Asal Usul Red Guardian dan Hubungan Romantis dengan Black Widow

Red Guardian

Beberapa karakter klasik dari sejarah buku komik Black Widow akan tampil perdana di layar lebar. Salah satunya Red Guardian. Diperankan oleh David Harbour, masih sedikit yang tahu tentang asal usul Red Guardian. Karakter yang dibuat untuk menjadi ‘sisi lain’ Captain Amerika ini memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan karakter Black Widow.

Asal Usul Red Guardian

Superhero berkostum merah ini pertama kali muncul pada Avengers #43 tahun 1967 yang ditulis oleh Roy Thomas dan gambar oleh John Buscema. Penciptaan Red Guardian menjadi bagian dari sejarah Perang Dingin antara Amerika dan Uni Soviet yang hadir dalam cerita Marvel Comics tahun 1960-an.

cover Red Guardian
via Marvel

Kala itu, pertempuran antara Amerika dan Uni Soviet tidak hanya terjadi di dunia nyata, namun dalam cerita pahlawan komik. Contohnya Hulk melawan Abomination, seorang agen KGB (agen mata-mata Rusia) bernama Emil Blonsky yang berubah menjadi monster hijau setelah terkena radiasi sinar gammar. Cerita yang hampir sama dengan Bruce Banner.

Iron Man menghadapi Crimson Dynamo, seorang fisikawan Soviet yang merancang baju zirah supernya sendiri. Spider-Man pun berhadapan dengan Dmitri Smerdyakov, agen super Rusia yang lebih dikenal sebagai Chameleon (Bunglon). Dan untuk Captain America, nama Red Guardian hadir sebagai “doppelganger” Rusia-nya.

Red Guardian melawan Captain America
via Marvel

Menariknya, pertemuan pertama mereka bukan di komik Captain America, tetapi dalam Avengers #43. Bukan di Rusia, keduanya bertemu di Cina, dimana Red Guardian bekerja dengan agen komunis Tiongkok bernama Kolonel Ling. Dia pun tak menyangkal ketika Cap menuduhnya sebagai peniru.

Siapa Red Guardian?

Nama aslinya adalah Alexi Shotakov. Kehadiran karakter ini dalah film Black Widow menjadi perhatian tersendiri. Pasalnya dia diceritakan sebagai suami dari Natasha Romanova (Romanoff). Baik dia dan istrinya bekerja sebagai agen Soviet. Alexi merupakan seorang pilot uji pesawat dan dilatih untuk melawan Captain America dengan nama Red Guardian.

David Harbour sebagai Red Guardian dalam film Black Widow
via Marvel

Alexi adalah salah satu pilot paling terkenal di Uni Soviet. Selama Perang Dunia II di Front Timur, dia menembak jatuh sejumlah pesawat tempur Luftwaffe. Ia juga jadi pilot yang berperan besar memenangkan pertempuran langit di Stalingard dan Kursk. Karena keahliannya, dia dipilih untuk ujian rahasia dan berbahaya: menguji pesawat baru MiG-15.

BACA JUGA  Awal Kemunculan Lady Loki dalam Sejarah Marvel Universe

Sovie yang mengendalikan media mempublikasikan Alexi sebagai pahlawan. Dia pun menikahi ballerina Natalie (dikenal sebagai Natasha) Romanova. Di Perang Dunia II, Soviet memilihnya sebagai Red Guardian ketimbang Yuri Gagarin. Gagarin akhirnya menjadi manusia pertama di luar angkasa (seperti kisah aslinya).

KGB memalsukan kematiannya dan melatihnya secara khusus, menjaga rahasianya dari Natasha. Sementara Natasha (Black Widow) kecewa dengan penguasa KGB dan membelot ke Amerika, Red Guardian tetap loyal. Dia pun berperang melawan Avengers bersama sekutu Soviet di Cina, Kolonel Ling. Di sanalah dia mengungkapkan identitasnya pada Natasha.

asal usul Red Guardian
via Marvel

Kekuatan dan kemampuan Red Guardian belum jelas. Tetapi kekuatannya disebut hampir sama dengan Captain America, seperti kekuatan, kecepatan dan refleks di atas manusia rata-rata. Alih-alih perisai, karakter ini memiliki gesper sabuk yang dia lemparkan sebagai senjata dan kembali ke tangannya dengan bantuan magnet. Bahkan dia sempat merusak perisai vibranium milik Rogers.

Kawan atau lawan?

Sempat berkali-kali dikisahkan berkelahi dengan Captain America, Red Guardian marah ketika pertempuran satu-lawan-satu dengan Cap diganggu. Dia pun pernah menyelamatkan Cap dan Black Widow. Satu komik mengungkapkan bagaimana Hawkeye terkejut mengetahui bahwa dia masih mencintai mantan istrinya tersebut.

asal usul Red Guardian melawan penjahat
via Marvel

Dalam komik, Alexei Shotakov memiliki hubungan yang kurang baik dengan Avengers. Walaupun begitu, seperti yang dilansir dari Cinemablend, sepertinya Red Guardian bukanlah penjahat utama dalam film ini. Mengingat Marvel juga memperkenalkan Taskmaster dalam trailer Black Widow yang baru diluncurkan.

Bersetting antara Captain America: Civil War dan Avengers: Infinity War, film Black Widow nantinya akan mengikuti kisah Natasha Romanoff yang dipaksa untuk menghadapi masa lalunya. Selain memperkenalkan asal usul Red Guardian, film ini juga menghadirkan ‘Black Widow lainnya’. Pasalnya, Yelena Belova (diperankan Florence Pugh) dan Melina (Rachel Weisz) dalam cerita komiknya pernah menggunakan alias ‘Black Widow’.

BACA JUGA  Berikut Fakta Unik tentang Thanos yang Wajib Kamu Ketahui

Beberapa laporan terbaru mengisyaratkan Robert Downey Jr. kembali memerankan Tony Stark. Meski belum ada keterangan resmi dari Marvel Studios maupun Feige. Disutradarai oleh Cate Shortland serta Jac Schaeffer dan Ned Benson sebagai penulis naskah, Black Widow menjadi pembuka Fase Keempat MCU akan tayang 1 Mei 2020.

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.