Alasan Penjahat dalam Komik Spider-Man Diambil dari Nama Binatang

Ternyata alasannya merupakan bagian besar dari semesta Marvel.

cover penjahat dalam komik Spider-Man

Bukan hanya dalam versi layar lebarnya, namun Spider-Man bisa dibilang memiliki musuh paling ikonik dalam sejarah buku komik. Penjahat dalam komik Spider-Man yang terkenal seperti Rhino hingga Doctor Octopus berhasil menghiasi petualangan Manusia Laba-Laba sejak debutnya pada tahun 1962.

Tapi ada beberapa hal yang unik tentang penjahat dalam komik Spider-Man: mereka mendapatkan identitas baru dari nama binatang. Tak mengherankan Kraven the Hunter sangat berkeinginan untuk memburu semua penjahat yang ada dalam serial Spider-Man, termasuk Spider-Man hingga Catwoman. The Hunter? Sang Pemburu?

Kraven the Hunter dalam Spider-Man
via Marvel

Dilansir dari Screen Rant, penjelasannya cukup unik dan bisa ditemui dalam sebuah cerita Spider-Man yang diterbikan tahun 2001 yang mengarah pada peristiwa hancurnya ragam semesta Spider-Man yang disebut Spider-Verse.

Dalam kisah tersebut, Peter Parker bertemu dengan seorang pria bernama Ezekiel yang memiliki kekuatan yang mirip dengan entitas lain Spider-Man di semesta lainnya. Menjadi pebisnis yang sukses, Ezekiel menjelaskan kepada Peter bahwa kekuatannya ‘tak sengaja diberikan’ kepadanya. Selain membuat Peter yang menjadi Spider-Man, namun juga mengubahnya menjadi ‘totem’.

Totem tersebut merupakan jembatan antara manusia dan binatang. Dimana keduanya bergabung dalam satu tubuh. Peter bukanlah yang pertama, dan jelas bukan yang terakhir. Akhirnya terungkap bahwa kekuatan yang sama dan perjalanan mereka dari satu tubuh ke tubuh yang lain berpindah-pindah sejak awal semesta tercipta.

penjahat dalam komik Spider-Man
via Marvel

Dalam semesta Marvel, Captain Amerika bertarung melawan penjahat dengan kekuatan super seperti Baron Zemo dan Red Skull. X-Men telah berperang dengan Magneto. Thor, sang Dewa Guntur telah dipaksa bersaing dengan saudaranya Loki, God of Mischief selama ribuan tahun.

Satu tipe akan menarik tipe lainnya: mutant versus mutant, Dewa melawan Dewa. Dan aturan yang sama berlaku untuk Spider-Man dan daftar penjahat yang dihadapinya. Karena Peter Parker mendapatkan kekuatan dari binatang dan menjadi totem (merepresentasikan binatang), maka dia akan berhadapan dengan ‘orang-orang yang menjadi bagian dari totem’ pula.

asal mula Spider-Man
via Marvel

Daftar penjahat dalam komik Spider-Man seperti Vultures (burung pemakan bangkai), Scorpions (kalajengking), Rhinos (badak), Jackals (Serigala), Dr. Octopus (gurita), hingga The Lizard (kadal) merupakan bagian dari totem. Dan totem yang ada di dalam tubuh mereka saling menarik satu sama lain.

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.