10 Novel Romantis Terbaik untuk Perasan Hangat di Bulan Penuh Kasih Sayang

rekomendasi novel romantis terbaik


Sebagai persiapan bulan penuh cinta, apa yang harus dilakukan ketika tidak ada pasangan yang untuk berkasih sayang? Jangan takut, daripada bengong mau ngapain, baca lagi 10 novel romantis terbaik sepanjang masa yang bisa menghangatkan perasaan kalian di bulan kasih sayang ini.

10 Novel Romantis Terbaik

Setidaknya, jika nanti menemui konflik dan kisah cinta yang pedih di dunia nyata, kalian sudah terlatih memprediksi betapa berharganya perasaan dan jalan yang keras menemukan sang pujaan hati lewat novel romantis terbaik berikut ini.

1. Pride and Prejudice – Jane Austen (1813)

Charlotte Bronte Jane Eyre
via Amazon

Salah satu novel romantis terbaik sepanjang masa. Tak ada yang mampu menyanggah Jane Austen sebagai salah satu pencipta cerita romansa terbaik di muka bumi. Bahkan Pride and Prejudice yang sudah berumur lebih dari 200 tahun masih menjadi salah satu karya romantis yang menjadi pembahasan kelas literatur di seluruh dunia. Terjual lebih dari 120 juta kopi dan puluhan adaptasi, Elizabeth Bennet dan Mr. Darcy mengajarkan kita bahwa kisah cinta tidak akan berhasil jika dibarengi dengan kesombongan (pride) dan prasangka (prejudice).

2. Jane Eyre – Charlotte Brontë (1847)

Charlotte Bronte Jane Eyre
via Amazon

Terkenal sebagai salah satu novel yang mengangkat isu-isu seksualitas, kelas, feminisme, dan agama, Jane Eyre menjadi bacaan pokok bagi para feminist melalui penggambarannya yang realistis. Sejak diterbitkan pada tahun 1847, Jane Eyre memikat semua pembaca dan paling kritis mempermasalahkan penggambaran serta pencarian wanita untuk sebagai manusia utuh yang setara dengan laki-laki. Menjadi seorang anak yatim yang cerdas dan mandiri, Jane Eyre harus berhadapan dengan perbedaan kelas sosial ketika ia mencintai majikannya. Edward Fairfax Rochester.

3. Anna Karenina – Leo Tolstoy (1877)

Leo Tolstoy Anna Karenina
via Amazon

Disebut sebagai “the greatest novel ever written” oleh Times Magazine, Anna Karenina adalah maha karya Tolstoy yang menurutnya menjadi novel sejati pertamanya. Kisah cinta yang unik dari masyakarat kelas atas Rusia abad ke-19 dimana Anna terjebak dalam perasaannya kepada Count Vronsky. Sebuah novel kompleks yang dibagi menjadi delapan bagian, lebih dari 800 halaman, bertema pengkhianatan, keluarga, pernikahan, masyarakat Imperial Rusia, serta kehidupan perkotaan dan pedesaan.

4. A Farewell to Arms – Ernest Hemingway (1929)

Ernest Hemingway A Farewell to Arms
via Amazon

Sebuah karya klasik yang menyentuh dari salah satu penulis terbesar Amerika. Kisah yang berlatar Perang Dunia I ini menggambarkan hubungan cinta Henry, seorang ekspatriat dan seorang perawat Inggris, Catherine Barkley. Kepopuleran salah satu novel romantis terbaik dari Hemingway membuatnya meraih gelar sebagai penulis Amerika modern dan menjadi buku terlaris pertamanya. Telah diadaptasi menjadi beberapa film, novel ini disebut sebagai ”novel perang Amerika utama dari bencana Perang Dunia 1.”

5. Love Story – Eric Segal (1970)

Erich Segal Love Story
via Amazon

Ditasbihkan sebagai Romeo dan Juliet abad ke-20, Love Story merupakan kisah fiksi romantis terlaris ketika pertama kali diterbitkan tahun 1970 silam. Diterjemahkan lebih dari dua puluh bahasa dan beberapa kali mendapatkan adaptasi film, ceritanya fokus kepada dua kekasih Oliver dan Jenifer yang datang dari latar belakang berbeda. Cinta mereka tumbuh sampai pada keadaan di mana mereka dipaksa untuk menghadapi keadaan yang tidak terduga. Terkesan menarik?

6. The Notebook – Nicholas Sparks (1996)

Nicholas Sparks The Notebook
via Amazon

Novel yang dibuat berdasarkan kisah nyata ini sudah diadaptasi oleh Hollywood dan Bollywood. Masih ingat ciuman ketika hujan dari Ryan Gosling dan Rachel McAdams? Nicholas Sparks memang dikenal sebagai penulis cerita romantis terkenal di masanya. Pertemuan singkat Noah dan Allie di musim panas terpisah setelah Perang Dunia II. Dan empat belas tahun kemudian, takdir mempertemukan mereka. Tetapi waktu telah banyak berubah, dan Allie telah bertunangan dengan pria lain. Salah satu novel romantis terbaik memang membutuhkan kerelaan.

7. The Time Traveler’s Wife – Audrey Niffenegger (2003)

novel romance terbaik The Time Traveler;'s Wife
via Amazon

Dilihat dari judulnya, novel karya Audrey Niffenegger ini memiliki unsur perjalanan waktu dalam ceritanya. Yang menarik, cerita berpusat pada Henry dan Clare, dimana Henry memiliki sebuah penyakit yang membuatnya bisa mengarungi waktu dan sang istri yang harus menghadapi kehilangan Henry secara tiba-tiba. Sebuah plot yang menjadikan waktu sebagai bagian dari miskomuniasi dan jarak dalam sebuah hubungan. Sebuah novel terlaris pada masanya dengan 2.5 juta kopi, pemenang British Book Awards, hingga Exclusive Book Boeke Prize.

8. A Discovery of Witches – Deborah Harkness (2011)

Deborah Harkness A Discovery of Witches
via Amazon

May I say a “better love story than Twilight”? A Discovery of Witches merupakan novel debut dari Harkness yang menjelaskan tentang Diana Bishop, professor sejarah sains dari Universitas Yale yang secara tidak sengaja menemukan sebuah naskah yang sulit dipahami dan telah lama hilang. Kenapa ada hubungannya dengan Twilight? Karena novel ini juga mengisahkan tentang kisah cinta terlarang dari Diana dengan seorang vampir menawan bernama Matthew Clairmont.

9. Eleanor & Park – Rainbow Rowell (2013)

Rainbow Rowell Eleanor & Parl
via Amazon

Novel remaja pertama karya Rowell, cerita yang menghangatkan dari buku komik serta campuran kaset lagu tahun 80-an yang memicu kisah cinta Eleanor, gadis berumur 16 tahun dengan rambut merah keriting dan Park, keturunan Korea yang menyukai komik dan The Smiths. Bertemu di sebuah bus sekolah pada hari pertama Eleanor, pertemuan dua orang ‘aneh’ di Nebraska dari tahun 1986 hingga 1987 ini mengalirkan sebuah kisah cinta yang hangat dan menyentuh. Jadi ingin jatuh cinta lagi.

10. The Buried Giant – Kazuo Ishiguro (2015)

novel romantis terbaik Kasuo Ishiguro The Buried Giant
via Amazon

Siapa yang belum pernah membaca kisah cinta yang tak biasa dari Kazuo Ishiguro? Penulis yang pernah memenangkan Nobel Prize ini menceritakan tentang pasangan yang sudah lanjut usia, Axl dan Beatrice. Sebuah premis yang unik memberikan tempat sebagai novel romantis terbaik saat ini. Karena sebuah amnesia yang disebut sebagai ‘kabut’, keduanya mulai mengenang kembali pertanyaan yang sering muncul beberapa saat dalam kehidupannya: apakah mereka pernah punya anak? Perjalanan keduanya mencari anak yang hilang bertabur fantasi, mulai dari ksatria, goblin, hingga para naga.

Nah, dari 10 novel romantis terbaik di atas, mana yang paling cocok untuk menemanimu di bulan yang penuh kasih ini?

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.