Rekomendasi Film Bertema Konspirasi Terbaik

Dari sekian banyak film-film seru yang sudah kamu tonton dari tahun ke tahun, pastinya kamu pernah menyaksikan film bertema konspirasi. Film ini kerap menampilkan cerita yang membuat pikiran penonton ikut berimajinasi dan menebak-nebak jalan cerita selanjutnya.

Dikemas dalam genre aksi, komedi, misteri hingga drama, film bertema konspirasi selalu menarik untuk diikuti dan ditonton. Buat kamu yang menyukai film dengan tema ini, Berikut rekomendasi film bertema konspirasi terbaik versi Mariviu.com

1. The Man Who Knew too Much (1956)

Genre: Misteri
Sutradara: Alfred Hitchcock
Pemeran: James Stwart, Doris Day, Brenda de Branzie, Bernard Miles

The Man Who Knew Too Much adalah film thriller yang menegangkan berlatar negara Amerika tahun 1956 yang disutradarai dan diproduksi oleh Alfred Hitchcock. Film ini adalah film kedua Hitchcock menggunakan judul ini setelah film 1934-nya sendiri dengan nama yang sama menampilkan plot dan skrip yang sangat berbeda.

cuplikan film The Man Who Knew Too Much film bertema konspirasi terbaik
via Paramount Pictures

Ceritanya bermula dari Dr. Benjamin beserta istrinya Josephine dan putra mereka Henry yang sedang bepergian dari Casablanca ke Marrakesh, Mereka bertemu dengan Louis Bernard. Seorang pria prancis yang ramah namun mencurigakan, setelah itu banyak kejadian yang tak terduga yang dialami oleh Dr. Benjamin dan keluarga.

2. Seven Days in May (1964)

Genre: Drama, Misteri
Sutradara: John Frankenheimer
Pemeran: Burt Lancaster, Kirk Douglas ,Fredric March dan Ava Gardner

Seven Days in May adalah film thriller politik Amerika tahun 1964 tentang rencana kudeta militer-politik pemerintah Amerika Serikat sebagai reaksi atas negosiasi presiden tentang perjanjian perlucutan senjata dengan Uni Soviet. Film ini diangkat dari novel dengan nama sama oleh Fletcher Knebel dan Charles W. Bailey II, yang diterbitkan pada September 1962.

screenshoot film Seven days in May
via Warner Brothers Pictures

Presiden AS yang tidak populer berhasil mendapatkan perjanjian pelucutan senjata nuklir melalui Senat, tetapi mendapati bahwa negara tersebut berbalik menentangnya. Pimpinan militer pun membuat sebuah skema untuk menggulingkan sang presiden karena takut dengan rencana tersembunyi Uni Sovyet.

3. Marathon Man (1976)

Genre: Drama, Misteri
Sutradara : John Schelsinger
Pemeran : Dustin Hoffman, Laurence Olivier,Roy Scheider,William Devane dan Marthe Keller

Marathon Man adalah film thriller menegangkan produksi Amerika tahun 1976 . Ditulis oleh William Goldman yang mengadaptasi novelnya sendiri yang terbit tahun 1974 dengan judul sama. Film ini bercerita tentang hal yang cukup sensitif yaitu tentang orang yahudi yang lolos dari Holocaust dan menjadi kurir berlian yang terancam oleh pembunuhan.

poster film marathon man
via Paramount Home Video

Dalam film tersebut, “Babe” Levy (diperankan oleh Hoffman), seorang mahasiswa pascasarjana, terlibat dalam sebuah plot oleh penjahat perang Nazi Christian Szell (Olivier) untuk mengambil berlian curian dari kotak brankas yang dimiliki oleh saudara lelaki Szell yang sudah meninggal.

4. All the President’s Man (1976)

Genre: Drama, Misteri
Sutradara: Alan J. Pakula
Pemeran: Dustin Hoffman, Robert Redford, Jason Robards

All the President’s Men adalah film thriller politik Amerika 1976 tentang skandal Watergate, yang menjatuhkan presiden Richard M. Nixon. Film ini didasarkan pada buku non-fiksi 1974 berjudul sama oleh Carl Bernstein dan Bob Woodward, dua jurnalis yang menyelidiki skandal Watergate untuk The Washington Post.

screenshoot film all the president's man
via Warner Home Video

Menjelang pemilu 1972, reporter Washington Post Bob Woodward dan Carl Bernstein menginvestigasi skandal yang melibatkan pejabat tinggi. Setelah diinvestigasi, skandal itu membawa mereka ke petinggi Partai Republik hingga akhirnya ke Gedung Putih.

5. JFK (1991)

Genre: Drama, Misteri
Sutradara: Oliver Stone
Pemeran: Kevin Costner,Kevin Bacon,Tommy Lee Jones

Pembunuhan 22 November 1963 oleh Presiden AS John F. Kennedy mengejutkan negara dan dunia. Penyelidikan cepat atas pembunuhan yang dilakukan di bawah pimpinan Hakim Agung Earl Warren hanya menemukan bahwa sang pembunuh, Lee Harvey Oswald, bertindak sendiri. Berbagai teori konspirasi pun muncul untuk memuaskan publik.

poster film JFK
via Warner Bros Pictures

Pada 22 November 1963, presiden John F. Kennedy dibunuh di Dallas. Lee Harvey Oswald ditangkap karena kejahatan tersebut dan kemudian ditembak oleh Jack Ruby, yang diduga membalas kematian presiden. Penyelidikan menyimpulkan bahwa Lee Harvey Oswald dan Jack Ruby bertindak sendiri dalam kejahatan masing-masing. Tetapi pengacara distrik Louisiana Jim Garrison skeptis. Menghimpun sekelompok orang yang tepercaya, Garrison melakukan penyelidikan sendiri, membawa reaksi keras dari pemerintah dan tokoh politik yang kuat.

6. Wag the Dog (1997)

Genre: Komedi
Sutradara: Barry Levinson
Pemeran: Dustin Hoffman dan Robert De Niro

Film bertema konspirasi terbaik yang berjudul Wag the Dog ini adalah film komedi hitam satir politik Amerika 1997. Skenario ini menyangkut seorang dokter perintis dan produser Hollywood yang mengarang perang di Albania untuk mengalihkan perhatian pemilih dari skandal seks presiden.

screenshoot film Wag the Dog
via New Line Cinema

Wag the Dog dirilis satu bulan sebelum pecahnya skandal Lewinsky dan pemboman pabrik farmasi Al-Shifa di Sudan oleh pemerintahan Clinton pada Agustus 1998. Peristiwa ini mendorong media untuk membuat perbandingan antara film dan kenyataan.

7. Enemy of the State (1998)

Genre: Aksi, Thriller
Sutradara: Tony Scott
Pemeran: Will Smith, Gene Hackman, Jon Voight

Film yang sudah pernah tayang di televisi Tanah Air ini mengambil cerita “orang tak bersalah yang secara tidak sengaja terperangkap dalam korupsi politik”.

poster dan wallpaper Enemy of the state
via Buena Vista Pictures

Robert Clayton Dean, yang diperankan oleh Will Smith, adalah seorang ayah, suami, dan pengacara berbakti. Ia berbelanja hadiah seksi untuk istrinya. Yang tidak ia ketahui adalah bahwa ia diberi rekaman video dari seorang teman (Jason Lee) mengenai pembunuhan seorang senator AS yang dipimpin oleh pejabat Badan Keamanan Nasional yang korup Thomas Reynolds (Jon Voight). Dan Reynolds pun mengincar Dean untuk menutupi jejaknya.

8. Green Zone (2010)

Genre : Aksi
Sutradara: Paul Greengrass
Pemeran: Matt Damon, Greg Kinnear, Brendan Gleeson

Pemicu meledaknya perang Irak adalah keyakinan bahwa negeri yang dipimpin oleh Saddam Hussein itu menyimpan sejumlah senjata pemusnah masal yang disembunyikan di suatu tempat. Berbekal keyakinan itu, pemerintah Amerika memerintahkan Chief Warrant Officer Roy Miller (Matt Damon) untuk mencari tahu lokasi senjata berbahaya ini.

screenshot Green Zone (2010)
via Universal Pictures

Dalam film yang dibuat selama pendudukan pimpinan AS di Baghdad, sutradara Greengrass dan penulis skenario Brian Helgeland menggunakan akun jurnalistik Rajiv Chandrasekaran sebagai pondasi kisah seorang perwira yang bergabung dengan anggota CIA senior untuk menggali bukti senjata pemusnah massal di Irak.

9. 3: Alif Lam Mim (2015)

Genre: Aksi
Sutradara: Anggi Umbara
Pemeran: Cornelio Sunny, Abimana Aryasatya ,Agus Kuncoro

Alif Lam Mim adalah film dengan setting waktu masa depan, yakni tahun 2036. Film ini menunjukkan perubahan kondisi negara Indonesia paska perang saudara yang lebih damai dan sejahtera dengan menganut paham liberal. Indonesia berganti nama menjadi Libernesia yang menjunjung tinggi hak asasi manusia.

poster fil 3: alif lam mim
via FAM Pictures

Dalam film ini, aparat negara dilarang menggunakan peluru tajam dalam operasinya, hanya diperbolehkan menggunakan peluru karet untuk melumpuhkan sisa-sisa kejahatan dan teroris. Semua warga mengandalkan kemampuan bela diri untuk menghadapi segala kemungkinan kejahatan yang terjadi, tidak terkecuali warga biasa dan perempuan. Alif Lam Min termasuk dalam jajaran film bertema konspirasi terbaik yang berasal dari Tanah Air.

10. Moonwalkers (2016)

Genre: Komedi
Sutradara: Antoine Bardou-Jacquet
Pemeran: Ron Perlman, Rupert Grint, Robert Sheehan

Film bertema konspirasi terbaik terakhir dalam list ini adalah Moonwalkers. Mengangkat salah satu teori konspirasi yang paling populer sepanjang sejarah, yaitu teori pendaratan Apollo 11 ke bulan di tahun 1969 sebenarnya merupakan hasil tipu-tipu Pemerintah Amerika. Tak ada manusia yang menjejakkan kaki ke bulan kala itu.

poster film moonwalker (2016)
via Partizan Films

Film ini bercerita tentang seorang agen CIA yang gagal menemukan Stanley Kubrick untuk membuat film tentang pendaratan palsu dibulan. Namun harus bekerja sama dengan manajer band rock yang kumuh (Rupert Grint) untuk mengembangkan penipuan terbesar sepanjang masa ketika melakukan pendaratan di bulan.

Demikian Film Bertema Konspirasi Terbaik yang dapat saya rekomendasikan untuk ditonton kembali.

Penikmat Kopi dan Pecandu Mie Ayam