Categories
Editor Choice Film News

Asal-Usul, Kekuatan Eternals, dan Hubungannya dengan Thanos

Dirilis 2 hari lalu, trailer terbaru dari Marvel memperlihatkan sekilas mengenai latar belakang dan kekuatan Eternals, kelompok makhluk abadi yang siap menjadi bagian baru dari Marvel Cinematic Universe. Dirilis November mendatang, mari kenal lebih dekat makhluk yang kemungkinan besar berpengaruh penting dalam MCU Phase 4 nantinya.

Siapa itu Eternals?

Berdasarkan karakter yang dibuat oleh penulis legendaris Marvel Comics, Jack Kirby, Eternals akan menceritakan kisah sekelompok makhluk abadi yang telah hidup di Bumi selama 35.000 tahun. Di filmnya, Eternal akan memulai misi untuk melawan Deviant, musuh abadi mereka.

Bangsa Eternals diciptakan ribuan tahun lalu oleh Ziran the Tester, makhluk seperti dewa dari bangsa Celestial. Setelah mengunjungi Bumi dan bereksperimen dengan DNA manusia, Celestial menciptakan dua percobaan, Eternals dan Deviants.

kaum Celestials
via Marvel

Eksperimen tersebut membuat Eternals memiliki masa hidup yang panjang (dalam komik awalnya, Eternals tidak abadi). Namun sisi negatif dari percobaan ini adalah Eternals memiliki tingkat kelahiran yang rendah. Bahkan ketika berkembang biak dengan manusia, sang anak selalu menjadi manusia.

Eternals menyerupai manusia, tapi dikaruniai keabadian; sedang Deviant tidak menyimpan DNA yang stabil dan berpenampilan mengerikan. Tak semua Deviant mendapatkan keabadian layaknya Eternals. Karena mereka tidak bisa membaur dengan manusia, mereka membangun kota bawah tanah dan bersembunyi. Eternals akhirnya mendirikan markas di bumi.

Eternals dalam komik
via Marvel

Pemimpin Eternals, Kronos, melakukan percobaan dengan energi kosmik. Namun terjadi kesalahan, dan penyebaran energi tersebut mengubah gen Eternals secara permanen. Sehingga semua keturunan mereka membawa kekuatan super yang beragam. Meski semua ras Eternal selamat dari kecelakaan tersebut, Kronos tak lagi bisa memimpin.

Kedua anaknya, A’lars dan Zuras, membagi Eternals menjadi dua. Zuras mendirikan kota baru dan memimpin Olympian Eternals. Sementara A’lars meninggalkan bumi dan pergi ke bulan Saturnus, Titan. Di sana, ia dan kelompoknya dikenal sebagai Titanian Eternals.

BACA JUGA  Goose the Cat, Kucing Captain Marvel yang "Enggak" Lucu-Lucu Amat

Kekuatan Eternals

Akibat dari kecelakaan kosmik tersebut, Eternals mendapatkan berbagai kekuatan yang berbeda-beda, seperti melayang, telepati, tenaga super, hingga kecepatan super. Ada pula kemampuan unik yang bisa ditingkatkan. Dari beberapa karakter di filmnya, ini dia kekuatan Eternals yang baru dikonfirmasi.

1. Thena (Angelina Jolie)

Generasi kedua Eternals setelah A’lars dan Zuras, Thena digambarkan sebagai prajurit yang tangguh dengan kemampuan memanipulasi energi kosmik untuk menciptakan senjatanya sendiri. Dalam trailer Eternals, terlihat Thena menciptakan pedang, meski dalam versi komik, senjata kesukaannya adalah tongkat.

Thena kekuatan Eternals pedang
via Marvel

2. Ajak (Salma Hayek)

Meski karakter aslinya adalah laki-laki, Marvel lebih memilih mengadaptasi Ajak menjadi wanita dalam versi filmnya. Selain dapat berkomunikasi dengan Celestial, ia mendapatkan kekuatan penyembuhan khusus.

Ajak
via Marvel

3. Ikaris (Richard Madden)

Karakter yang ingin menggantikan Captain Rogers sebagai pemimpin Avengers ini memiliki pengetahuan taktis dibandingkan Eternals yang lain. Ia juga bisa meningkatkan kekuatan fisiknya dan memproyeksikan sinar dari matanya.

Richard Madden dan Gemma Chan
via Marvel

4. Sersi (Gemma Chan)

Sersi bisa merasakan empati yang dalam dari manusia kebanyakan dan menggunakan kekuatannya untuk memanipulasi materi. Terlihat dalam trailer Eternals yang dirilis sebelumnya, Sersi mampu menciptakan air dari tangannya. Ia bekerja sebagai kurator museum dan telah mencintai Ikaris selama berabad-abad.

5. Kingo (Kumail Nanjiani)

Dalam komik, Kingo adalah pendekar pedang yang hebat dan tinggal di Jepang. Dalam adaptasi filmnya, ia diimajinasikan sebagai bintang Bollywood yang menyukai ketenaran. Kingo bisa melepaskan proyektil energi kosmik dari tangannya.

Kingo Eternals
via Marvel

6. Gilgames (Don Lee/Ma Dong Seok)

Dikenal sebagai Eternal terkuat, ia membentuk ikatan khusus dengan Thena setelah keduanya diasingkan dari Eternals lainnya. Memiliki reputasi khusus sebagai pejuang hebat dalam melawan Deviant, ia mampu menciptakan kerangka energi kosmik yang kuat.

BACA JUGA  Setelah Far from Home, Spider-Man dan Deadpool Bergabung dalam Spider-Man 3?
Giglames Eternals
via Marvel

7. Sprite (Lia McHugh)

Sprite adalah karakter yang digadang-gadang berhubungan dengan Captain America. Digambarkan sebagai seorang anak-anak, Sprite mendapatkan kekuatan penuh dalam memanipulasi struktur molekul. Ia juga bisa memfokuskan energinya untuk memproyeksikan ilusi.

Sprite
via Marvel

8. Druig (Barry Keoghan)

Digambarkan sebagai Eternal penyendiri yang memisahkan diri dari Eternals lain, ia tidak setuju dengan bagaimana mereka berinteraksi dengan umat manusia. Druig mempunyai kekuatan unik untuk mengendalikan pikiran manusia dan kemampuan memanipulasi realitas.

Druig
via Marvel

9. Makkari (Lauren Ridloff)

Sama seperti Quicksilver, Makkari memiliki kecepatan super cepat. Pahlawan super tuli pertama dari MCU ini disebut sebagai wanita tercepat di alam semesta. Dan berbeda dari Quicksilver, ia adalah salah satu karakter yang abadi.

Makkari
via Marvel

10. Phastos (Brian Tyree Henry)

Disebut sebagai pahlawan super gay pertama dalam film MCU, Phastos adalah penemu terampil yang menggunakan kekuatannya untuk memajukan umat manusia secara teknologi. Saat menggunakan bakatnya, ia lebih suka bekerja di belakang layar dibandingkan memamerkan kekuatannya.

Phastos dengan kekuatan Eternals
via Marvel

Thanos adalah Eternals dan Deviant

Koloni Eternals yang ada di Titan mulai berkembang. Dan Titan A’lars dan sang istri Sui-San bereksperimen dengan mencampurkan DNA dari Eternals dan Deviant. Ia dikenal sebagai hybrid Eternals dan Deviant dan mendapatkan cap Mad Titan. Thanos merupakan sepupu dari Thena, karena Thena merupakan anak dari Zuras yang tinggal di Bumi.

Seperti Eternals yang berada di Bumi, Eternals Titanian terlihat seperti manusia, termasuk saudara Thanos, Starfox. Namun Thanos berbeda dengan Eternals karena terlahir dengan Deviant Syndrome. Karena mutasi DNA yang aneh, Thanos memiliki kekuatan dan kesamaan fisik dengan Deviant, tapi mempunyai keabadian layaknya Eternals.

flashback Thanos
via Marvel

Melalui Screen Rant, pengawas VFX Infinity War, Matt Aitkin, mengatakan bahwa jika Avengers: Infinity War (2018) menampilkan banyak ras Thanos, penonton bisa memperhatikan bahwa Titan lain tidak terlihat seperti Thanos. Mereka hadir dengan warna kulit ungu cerah, dagu yang khas, dan tinggi badan yang menjulang.

BACA JUGA  Review The Falcon and the Winter Soldier Episode 4: Sang Antagonis Terkuak?

Tak menutup kemungkinan film Eternals akan memperlihatkan latar belakang dari Thanos sebagai makhluk abadi. Pasalnya, Infinity War telah menyebutkan sang ayah, A’lars, melalui referensi dari Red Skulls. Begitu pula dengan kehadiran Celestial sebagai entitas tertinggi di semesta Marvel.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply