Categories
Film Lifestyle

Jakarta Film Week 2021 Hadirkan Film Berkualitas dari Berbagai Negara

Gelaran Jakarta Film Week 2021 kembali menyapa penggemar perfilman Tanah Air di akhir bulan ini. Festival yang diselenggarakan secara hybrid ini merupakan festival kedua yang diselenggarakan di masa pandemi COVID-19 setelah event yang sama bergulir bulan November tahun lalu.

Berlangsung 18-21 November

Dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring pada hari Jumat (5/11) lalu, festival ini akan berlangsung pada tanggal 18 hingga 21 November. Tiket sudah bisa dipesan pada tanggal 10 November mendatang.

Event ini akan diadakan secara offline dengan berbagai pemutaran di CGV, Cinema XXI, dan Hotel Ashley. Sedangkan pemutaran online bisa kamu nikmati di secara eksklusif di platform streaming Vidio.com.

Saat ini, Jakarta Film Week sedang menyelenggarakan Road to Festival menampilkan tiga film feature yang sudah bisa kamu tonton secara gratis di platform Vidio.com. Film tersebut yaitu Asmara Dara (1958), Opera Jakarta (1985), dan Cintaku di Rumah Susun (1987).

Acara yang juga didukung oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta ini akan menayangkan puluhan film feature dari berbagai negara, mulai dari Prancis, Jepang, India, Filipina, dan masih banyak lagi. Berbagai film pendek karya anak bangsa juga turut menghiasi pameran ini.

“Jakarta Film Week dapat menjadi media apresiasi dan edukasi yang memiliki kontribusi besar dalam perkembangan industri film,”

Andika Permata, selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta.

Puluhan film berkualitas

24 film feature dan 40 film pendek dari berbagai negara bisa kamu tonton selama festival ini. Selain itu, ada pula program khusus yang menayangkan 5 film pendek dari Jakarta Film Fund dengan tema yang beragam.

Di hari pertama, Jakarta Film Week 2021 akan dibuka dengan pemutaran perdana atau world premiere dari Ranah 3 Warna yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto. Nantinya festival ini akan ditutup oleh film Whether The Weather is Fine karya sutradara asal Filipina, Carlos Francisco Manatad.

BACA JUGA  Film Marvel Hingga 2021: Fase Keempat yang Masih Menjadi Misteri
pers konference Jakarta Film Week
via Jakarta Film Week

Semua film feature maupun film pendek yang ada di dalam festival berkesempatan untuk memenangkan penghargaan Global Feature Award serta Global Short Award. Sedangkan untuk film Indonesia dipersiapkan penghargaan khusus Director Award.

Ada pula 5 film pendek yang dipilih dan mendapatkan pendanaan dari Jakarta Film Funds turut diputar pada festival kali ini. Begitu pula dengan program Masterclass khusus untuk pekerja film professional, diskusi isu terkini seputar film di program Talks, dan Community sebagai wadah bertukar pengalaman sineas film Tanah Air.

Nah, bagi kamu yang masih penasaran dengan Jakarta Film Week 2021 bisa langsung menuju laman resmi mereka di website www.jakartafilmweek.com atau mengunjungi akun social media mereka, @jakartafilmweek.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply