyeramkan ada dalam daftar kami. Mau tau apa saja? Check this out!

1. Asymmetry – Lisa Halliday

Asymmetry buku terbaik 2018

Seorang editor buku muda bernama Alice mulai menjalin hubungan dengan seorang novelis tua yang pernah memenangkang penghargaan literatur. Berlatar tempat di Manhattan, seorang ekonom Irak-Amerika bernama Amar ditahan di Heathrow dalam perjalanan mengunjungi keluarganya di Irak. Tabrakan bentuk, nada, gaya yang iovatif dan berani menyandingkan alam mimpi Alice dengan realitas keras Amar, menandai karya mengagumkan yang diterbitkan tahun lalu ini.

2. Children of Blood and Bone – Tomi Adeyemi

Children of Blood and Bone novel terbaik 2019

Novel tertama dari Adeyemi langsung menghentak dalam kisah fantasi remaja, mengikuti perjalanan protagonis Zélie Adebola mendapati rumahnya yang terinspirasi dari gaya Afrika Barat terpengaruh sihir hitam. Cerita fantasi yang menawarkan dunia penuh bahaya serta karakter yang siap menghadapi apa saja. Novel ini sedang dalam proses adaptasi menjadi sebuah film yang dikembangkan oleh Fox.

3. Circe – Madeline Miller

Circle fiksi terbaik 2018

Terlihat mengambil inspirasi dari cerita Odyssey yang termashyur dari Homer, Miller membuat sebuah kisak klasik tentang pemberdayaan perempuan. Mengikuti cerita dari Circe, putri Helios yang dalam pengasingannya di sebuah pulau tempat ia mengasah seni Pharmakeia, seni menggunakan ramuan dan mantra. Sebuah protret superheroin yang menggunakan kekuatan yang diberikan kepadanya serta memahami kerasnya dunia, terlebih bagi wanita.

4. Melmoth – Sarah Perry

Melmoth novel terbaik 2018

Sebuah novel yang patut dibaca jika kalian pecinta tulisan gothic. Seorang penerjemah bernama Helen Franklin tinggal di Praha, berusaha untuk menebus kesalahan yang dilakukannya beberapa dekade sebelumnya. Namun kehidupan tenangnya terganggu setelah ia menemukan sebuah file yang melaporkan kehadiran Melmoth, makhluk penentang kebangkitan Kristus dan akhirnya dikutuk untuk berkeliaran di Bumi, menghantui orang-orang yang bersalah. Dan Helen menyadari dirinya sedang diikuti.

5. Milkman – Anna Burns

Salah satu novel terbaik 2018 di mana Anna Burns menjadi penulis Irlandia Utara pertama yang meraih Man Booker Prize. Naratornya, seorang gadis kutu buku berusia 18 tahun. Tak satupun karakter dalam Milkman bernama, dan ceritanya terjadi di kota yang tidak disebutkan namanya, meskipun sebagian besar menyebutkan novel ketiga Burns terjadi di Irlandia Utara selama tahun 1970-an ketika terjadi The Troubles (kekacauan yang terjadi di Irlandia Utara pada kurun 1968 – 1998).

6. The Great Believers – Rebecca Makkai

the Great Believers

Novel karya Makkai yang memukau dan mengungapkan kisah sedih dari krisis AIDS tahun 1980-an dan melacak efek residunya pada kehidupan saat ini. Berlatar di Chicago tahun 1985, Yale Tishman menemukan mantannya Charlie, yang dinyatakan positif HIV. Pada tahun 2015, Fiona Marcus, di mana saudara laki-lakinya merupakan bagian dari lingkaran setan Yale tahun 80-an tersebut melakukan perjalanan ke Paris untuk bertemu kembali dengan putrinya yang sudah dewasa, Claire, yang bergabung dalam sebuah sekte.

7. The Great Alone – Kristin Hannah

the Great Alone

Seorang dokter hewan yang baru pulang dari tugasnya dalam Perang Vietnam memindahkan keluarganya menuju sebuah rumah kecil di pedalaman Alaska. Awalnya perubahan tersebut disambut baik. Tetapi ketika musim dingin mendekat dan kondisi mentalnya memburuk, ia beserta istri dan putrinya berada dalam kondisi yang semakin rumit. Seperti novel terlaris The Nightingle, Hannah dalam novel ini kembali menyoroti sisi kepahlawanan manusia biasa, terutama wanita.

8. The Mars Room – Rachel Kushner

The Mars Room

Setelah novel The Flamethrowers yang dinominasikan untuk National Book Awards di Amerika, Rachel Kushner kembali hadir dengan cerita tentang Romy, seorang single mother yang menjalani hukuman seumur hidup karena membunuh orang yang menguntitnya. Bukannya menemukan kurungan yang membelenggunya, Romy malah menemukan sisi kemanusiaan yang tidak ditemukan sebelumnya, bahkan dari sudut-sudut paling gelap dari hukuman mati menjadikannya novel terbaik 2018 pilihan Mariviu.

9. The Outsider – Stephen King

The Outsider Stephen King

Nama Stephen King sebagai penulis cerita misteri masih menjadi pilihan dengan cerita yang menyenangkan untuk diikuti. The Outsider menyelidiki kejadian mengerikan tentang bagaimana kekuatan supernatural menghantui pemecahan kasus pembunuhan brutal terhadap seorang anak laki-laki berusia 11 tahun. Saking menariknya cerita novel ini, novel yang diterbitkan Mei tahun lalu sudah menjadi daftar series yang akan ditayangkan oleh HBO.

10. There There – Tommy Orange

There There Tommy Orange

Kehidupan dua belas karakter diungkapkan dalam satu novel debut Tommy Orange. Mengikuti kisah penduduk asli Amerika yang tinggal di California Utara dan berkumpul di perayaan tahunan Big Oakland Powwow, masing-masing dengan masalah, motivasi, dan rahasia mereka sendiri. Beragam karakter, mulai dari remaja hingga para orang tua, mempertanyakan tujuan menjadi diri sendiri ketika hidup dalam ekosistem perkotaan.

11. Warlight – Michael Ondaatje

Warlight Michael Ondaatje

Dua saudara kandung yang ditinggalkan oleh orang tua mereka dalam perawatan dua karakter cerdik akan menampilkan kisah ketika keadaan suram membelenggu London paska Perang Dunia II. Sebuah novel indah tentang rahasia, kehilangan, dan intrik, gaya penulisan Ondaatje yang mengalir dengan alur menyenangkan untuk dibaca.

Nah, dari semua rekomendasi novel terbaik tahun 2018 itu, mana yang sudah kamu baca?

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.