Book for YourShelf: Milkman – Drama dan Sejarah Irlandia Utara

Man Brooker Prize

Selang beberapa hari, novel Milkman dari Anna Burns mendapatkan penghargaan untuk Man Brooker Prize 2018, salah satu penghargaan sastra orisinil terbaik menggunakan bahasa Inggris serta dipasarkan di Britania Raya. Disebut sebagai salah satu novel paling original yang pernah ada, apa yang membuat novel ini menarik untuk dibaca?

Anna Burns dan novel Milkman

via RTE

Milkman adalah novel ketiga dari Anna Burns yang menawarkan sejarah Irlandia Utara. Ceritanya juga tak biasa, tentang hubungan antara seorang wanita berusia 18 tahun dengan pria berisitri yang lebih tua 23 tahun darinya. Kritik Burns pas terhadap masalah yang terjadi di Irlandia saat ini, peratasan Irlandia serta kampanye #MeToo.

Milkman mengambil latar di sebuah kota tanpa nama di Irlandia Utara pada tahun 1970an, sang protagonis, seorang wanita muda yang memiliki hubungan spesial dengan ‘Milkman’. Menggunakan atmosfer “psiko-politik”, sang protagonis tidak dapat mencintai lelaki yang diinginkannya.

Kondisi Irlandia Utara pada saat itu memang sedang dilanda konflik. Di jantung konflik, ada status konstitusional Irlandia Utara. Sasaran dari mayoritas serikat dan Protestan adalah untuk tetap menjadi bagian dari Kerajaan Inggris. Tujuan dari minoritas nasionalis dan republik, hampir secara eksklusif Katolik, adalah untuk menjadi bagian dari Republik Irlandia.

Irlandia Utara pada tahun 1970

Kondisi Irlandia Utara pada tahun 1970-an via Twitter

Ketua Juri Man Brooker Prize 2018, Kwame Anthony Appiah menunjukkan kekagumanan terhadap novel ini. “Bahasa Milkman dari Anna Burns sungguh luar biasa. Dimulai dengan suara yang khas dan konsisten direalisasikan dari protagonis yang lucu, pekerja keras, dan cerdik. Dari halaman pembuka, kata-katanya menarik kita ke dalam kekerasan harian dunianya -ancaman pembunuhan, orang-orang yang dibunuh negara – sambil menjalani kehidupannya sebagai wanita muda, antara keluarga, teman, dan kekasih.”

Salah satu yang menonjol dari novel Milkman adalah kekuatan gosip dan tekanan sosial dalam komunitas dan masyarakat yang saling berkaitan. Menunjukan bagaimana rumor jelas memberikan perbedaan terhadap keputusan serta keberpihakan seseorang.

Novel ini menjelaskan tentang nama dan identitas. Bagaimana wanita digambarkan lebih rendah dan cerita wanita tidak lebih baik daripada pria. Anna Burns memang bagian dari gerakan penulis perempuan baru yang mengoreksi sudut pandang masyarakat terhadap perbedaan pria dan wanita. Bersanding dengan nama-nama besar seperti Lucy Caldwell, Jan Carson, dan lain-lain.

novel Milkman

via Man Brooker Prize

Ketiga novel Burns – Milkman, Little Construction dan No Bones yang dinominasikan pada Orange Prize pada 2002 – mengambil latar belakang di Belfast, ibukota Irlandia Utara, yang penuh dalam konfilk. Bagi kalian yang ingin membaca novel drama dengan berbagai pesan politis dan sejarah, novel ini untuk Anda.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.