Socrerer Clea
Film, News

Siapa Karakter di Post Credit Doctor Strange in the Multiverse of Madness?

Setelah dua jam yang intens, penonton disuguhkan dengan dua adegan post credit Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Ada dua post credit yang tersedia, tapi sebenarnya hanya ada satu yang berhubungan erat dengan keberlangsungan Marvel Cinematic Universe.

Adegan post credit (Penuh Spoiler)

Pada bagian akhir film, Stephen Strange akhirnya kembali ke Sanctum Sanctorium setelah mengalahkan Wanda a.k.a Scarlet Witch. Namun yang tak ia sadari, ia mendapatkan mata ketiga yang merupakan bagian dari kutukan setelah berhubungan dengan Darkhold.

Pada adegan post credit Doctor Strange pertama, Strange yang sedang berjalan sendirian ditemui oleh seorang wanita berpakaian serba ungu. Ia tiba-tiba datang dan mengajak Strange untuk menyelamatkan multiverse yang penuh kekacauan.

Timeline Loki
via Disney+

Kedatangannya berhubungan dengan fenomena inkursi, yaitu dimana bertubruknya beberapa semesta. Hal ini bukan hal baru, mengingat masalah ini sebenarnya sudah beberapa kali diperlihatkan dalam serial Loki (2021). Meski Loki belum banyak membahas tentang Multiverse.

Wanita tersebut lalu membuka portal ke Dark Dimension (Dimensi Gelap). Doctor Strange menyetujui ajakan tersebut sembari memperlihatkan mata ketiga pada dahinya. Menandakan bahwa ia telah berdamai dengan kutukan tersebut dan menjadikannya sebagai salah satu kekuatannya.

Siapa wanita dalam post credit tersebut?

Wanita itu bernama Clea, yang diperankan oleh aktris serba bisa pemenang Oscar, Charlize Theron. Theron sendiri pernah bermain dalam beragam film bertemakan pahlawan super lainnya, seperti Hancock (2008) sampai The Old Guard (2020).

Charlize Theron dalam The Old Guard
via Netflix

Clea sendiri merupakan pengguna sihir yang tak kalah kuat dibandingkan Doctor Strange. Di versi komik, ia lahir dari makhluk kegelapan penguasa Dimensi Gelap, Prince Orini dan Umar, saudari Dormammu. Hmm, hubungan keluarga yang pas dengan Strange mengingat Dormammu adalah villain utama di film pertamanya.

Karakter Clea sendiri diciptakan oleh Stan Lee dan Steve Ditko. Muncul pertama kali pada Strange Tales #126 (Agustus 1964). Di komik terbaru Marvel, Clea menjabat sebagai Sorcerer Supreme paska kematian Stephen Strange.

Dia diterima sebagai murid Strange. Dalam beberapa komik, mereka jatuh cinta dan menikah, meski tak secara konvensional. Pikiran dan jiwa mereka bersatu. Sehingga meski mereka bercerai, jiwa Stephen dan Clea masih terikat.

Doctor Strange dan Clea
via Marvel

Dalam seri Death of Doctor Strange (2021), Stephen dibunuh oleh Kaecilius yang membuat posisi Sorcerer Supreme diperebutkan. Ia lalu memiliki serinya sendiri, Strange yang ditulis oleh Jed Mackay dan Marcelo Ferreira.

Arti Clea bagi keberlangsungan MCU

Di adegan post credit kedua, dipaparkan bahwa Doctor Strange akan kembali, kemungkinan besar dalam film ketiga. Hanya saja belum ada detail terbaru mengenai sinopsis film tersebut.

Tapi di beberapa sisi, kehadiran Clea berhubungan erat dengan inkursi. Dimana dijelaskan dalam Multiverse of Madness, inkursi merupakan peristiwa dimana satu semesta bertabrakan dengan semesta lainnya.

Socrerer Clea
via Marvel

Inkursi pertama kali diperkenalkan dalam Secret Wars tahun 2015 karya Jonathan Hickman. Ceritanya fokus pada semesta utama Marvel, Earth 616 (pertama kali disebut dalam Multiverse of Madness!) bertabrakan dengan Ultimate Marvel Universe Earth-1610.

Tentu saja, dengan kehadiran Professor X yang kembali diperankan oleh Patrick Stewart, kemunculan X-Men dalam MCU tak perlu dipertanyakan lagi. Ini juga akan menjadi inspirasi terhadap peristiwa Secret Wars yang mungkin akan dibawa ke layar lebar.

Sekali lagi, Phase 4 berhubungan dengan memperkenalkan superhero baru dan pensiunnya Avengers lama. Dan ketika Strange mengundurkan diri (atau terbunuh?!) di film ketiga, Clea bisa menjadi pengganti yang sepadan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *