Festival Ennichisai 2019 Siap Hadirkan Budaya Negeri Sakura ke Tanah Air

Rasakan nuansa budaya Negeri Sakura di kawasan Blok M

poster Ennichisai 2019

Perayaan Ennichisai 2019 yang ditunggu-tunggu penggemar kebudayaan Jepang akan diselenggarakan bulan depan. Festival Jepang (Matsuri) Little Tokyo Ennichisai yang tahun ini memperingati 10 tahun perayaan di Indonesia akan kembali diselenggarakan di kawasan Blok M pada tanggal 22 hingga 23 Juni.

Bertemakan “Danketsu”, atau “Unity”, Ennichisai 2019 menegaskan perayaan tahunan ini sebagai sebuah acara yang mempersatukan kebudayaan dua negara tanpa membeda-bedakan pengunjung yang hadir. Tema ini menunjukkan bagaimana perayaan ini menyatukan pengunjung untuk menikmati kemeriahan sepanjang acara.

Tak hanya banyak warga Jepang yang datang, acara ini juga menggabungkan instansi resmi Indonesia dan Jepang. Penyelenggaraannya didukung oleh kedutaan besar Jepang dan Pemerintah Kota Jakarta Selatan. Dengan banyaknya pengunjung yang hadir dan kemeriahan acara selama penyelenggaraannya, Ennichisai merupakan salah satu perayaan Jepang yang paling ditunggu di Indonesia.

perayaan Ennichisai 2019
Perayaan Ennichisai 2018

Sama seperti penyelenggaraan sebelumnya, Ennichisai akan bertabur acara-acara menarik. Ada lebih dari 200 booth yang menampilkan bazaar kuliner dan pernak-pernik Jepang sebagai konten utama. Selain parade dan arak-arakan tandu Omikoshi, seni kebudayaan Jepang serta kolaborasi kebudayaan Indonesia dan Jepang.

Tahun ini, akan ada 3 panggung yang memeriahkan Ennichisai 2019. Yang pertama yaitu Main Stage yang berisi acara kebudayaan Tradisional Indonesia dan Jepang. Selanjutnya ada Pop Stage yang dimeriahkan oleh acara kebudayaan pop culture Jepang, seperti musik J-Pop dan cosplay. Yang terakhir adalah Chika Stage untuk band serta dance dari komunitas pencinta kebudayaan Jepang.

Nah, bagi kalian yang ingin berkunjung ke Ennichisai 2019 dianjurkan menggunakan MRT, Busway, atau kendaraan online. Panitia tidak menyarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan lokasi parkir kendaraan yang terbatas. Jadi, daripada bersusah payah mencari tempat parkir, ada baiknya menggunakan transportasi umum untuk menuju venue acara.

Ennichisai tahun lalu
Ada nuansa kebudayaan Jepang di Ennichisai 2019

Sama seperti tahun lalu, kalian juga bisa menggunakan pakaian khas Jepang ketika mengunjungi Ennichisai untuk merasakan pengalaman mengunjungi Jepang di dunia nyata. Akan ada banyak warga negara Jepang asli yang ikut serta dan berjalan-jalan dengan menggunakan bahasa Jepang. Kapan lagi merasakan nuansa Jepang di Indonesia?

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.