fbpx

Asal Ungkapan “I Love You 3000” dan Makna Tersembunyinya dalam Avengers: Endgame

Artikel berikut berisi spoiler tentang Avengers: Endgame

cover Avengers: Endgame

“I love you 3000” menjadi salah satu ungkapan pada film Avengers: Endgame yang merebak di media sosial semenjak film tersebut dirilis. Bagi yang belum menonton film ini mungkin tidak mengetahui betapa menyentuhnya kalimat yang diucapkan oleh Morgan Stark, anak Tony Stark dan Pepper Potts yang berusia 5 tahun itu.

Setelah kekalahan para Avengers, Tony dan Pepper mengasingkan diri di sebuah rumah di tepi danau. Mereka dikarunai seorang anak yang diberi nama Morgan. Ketika Tony mengatakan kalau ia sangat mencintai anaknya itu, Morgan pun membalas: “I love you 3000.” Momen ini menjadi semakin tragis mengingat apa yang terjadi di akhir cerita Avengers: Endgame.

Tony Stark dan Pepper Potts
via Marvel

Sebagaimana dijelaskan oleh Watching Hollywood, Anthony Russo menjawab pertanyaan penggemar tentang asal usul ungkapan yang menyentuh tersebut. Ia menjelaskan bahwa anak Robert Downey Jr. sendiri yang pernah mengatakan kalimat tersebut pada ayahnya. Dan karena menyukai kalimat tersebut, para sutradara pun memasukkannya ke dalam naskah.

Sebuah terjemahan kasar dari penyataan Anthony mengungapkan bahwa Downey menyampaikan sebuah cerita tentang salah satu anaknya yang mengatakan “I love you 3000”. Sang aktor yang pernah memerankan Charlie Chaplin tersebut memang memiliki tiga anak, tetapi tidak dijelaskan siapa dari mereka yang mengungkapkan kalimat tersebut.

Morgan Stark mengucapkan I love you 3000
Lexi Rachel Rabe yang memerankan organ Stark via The Digital Wise

Tetapi bukan hanya ungkapan gurauan dari sang anak. Temuan lain juga menjelaskan arti penting angka 3000 dalam semesta Marvel. Jika semua film Marvel Cinematic Universe dari fase pertama hingga ketiga ditambahkan, jumlahnya mencapai 3000 menit. Mengindikasikan bahwa Tony Stark mengatakan “I love you 3000” bukan hanya untuk putrinya, tetapi seluruh penonton Marvel.

Russo Brothers juga mengungkapkan sekian banyak kontribusi Downey Jr. dalam perkembangan naskah Avengers: Endgame. Tambahan tersebut merupakan salah satu adegan ikonik pada momen paling awal di MCU dan digunakan pada menit-menit terakhir pertempuran Iron Man dengan Thanos.

Selama konflik terakhir Avengers: Endgame, Thanos menggunakan Infinity Gauntlet dengan Infinity Stone dan mengucapkan, “Saya tidak bisa dihindari” sebelum menjentikkan jarinya. Tetapi sebenarnya, semua Infinity Stone telah berpindah tangan pada Iron Man. Dan Downey kembali mengucapkan “I am Iron Man”, merujuk pada ucapannya di saat-saat terakhir film Iron Man pertama tahun 2008.

Penggagas ide Mariviu.com. Seorang penulis yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.